SUMEDANG

Sumedang Akan Kembangkan Mal Pelayanan Publik Digital

Penulis: IWAN RAHMAT | Editor: Redaksi
Sekda Sumednag, Herman Suryatman
Sekda Sumednag, Herman Suryatman | FOTO: Iwan Rahmat/SO

SUMEDANG ONLINE – Pemerintah Kabupaten Sumedang bakal menjadi ‘piloting’ untuk pengembangan Digital Public Service Mall atau Mal Pelayanan Publik (MPP) Digital.

Hal tersebut diungkapkan Sekda Sumedang, Herman Suryatman saat menerima Tim dari Kemenpan RB dalam Observasi Transformasi Digital dalam rangka Penyusunan Blueprint Aplikasi Portal Pelayanan Publik dan Digitalisasi MPP di DPMPTSP, Kamis (7/4/2022).

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Sekda Sumedang mengatakan, selama dua tahun Pemkab Sumedang melalui MPP terus bertransformasi menuju versi digital, mulai dari webbase kemudian bertrasformasi ke basis aplikasi.

BACA JUGA: Terlilit Hutang Pria Paruh Baya Ini Nekat Rampok Bank Bak Gaya di Film

Baca Juga  Pelaku Usaha Wisata Tunda Aksi Damai Kibarkan Bendera Kuning

BACA JUGA: Presiden Joko Widodo Umumkan Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 2022

“Kita sudah transformasi dari basis web ke basis App. Berbagai layanan publik bisa di-download di playstore dan masyarakat bisa mengakses melalui handphone,” kata Sekda Sumedang.

Selanjutnya, kata Sekda Sumedang, Pemkab Sumedang juga melakukan transformasi berbasis messaging yaitu melalui aplikasi Wakepo (WhatsApp Kebutuhan Informasi dan Pelayanan Online Kabupaten Sumedang).

Tak hanya sampai di situ, dalam waktu dekat, Pemkab juga sedang mengembangkan Sumedang Public Service Meta Verse (Super Meta) yang akan dikerjasamakan dengan Kemenpan RB dan ke depannya menjadi rujukan Menpan RB dalam merumuskan pelayanan publik digital di tingkat nasional.

Baca Juga  Direktur LSM Instan Apresiasi Rencana Pembangunan Menara Kujang Sapasang

BACA JUGA: Riyanti Desiwati Jadi Ketua Pengadilan Negeri Sumedang

“Mudah-mudahan memberi inspirasi bagi kabupaten kota lainnya untuk mengembangkan pelayanan publik berbasis digital seperti di Sumedang yang dipandu langsung oleh Kemenpan RB,” kata sekda.

Sementara itu, Kabid Pengelolaan Sistem Informasi Pelayanan Publik pada Kemenpan RB Ponco Imam Prayitno menyampaikan, MPP di seluruh Indonesia ke depan diupayakan satu data dan terintegrasi untuk memudahkan masyarakat.

Baca Juga  Jalan Ujungjaya-Palasari rusak berat bak walungan saat, ini kata camat

“Ke depan masyarakat tidak perlu membawa dokumen, jadi tenant bisa mengambil dari MPP. Pengelola MPP sudah satu data, masyarakat tidak perlu mem-foto kopi lagi, tinggal upload,” ungkapnya.

BACA JUGA: Antisipasi Balapan Liar Polres Sumedang Pasang Speed Bump di Tiga Lokasi

Ia pun mengharapkan, MPP Sumedang bisa menjadi role model di nasional dan bisa diterapkan di MPP Kabupaten Kota lainnya di seluruh Indonesia.

“Harapannya, MPP di Sumedang jadi role modelnya. Ke depan MPP yang akan berdiri bisa mengikuti MPP di Sumedang,” tukasnya.***

Tinggalkan Balasan