KPU Sumedang Mulai Rekap Hasil Penghitungan Suara Pemilu 2024

iwan rahmat/SUMEDANGONLINE
KPU Sumedang Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu Tahun 2024 di Aula Kantor KPU Sumedang. Kamis, 29 Februari 2024.

SUMEDANG – KPU Sumedang  mulai menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu Tahun 2024 di Aula Kantor KPU Sumedang. Kamis, 29 Februari 2024.

Dikatakan Ketua KPU Kabupaten Sumedang Ogi Ahmad Fauzi sebelumnya pada 14 Februari 2024 masyarakat Indonesia khususnya di Kabupaten Sumedang yang telah terdaftar dan memiliki hak pilih, datang ke TPS untuk memberikan hak suaranya untuk menentukan calon Presiden/Wakil Presiden dan Calon Wakil Rakyat di tingkat DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota.

Baca Juga  Kemenag Sumedang Bentuk Saka Amal Bhakti

“Dengan berpedoman pada peraturan KPU Nomor 05 Tahun 2024 tentang rekapitulasi hasil penghitungan suara dan penetapan hasil Pemilihan Umum bahwa satu rekapitulasi tingkat Kecamatan dengan jadwal tanggal 15 Februari sampai dengan tanggal 26 Februari 2024. Kedua, rekapitulasi tingkat Kabupaten/Kota dengan jadwal 17 Februari sampai dengan 5 Maret 2024. Ketiga; rekapitulasi tingkat Provinsi dengan jadwal 19 Februari sampai dengan 10 Maret 2024. Empat; rekapitulasi tingkat nasional sedang berjalan dari tanggal 22 Februari sampai dengan 20 Maret 2024,” ujar Ogi.

Baca Juga  Libur, Sekda Akan Gelar Rapat Cari Solusi Dampak Jatigede

Ketua KPU Sumedang berharap semua tahapan rekapitulasi penghitungan suara secara berjenjang itu dapat berjalan dengan baik dan lancar, apalagi sebutnya rekapitulasi berjenjang merupakan hasil resmi tingkat perolehan suara yang akan ditetapkan oleh KPU.

Baca Juga  34 SLTA ikuti LCC Kepemiluan dan Demokrasi

“Jadi kami; misalnya apabila hari ini melihat Sirekap masih ada beberapa yang masih belum bergerak Sirekap itu kami tegaskan kembali bahwa sirekap adalah alat bantu. Yang akan dijadikan sebagai hasil resmi tentu adalah hasil rekapitulasi yang akan kita tetapkan pada rapat pleno terbuka kali ini,” pungkasnya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin menerima update terbaru dari SUMEDANGONLINE OK TIDAK