Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 16 Des 2023 07:23 WIB

Jembatan Cilutung Beroperasi, Mudahkan Pemasaran Gedong Gincu

Reporter: Fitriyani Gunawan | Editor: Fitriyani Gunawan


 Soft Launching Jembatan Cilutung dilakukan pada Jumat (15/12/2023) sore. Perbesar

Iwan Rahmat via Sumedangkab/SUMEDANG ONLINE
Soft Launching Jembatan Cilutung dilakukan pada Jumat (15/12/2023) sore.

SUMEDANG – Sejumlah petani di Desa Kadu, Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang menyambut baik beroperasinya jembatan Cilutung di Desa Kadu, Kecamatan Jatigede.

Mereka berharap dengan adanya jembatan tersebut pemasaran berbagai produk pertanian dari Desa Kadu tak lagi tersendat transportasi.

Petani Gedong Gincu Desa Kadu, Yayat, 38, mengatakan selama ini ia mengaku untuk mengangkut hasil panen hanya menggunakan kendaraan roda 2. Selain itu pihaknya pun harus menyebrang jembatan gantung yang hanya bisa dilintasi 1 motor.

Dia berharap dengan adanya jembatan permanen hasil panen bisa lebih mudah diangkut.

“Dari kebun diangkut pakai motor, mobilnya nunggu di sebrang. Kalau sekarang ongkos jadi lebih murah karena mobil bisa masuk, jadi sekali angkut bisa banyak,” ujar Yayat.

Pj. Bupati Sumedang, Herman Suryatman meresmikan beroperasinya Jembatan Cilutung pada Jumat (15/12/2023) sore. Pj. Bupati Sumedang itu menyerahkan prasasti jembatan, sebagai simbolisasi penyerahan kepada penerima manfaat, dalam hal ini masyarakat.

Alhamdulilah, setelah 3 kali kami usulkan tapi gagal, akhirnya Jembatan Cilutung ini bisa terealisasi dan berdiri dengan kokoh, menghubungkan antara Kabupaten Sumedang dengan Kabupaten Majalengka,” kata Herman.

Jembatan Cilutung ini merupakan jembatan permanen yang memiliki panjang 80 meter dan lebar 6 meter. Dengan adanya jembatan permanen bisa memudahkan arus orang dan barang, sehingga berdampak pada meningkatnya ekonomi masyarakat.

“Anggaran untuk jembatan ini Rp19,9 miliar dari Pemprov. Manfaatnya sangat luar biasa bagi Majalengka dan Sumedang yang sedang tumbuh, karena dengan jembatan ini Sumedang akan maju dan Majalengka akan maju,” imbuhnya.

Pemkab Sumedang dan Pemkab Majalengka, kata Herman, berkolaborasi untuk memajukan kawasan Desa Kadu Kecamatan Jatigede dan Desa Sidamukti Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka.

“Kawasan ini sangat luar biasa potensinya, ada mangga Gedong Gincu, ada tembakau, ada pariwisata, gula aren dan sebagainya,” imbuhnya.

Proses pembangunan Jembatan Cilutung sendiri dimulai sejak Agustus 2023. Saat ini progresnya sudah 99 persen, dan ditargetkan rampung sepenuhnya pada akhir tahun ini.***

Artikel ini telah dibaca 4 kali

Baca Lainnya

Kabid Aset BKAD Sumedang Serahkan 9 Unit Motor Dinas Bertenaga Listrik

12 Juli 2024 - 14:12 WIB

17 Klub Siap Bertanding di Piala Doamu Cup U-45

11 Juli 2024 - 16:34 WIB

Technical Meeting Dony Ahmad Munir Cup di Cafe Si Bungsu Darmaraja, Sumedang. Rabu, 10 Juli 2024.

Sumedang Sedang Bentuk Badan Riset dan Inovasi Daerah

5 Juli 2024 - 17:23 WIB

Pj. Sekda Sumedang, Tuti Ruswati saat melakukan monitoring Tanah dan Bangunan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Kantor BRIN Haurngombong, Kecamatan Pamulihan, Jumat (5/7/2024).

Atasi Kemiskinan, Sumedang Luncurkan Kartu TANGKIS

3 Juli 2024 - 21:09 WIB

Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang meluncurkan program inovatif bernama Kartu Tangkal Kemiskinan (TANGKIS) sebagai solusi penanganan miskin ekstrem di Sumedang. Peluncuran Kartu TANGKIS diawali dengan tapping kartu oleh Penjabat (Pj) Bupati Sumedang, Yudia Ramli didampingi Forkopimda di Saphire City Park (SACIPA). Rabu (3/7/2024).

Sumedang Terbitkan Edaran Larangan Judi Online

3 Juli 2024 - 21:07 WIB

Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli

Ngalaksa dan Tarawangsa Rancakalong Masuk Warisan Budaya Tak Benda

2 Juli 2024 - 22:56 WIB

Pj. Bupati Sumedang Yudia Ramli menyerahkan secara simbolis sertifikat penetapan upacara adat Ngalaksa dan Seni Tarawangsa yang ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kepada Camat Rancakalong Cecep Supriatna dan para pelaku seni Tarawangsa dalam acara pembukaan Upacara Adat Ngalaksa di Desa Wisata Rancakalong. Selasa (2/7/2024).
Trending di SUMEDANG