SUMEDANG

Manunggal TNI-Rakyat Cor Atap Masjid di Kampung Ciluluk Sumedang

Penulis: Fitriyani Gunawan | Editor: Fitriyani Gunawan
Minggu pagi 20/03/2022, puluhan anggota TNI yang berasal dari kesatuan Koramil 1004/Tanjungsari dan Anggota Korum Yonif Raider 301/PKS didukung ratusan warga Desa Margajaya dalam waktu 5 Jam berhasil melaksanakan kegiatan karya Bhakti pengecoran atap Masjid Jami Assyifa kampung Ciluluk Desa Margajaya Kecamatan Tanjungsari, Sumedang.
Minggu pagi 20/03/2022, puluhan anggota TNI yang berasal dari kesatuan Koramil 1004/Tanjungsari dan Anggota Korum Yonif Raider 301/PKS didukung ratusan warga Desa Margajaya dalam waktu 5 Jam berhasil melaksanakan kegiatan karya Bhakti pengecoran atap Masjid Jami Assyifa kampung Ciluluk Desa Margajaya Kecamatan Tanjungsari, Sumedang. | FOTO: Istimewa via Pendim

SUMEDANG ONLINE – Minggu pagi 20/03/2022, puluhan anggota TNI yang berasal dari kesatuan Koramil 1004/Tanjungsari dan Anggota Korum Yonif Raider 301/PKS didukung ratusan warga Desa Margajaya dalam waktu 5 Jam berhasil melaksanakan kegiatan karya Bhakti pengecoran atap Masjid Jami Assyifa kampung Ciluluk Desa Margajaya Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang.

Kegiatan ini merupakan bentuk manunggalnya TNI-Rakyat yang saling membantu bahu membahu sejak pagi sampai dengan siang berusaha untuk segera menyelesaikan pengecoran atap Masjid agar segera selesai sebelum hujan turun. Tampak beberapa warga dan anggota TNI bekerja dengan penuh suka cita dan penuh bahagia bergotong-royong membawa ember yang berisi adukan semen untuk ditebarkan diatap Masjid.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Haji Umuh Muchtar salah satu tokoh masyarakat yang merupakan Donatur Utama pembangunan Masjid Assyifa, hadir di lokasi renovasi masjid sambil meneteskan air mata dan mengapresiasi antusiasme warga dan anggota TNI yang begitu tinggi dalam bergotong royong bahu membahu demi kelancaran pembangunan masjid tersebut.

Baca Juga  Dimasa Pandemi, Biaya Pemeliharaan Gedung IPP Sumedang Dianggarkan Rp80 Juta

Di kesempatan itu, H. Umuh Muchtar memastikan bahwa niatnya untuk merenovasi pembangunan Masjid Jamie Assyifa akan dituntaskan hingga selesai.

“Mudah mudahan niat saya untuk membangun masjid buhun atau bisa dikatakan tertua di kampungnya menjadi amal baik yang diridhoi Alloh SWT. Dengan niat lillahi ta’la dari lubuk hati terdalam saya optimistis bisa menyelesaikan pembangunan masjid ini,” katanya.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Assyifa, H. Abdul Hamid didampingi Danramil 1004/Tanjungsari Kapten Agus Hermawan mengatakan, Masjid Jamie Assyifa yang telah berdiri sejak tahun 1948 itu mempunyai ukuran lebar 12 meter dan panjang 19 meter.

Baca Juga  Sumedang Kembali Luncurkan Aplikasi Diberinama Sijagur

“Bangunan masjid ini dinilai sudah cukup tua. Sehingga diperlukan renovasi besar-besaran. Alhamdulillah pembangunan masjid menjadi perhatian tokoh masyarakat kami sekaligus jamaah Masjid Asyyifa, H. Umuh Muchtar,” katanya.

Ada yang tidak biasa dalam kegiatan karya Bhakti ini, yakni hadirnya puluhan Prajurit Yonif Raider 301/PKS yang sedang bertugas menjaga Markas, terpanggil hadir memberikan Darma Baktinya membantu masyarakat Sumedang, sehingga kehadirannya pun sangat diapresiasi warga sekitar yang selama senantiasa mendo’akan dalam setiap kesempatan pengajian agar Satgas Yonif Raider 301/PKS yang bertugas di Papua senantiasa dalam perlindungan Allah SWT.

“Hatur Nuhun Tentara tos dongkap, ngabantos warga kampung Ciluluk, mugia janteun amal ibadah”, ungkap salah satu warga.

Baca Juga  Dihadapan Wartawan Sumedang, Bupati: Saran-Kritik Jadi Energi untuk Perbaikan

Disamping kehadiran Prajurit TNI dan Warga lainnya, terlihat hadirnya Ibu-ibu yang memasak dan menghantarkan makanan bagi para prajurit TNI juga warga yang sedang bekerja, suasana seperti ini tercermin begitu dekatnya masyarakat dengan Tentaranya.

Kebahagian dan suka cita bergotong royong pun ditambah keceriaan kembali, tatkala Bapak Haji Umuh Muhtar membagikan Ratusan oleh-oleh kemasan Minyak Goreng 2 liter yang dibagikan kepada seluruh Warga Masyarakat sehingga sontak membuat kaget dan bahagia karena selama ini warga susah mendapatkan minyak goreng.

Pukul 12.00 WIB tepat, akhirnya kegiatan karya bakti pengecoran renovasi Masjid Assyifa selesai dan betapa bahagianya warga sekitar yang sangat mengharapkan Mesjid Jami Assyifa yang sedang dibangun, bisa diselesaikan sebelum Ramadhan tiba. ***

Tinggalkan Balasan