Nasional

Terlilit Hutang Pria Paruh Baya Ini Nekat Rampok Bank Bak Gaya di Film

Penulis: Redaksi | Editor: Redaksi
Aksi perampokan terjadi di Bank Jabar Banten (BJB) yang berlokasi di Jalan RS Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan pada Selasa, (5/4/2022)kemarin. Satu pelaku berinisial BS (43) berhasil diamankan.
Aksi perampokan terjadi di Bank Jabar Banten (BJB) yang berlokasi di Jalan RS Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan pada Selasa, (5/4/2022)kemarin. Satu pelaku berinisial BS (43) berhasil diamankan. | FOTO: Dok. PMJ

SUMEDANG ONLINE – BS, pria berumur 43 tahun, yang merupakan pegawai staf HRD bank swasta nekat melakukan aksi perampokan bank BJB di Jalan RS Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan. Selasa (5/4/2022).

Saat menjalankan askinya dia membawa tali tis, bom asap, hingga senjata air softgun.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

“Tali tis itu disiapkan untuk mengikat sandera, sementara bom asap digunakan saat tersangka ingin melarikan diri,” kata Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Budhi Herdi Susianto kepada wartawan. Rabu (6/4/2022).

BACA JUGA: Presiden Joko Widodo Umumkan Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 2022

Baca Juga  Ini Perbedaan Pungli dan Suap Menurut Jaksa Agung

BACA JUGA: Polres Sumedang Buka Empat Gerai Vaksinasi Covid-19 Presisi Ngabuburit

Saat diringkus, alat-alat tersebut menjadi barang bukti kepolisian.

Konon aksinya tersebut dipengaruhi film yang pernah ditontonya.

“Jadi, nanti kalau terjepit dia akan menggunakan ini (bom asap), dan ini terpengaruh dari film yang ditontonnya,” sambung Budhi.

BACA JUGA: Luncurkan SIJAGUR, Bupati Sumedang Bisa Pantau Kinerja SKPD Cepat atau Bodoh

Budhi mengimbau masyarakat agar lebih selektif dalam menonton tayangan film. Serta, tidak mempraktikan aksi-aksi kriminal di film ke kehidupan nyata.

Baca Juga  Ini Tarif Layanan Permohonan Sertifikasi Halal

“Ini salah, dan ini tidak dibenarkan. Mungkin jangan menjadi contoh buat yang lain, kami mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak mencontoh perbuatan di film dan sebagainya,” terangnya.

Terlilit Hutang

Salahsatu alasan BS melakukan aksi perampokan bank, sebut Kombes Pol Budhi Herdi Susianto lantaran terlilit hutang yang sudah memasuki jatuh tempo.

“Karena terlilit hutang dan di hari Jumat nanti itu sudah jatuh tempo. Yang bersangkutan harus membayar hutangnya dan terus dikejar oleh peminjam. Sehingga timbul pikiran nekat untuk melakukan kejahatan,” kata Budhi.

Baca Juga  Bandung Air Show tampilkan Pesawat Tempur Tucano

Sebelum memulai aksi perampokan, pelaku terlebih dulu melakukan survey lokasi hingga akhirnya memilih bank BJB lantaran terlihat sepi dan bisa membuatnya leluasa untuk merampok.

“Karena bank ini cukup sepi, sehingga tersangka beranggapan bahwa dirinya bisa leluasa untuk melakukan aksinya,” sambungnya.

Tersangka BS (43) dalam kasus ini dijerat dengan Pasal berlapis, yakni Pasal 365 juncto Pasal 35 KUHP tentang Percobaan Perampokan dan Undang-Undang Darurat terkait kepemilikan senjata tajam dan airsoftgun dengan ancaman 10 tahun penjara. ***

Tinggalkan Balasan