Antusiasme pelajar mengikuti job fair yang digela SMKN 2 Sumedang.

Iwan Rahmat Purnama/SUMEDANG ONLINE

Antusiasme pelajar mengikuti job fair yang digela SMKN 2 Sumedang.

SMKN 2 Sumedang Gelar Job Fair, Disnaker Acungi Jempol

SUMEDANG – SMKN 2 Sumedang menggelar pameran bursa kerja / job fair di Halaman Lapang Upacara SMKN 2 Sumedang. Rabu, 1 November 2023.

Elis Herawati, selaku Kepala SMKN 2 Sumedang menyebutkan kegiatan job fair bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumedang, Dinas Pendidikan Sumedang, PHRI serta para pimpinan perusahaan-perusahaan.

“Kegiatan di SMK 2 Sumedang ini baru pertama kali untuk mengadakan Job Fair Tahun 2023. Yang mana job fair ini adalah merupakan salah satu program dari SMK pusat keunggulan dari Direktorat wajib mengadakannya, salah satunya itu. Kebetulan SMK Negeri 2 Sumedang termasuk salah satu SMK yang ada di Sumedang sudah masuk ke SMK pusat keunggulan,” ujar Elis.

Masuknya SMKN 2 Sumedang menjadi SMK Unggulan merupakan sebuah kebanggan tersendiri bagi Elis selaku kepala sekolahnya. Apalagi sebut dia tidak semua SMK masuk dalam SMK Unggulan.

“Karena SMK pusat keunggulan kan tidak semua SMK mendapatkan bantuan SMK Pusat Unggulan. Di Sumedang ini hanya ada beberapa sekolah. Kebanggan bagi kami tadinya target kita takut enggak berhasil target kita 200 untuk loker tapi
ketika kita menghubungi perusahaan-perusahaan. Ini yang tergabung dari 12 perusahaan, ternyata setelah dijumlah ada sampai 1.514 untuk loker. Ini tadi saya udah ngobrol dengan Ketua PHRI Insyaallah PHRI ini mau mengamankan semua yang daftar untuk loker ke PHRI dan selanjutnya PHRI akan melatih mereka untuk siap kerja,” jelas dia.

Kegiatan itu pun lanjutnya, merupakan bagian dari maping minat.

“Itu sudah ada. Pada waktu kita PPDB itu sudah ada maping minatnya itu dimana. Mereka bakat dan minatnya lebih ke arah mana karena kita mempunyai 4 kompetensi perkantoran, pemasaran, PPLG, RPL, akuntansi. Diawal- awal itu anak anak itu mau memilih kemana minat passion mereka itu yang lebih pasnya. Sehingga mereka pada waktu pembelajaran kelas 10 sampai kelas 12 mereka memilih passion masing-masing, sehingga mereka akan mendapatkan hasil yang optimal dan di akhir kan nanti kami juga tadi kata Pak Kadis (Pendidikan) harus ada penelusuran minat tiap tahun di SMK itu pasti ada treasure study jadi para alumni penulusurannya ada mereka harus lapor kepada kita mereka itu bekerja di mana Dan kalau belum bekerja biasanya mereka datang dan difasilitasi oleh kami melalui BKK di sekolah kami,” imbuhnya.

Taufik Hidayat selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumedang memberikan apresiasi terhadap kegiatan job fair meski baru kali pertama digelar SMKN 2 Sumedang.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Ibu Kepala SMK Negeri 2 Sumedang yang sudah menginisiasi, sudah berpartisipasi dalam memberikan kesempatan kegiatan bagi para perusahaan yang ada di Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Majalengka di dalam job fair ini. Tentunya dengan kegiatan job fair ini merupakan sebuah pertemuan antara para pencari kerja dan penerima kerja sehingga sangat efektif khususnya bagi para pencari kerja tidak lagi mencari kesana kemari,” ungkap Taifk Hidayat.

Menurut Taufik, kegiatan job fair ini merupakan kegiatan yang dipandangnya sangat efektif dalam merekrut tenaga kerja dan juga bagi calon pencari kerja.

“Dan ini tentunya merupakan simbiosismutualisme antara perusahaan dengan pencari pekerjaan sehingga sangat bagus dan ucapkan terima kasih. Di job fair ini ada peluang 514 calon tenaga kerja yang nantinya akan ditempatkan di 12 perusahaan diantaranya perusahaan perusahaan nabati, hotel, garuda Food dan cafe resto yang ada di Majalengka dan Sumedang kegiatan ini diadakan selama 2 hari hari ini dan hari esok,” pungkasnya. ***