Bupati Sumedang: Tak Ingin Tertinggal, Mahasiswa Diminta Mampu dan Beradaptasi dengan Perubahan

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir saat memberikan Kuliah Umum Pengenalan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Unsap Sumedang di Kampus Unsap, Sabtu (10/9/2022).
Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir saat memberikan Kuliah Umum Pengenalan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Unsap Sumedang di Kampus Unsap, Sabtu (10/9/2022).

SUMEDANG ONLINE – Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir mengatakan jika mahasiswa harus mampu melakukan perubahan juga dapat beradaptasi dengan perubahan. Jika tidak, dipastikan akan tertinggal dan punah.

“Jika tidak bisa melakukan perubahan, kita akan teringgal dan punah,” kata Bupati H. Dony Ahmad Munir saat memberikan Kuliah Umum Pengenalan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Unsap Sumedang di Kampus Unsap, Sabtu (10/9/2022).

Baca Juga  Sekda: Ulama dan Umaro kudu akur

Dikatakan dia, saat ini setidaknya ada lima perubahan yang terjadi yakni digital disruption, millenial disruption, pandemic disruption, perubahan iklim, dan perubahan karena perang Ukraina dengan Rusia.

“Semua ini memantik ketidakpastian bagi kita. Cara menghadapinya yakni dengan Transformasional Leadership. Yakni seorang pemimpin yang bisa mengidentifikasi perubahan, apa yang akan dilakukan, dan mempunyai visi untuk membuka jalan bagi perubahan itu sendiri,” ujarnya.

Baca Juga  Terpilih Aklamasi, Nanang Supriatna Pimpin Pergunu Sumedang

Peminpin yang transformatif, sebut Buypati, merupakan pemimpin yang visioner, inspiratif, bisa menjadi role model, berpikir terbuka, adaptif terhadap perkembangan dan progresif.

Baca Juga  Jelang Tahun Ajaran Baru, Kadisdik Sumedang: Ada Tujuh Teknik Pembelajaran di Masa Pandemi Covid

“Saat ini kita harus bisa mengatasi permasalahan dengan digitalisasi. Artinya hatus melek digital, mengubah budaya manual ke budaya digital,” terangnya. ***

REPORTER
: Fitriyani Gunawan
EDITOR
: Fitriyani Gunawan
CREDIT FOTO
: Ist. Via Humas Setda Sumedang
TERBIT
:

Tinggalkan Balasan