Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 30 Agu 2022 18:04 WIB

Pemkab Sumedang Gelar Bimtek Penyusunan Rencana Induk Kota Cerdas

Reporter: ACENG SYARIF HIDAYATULLAH | Editor: ACENG SYARIF HIDAYATULLAH


 Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir sat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Tahap III Penyusunan Master Plan Kota Cerdas (Smart City) Kabupaten Sumedang di Hotel Hanjuang Hegar. Selasa (30/8/2022). Perbesar

Iwan Rahmat/SO/SUMEDANG ONLINE
Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir sat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Tahap III Penyusunan Master Plan Kota Cerdas (Smart City) Kabupaten Sumedang di Hotel Hanjuang Hegar. Selasa (30/8/2022).

SUMEDANG ONLINE – Pemerintah Kabupaten Sumedang melalui Dinas Komunikasi Informasi, Persandian dan Statistik (Diskominfosanditik) bekerjasama dengan Kementerian Kominfo menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Tahap III Penyusunan Master Plan Kota Cerdas (Smart City) Kabupaten Sumedang di Hotel Hanjuang Hegar. Selasa (30/8/2022).

Berdasarkan rilis yang diterima, Bimtek berlangsung selama dua hari, 29 – 30 Agustus 2022 dan diikuti perwakilan dari SKPD dan kecamatan dengan menghadirkan narasumber dari Kementerian Kominfo.

Smart City sendiri diartikan kota yang dikembangkan dan dikelola dengan penerapan inovasi berkelanjutan yang memperhatikan keseimbangan dari aspek ekonomi, sosial dan lingkungan.

“Saya berharap Bimtek ini menjadi panduan bersama untuk memformulasikan ‘Smart City’ supaya mudah memulai rencana aksi dan timeline untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir.

Menurutnya, reformasi birokrasi dan transformasi digital melalui SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) merupakan dua instrumen dalam rangka mencapai tujuan Visi Sumedang Simpati dan Menuju Sumedang Happy Digital Region.

“Kebijakannya melalui Reformasi Birokrasi dan SPBE. Sekarang kita didukung dengan ‘Smart City’. Kita punya harapan Sumedang Happy Digital Region bisa terwujud,” imbuhnya.

Bupati berpesan agar berbagai aplikasi yang telah dibuat dan diluncurkan untuk kemudian difungsikan dan publikasikan kepada masyarakat oleh perangkat daerah.

Dengan demikian, kata bupati, warga masyarakat sebagai penerima manfaat kebijakan sehingga akan lebih cepat dan mudah ketika dilayani.

“Publikasikan kepada masyarakat aplikasi yang kita punya. Finishing touch-nya harus ada, supaya masyarakat cepat dan mudah dilayani. Artinya mereka harus tahu cara mengoperasikan aplikasi,” kata Bupati Dony.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Herman Suryatman, Kepala Diskominfosanditik Agus Muslim, dan narasumber dari Kemenkominfo yakni Teddy Sukardi dan Mohamad Iqbal Suriansyah.***

Artikel ini telah dibaca 99 kali

Baca Lainnya

Pj Bupati Sumedang Apresiasi Capaian SAKIP Kecamatan Surian

12 Juli 2024 - 23:49 WIB

Pj Bupati Sumedang Yudia saat memberikan arahannya dalam Roadshow Pembinaan SAKIP Kecamatan Surian di Aula Kantor Kecamatan Surian, Jumat (12/7/2024).

Pj Bupati Sumedang Ingatkan Camat Surian Tingkatkan Pengawasan PBB

12 Juli 2024 - 23:46 WIB

Pj. Bupati Sumedang, Yudia Ramli pada acara Pembinaan SAKIP di Kecamatan Surian. Jumat, (12/7/2024).

Kabid Aset BKAD Sumedang Serahkan 9 Unit Motor Dinas Bertenaga Listrik

12 Juli 2024 - 14:12 WIB

17 Klub Siap Bertanding di Piala Doamu Cup U-45

11 Juli 2024 - 16:34 WIB

Technical Meeting Dony Ahmad Munir Cup di Cafe Si Bungsu Darmaraja, Sumedang. Rabu, 10 Juli 2024.

Sumedang Sedang Bentuk Badan Riset dan Inovasi Daerah

5 Juli 2024 - 17:23 WIB

Pj. Sekda Sumedang, Tuti Ruswati saat melakukan monitoring Tanah dan Bangunan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Kantor BRIN Haurngombong, Kecamatan Pamulihan, Jumat (5/7/2024).

Atasi Kemiskinan, Sumedang Luncurkan Kartu TANGKIS

3 Juli 2024 - 21:09 WIB

Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang meluncurkan program inovatif bernama Kartu Tangkal Kemiskinan (TANGKIS) sebagai solusi penanganan miskin ekstrem di Sumedang. Peluncuran Kartu TANGKIS diawali dengan tapping kartu oleh Penjabat (Pj) Bupati Sumedang, Yudia Ramli didampingi Forkopimda di Saphire City Park (SACIPA). Rabu (3/7/2024).
Trending di SUMEDANG