SUMEDANG

Pembuatan NIB di Sumedang Tembus 28 ribu, Tertinggi di Indonesia

Penulis: IWAN RAHMAT | Editor: Redaksi
Sekda Sumednag, Herman Suryatman saat menerima Tim dari Kemenpan RB dalam Observasi Transformasi Digital dalam rangka Penyusunan Blueprint Aplikasi Portal Pelayanan Publik dan Digitalisasi MPP di DPMPTSP, Kamis (7/4/2022).
Sekda Sumednag, Herman Suryatman saat menerima Tim dari Kemenpan RB dalam Observasi Transformasi Digital dalam rangka Penyusunan Blueprint Aplikasi Portal Pelayanan Publik dan Digitalisasi MPP di DPMPTSP, Kamis (7/4/2022). | FOTO: Iwan Rahmat/SO

SUMEDANG ONLINE – Penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) di Kabupaten Sumedang menembus angka 28 ribu atau tertinggi di Indonesia.

Hal ini bukan tanpa sebab, melainkan karena pelayanan penerbitan NIB di Sumedang kini bukan saja di Mal Pelayanan Publik (MPP), tetapi sudah dilakukan di desa-besa oleh operator desa untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

“Di lapangan ujung tombaknya di desa. Waktunya sangat cepat hanya 5-10 menit. Makanya sekarang ada akselerasi. Informasi terakhir tembus 28 ribu hanya dalam waktu tiga bulan. Berarti terbanyak di republik ini,” kata Sekda Sumedang, Herman Suryatman saat diwawancara di DPMPTSP. Kamis, (7/4/2022).

Baca Juga  Polres dan Dandim 0610/Sumedang Lakukan Pemantauan Perayaan Misa Natal

BACA JUGA: Mal Pelayanan Publik (MPP) Digital" href="https://sumedangonline.com/2022/04/sumedang-akan-kembangkan-mal-pelayanan-publik-mpp-digital/">Sumedang Akan Kembangkan Mal Pelayanan Publik (MPP) Digital

BACA JUGA: Terlilit Hutang Pria Paruh Baya Ini Nekat Rampok Bank Bak Gaya di Film

Baca Juga  Dihadapan Wakil Bupati Sumedang, Terdampak Tol Cisumdawu Curhat di PHP Pembayaran Sejak 2019

Sekda Sumedang mengatakan, dengan semakin cepat dan mudahnya perizinan bagi UMKM, maka akan mendorong terbentuknya ekosistem kewirausahaan di tingkat desa yang pada akhirnya bisa menggerakkan ekonomi desa.

“Ini salah satu komitmen Bupati dan Wakil Bupati beserta jajaran untuk pemulihan ekonomi di era pandemi dengan terobosan NIB cepat dan bisa selesai di desa,” tuturnya.

Ditambahkan Sekda, kepemilikan NIB akan sangat bermanfaat bagi pelaku UMK karena mempunyai legal formal untuk mempermudah akses ke perbankan dan akses perizinan lainnya sehingga UMKM bisa naik kelas.

Baca Juga  Peringati Hari Jadinya ke-49, Anggota Korpri Sumedang Lakukan Ziarah Kubur ke Makam Pahlawan

BACA JUGA: Presiden Joko Widodo Umumkan Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 2022

BACA JUGA: Polres Sumedang Buka Empat Gerai Vaksinasi Covid-19 Presisi Ngabuburit

“Ini bukan sekedar administrasi, tapi saya kira sangat substansial untuk membantu berkembangnya sektor UMK. Karena dengan diberikan NIB, saya harapkan terbangun ekosistem kewirausahaan secara alami,” pungkas Sekda Sumedang. ***

Tinggalkan Balasan