Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 14 Jul 2023 10:28 WIB ·

Jalin Komunikasi dengan Investor dan Pengusaha, DPMPTSP: Hingga Maret Nilai Investasi BKPM Rp1,8 Triliun

Reporter: IWAN RAHMAT | Editor: Fitriyani Gunawan


 Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir membuka Rapat Koordinasi dalam rangka Silaturahmi antara investor/pelaku usaha industri di wilayah Jatinanggor dan Cimanggung di Hotel Puri Khatuliswa. Kamis, 13 Juli 2023. Perbesar

Iwan Rahmat Via Humas/SUMEDANG ONLINE
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir membuka Rapat Koordinasi dalam rangka Silaturahmi antara investor/pelaku usaha industri di wilayah Jatinanggor dan Cimanggung di Hotel Puri Khatuliswa. Kamis, 13 Juli 2023.

SUMEDANG – Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir membuka Rapat Koordinasi dalam rangka Silaturahmi antara investor/pelaku usaha industri di wilayah Jatinanggor dan Cimanggung di Hotel Puri Khatuliswa. Kamis, 13 Juli 2023.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Sumedang Kemal Idris selaku Ketua Panitia Penyelenggara menuturkan, Rakor dimaksudkan untuk menjalin komunikasi yang efektif antara investor atau para pelaku usaha dengan Pemkab Sumedang serta menampung berbagai saran dan masukan terkait penyelenggaraan kegiatan usaha.

“Output yang diharapkan dari pelaksanaan kegiatan ini ialah tumbuhnya kepercayaan investor untuk berinvestasi di Kabupaten Sumedang,” tuturnya.

Melalui pertemuan itu, diharapkan terjalin sinergi dan terfasilitasinya penanganan permasalahan yang dihadapi pelaku usaha dalam pelaksanaan kegiatan usaha di Sumedang.

“Rakor dapat meningkatkan kepatuhan pelaku usaha dalam melaksanakan berbagai kewajiban perusahaan, salah satunya terkait dengan laporan kegiatan penanaman modal  (LKPM),” ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk Triwulan I Tahun 2023 realisasi investasi di Kabupaten Sumedang berdasarkan hasil LKPM yang telah diverifikasi oleh penelitian investasi BKPM sebesar Rp1,8 triliun dari Januari s.d Maret, sementara target progresif senilai Rp3,6 triliun.

“Alhamdulillah di Triwulan Petama sudah di atas 50 persen dengan jumlah perusahaan yang melapor LPKM sebanyak 100 perusahaan dan sebagian di antaranya perusahaan yang bergerak di sektor industri,” ungkapnya.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menyebut kegaiatan tersebut akan memberikan makna dan dampak dalam perkembangan usaha terutama dalam menciptakan iklim usaha yang kondusif.

“Secara khusus saya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh perusahaan yang ada di Sumedang yang telah memberikan kontribusi positif dalam menciptakan lapangan pekerjaan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menggerakkan ekonomi dan ikut memajukan Sumedang dan mensejahterakan masyarakat,” kata bupati.

Dikatakan Bupati,  berkat kerja keras dan kerja sama semua pihak, beberapa indikator makro Sumedang mengalami perubahan ke arah yang lebih baik lagi.

Menurutnya, salah satu tanda kemajuan daerah bisa dilihat dari IPM yang terdiri dari tiga indikator yaitu pendidikan  kehatan dan daya beli.

“Alhamdulillah IPM Sumedang naik dari 71 ke 78 poin. Berarti di dalamnya ada peran serta perusahaan. Kedua, Kemiskinan turun dari 10,7 menjadi 10,1 persen, pengangguran turun dari 9 ke 7 persen. Kemudian untuk pertumbuhan ekonomi di 5 persen. Adapun untuk indeks gini rasio naik 0,3 di bawah rata rata nasional,” pungkasnya. ***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

Baca Lainnya

Ayi: Baznas Sumedang Masih Terima Titipan Hewan Kurban

13 Juni 2024 - 18:17 WIB

Ketua Baznas Kabupaten Sumedang H. Ayi Subhan Hafas

Kemenag Sumedang Kembangkan Kampung Moderasi Beragama

13 Juni 2024 - 13:37 WIB

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang menggelar Rapat Koordinasi Pengembangan Kampung Moderasi Beragama di KabupatenSumedangTahun 2024 di Aula Gedung Sarana Penunjang Pendidikan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang. Kamis, 13 Juni 2024.

Baznas dan PWRI Sumedang Luncurkan Progam Z-Smart

13 Juni 2024 - 13:29 WIB

PWRI dengan Baznas Kabupaten Sumedang meluncorkan program Z-Smart (Spiritial Motivation Fun Integrated) Pengajian Terpadu Riang Gembira di Aula Baznas Kabupaten Sumedang. Kamis, 13 Juni 2024.

Jelang Idul Adha, Baznas Sumedang Luncurkan Program Kurban Online

12 Juni 2024 - 20:24 WIB

Baznas Kabupaten Sumedang Kembali meluncurkan program kurban online jelang Idul Adha 1445 H.

Pj Bupati Sumedang Minta DPMPTSP Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

12 Juni 2024 - 19:54 WIB

Yudia Ramli selaku Pj Bupati Suedang saat melakukan monitoring sekaligus silaturahmi ke DPMPTSP Kabupaten Sumedang. Rabu (12/5/2024).

Kadinsos Sumedang Hadiri Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional

11 Juni 2024 - 19:28 WIB

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumedang menghadiri Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 2024 dengan tema "Lansia Sehat, Terawat, Mandiri dan Produktif" di Halaman Yayasan Handjuang Mekar Indonesia Dusun Ujungjaya Kecamatan Ujungjaya Kabupaten Sumedang. Selasa, 11 Juni 2024.
Trending di SUMEDANG