Menu

Mode Gelap

BISNIS · 5 Jun 2024 15:58 WIB ·

Kelurahan Cipameungpeuk Sumedang Gelar Gerai UMKM Mak Cuan

Reporter: IWAN RAHMAT | Editor: Fitriyani Gunawan


 Kepala Dinas Koperasi, UKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Sumedang Membuka sekaligus memberikan pengarahan pada acara Grand Launching Gerai UMKM Mak Cuan!!! di Aula Kantor Kelurahan Cipameungpeuk. Rabu, 05 Juni 2024. Perbesar

Iwan Rahmat Purnama/SUMEDANG ONLINE
Kepala Dinas Koperasi, UKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Sumedang Membuka sekaligus memberikan pengarahan pada acara Grand Launching Gerai UMKM Mak Cuan!!! di Aula Kantor Kelurahan Cipameungpeuk. Rabu, 05 Juni 2024.

SUMEDANG – Kepala Dinas Koperasi, UKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Sumedang Membuka sekaligus memberikan pengarahan pada acara Grand Launching Gerai UMKM Mak Cuan!!! di Aula Kantor Kelurahan Cipameungpeuk. Rabu, 05 Juni 2024.

Pada kegiatan tersebut Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Sumedang didampingi Dandim 0610 Sumedang, Kapolres Sumedang serta Forkopimcam Sumedang Selatan meresmikan gunting pita Gerai UMKM Mak Cuan Kelurahan Cipameungpeuk.

“Alhamdulillah kegiatan hari ini tidak disangka-sangka dari unsur Forkopimda Sumedang hadir meresmikan Grand Launching UMKM Mak Cuan Kelurahan Cipameungpeuk,” ujar Ujang Hijrah Nugraha selaku Lurah Cipameungpeuk.

Dia berharap dengan kehadiran para pejabat di lingkungan Pemkab Sumedang memberikan semangat tersendiri bagi para UMKM di desanya.

“Mudah-mudahan dengan atmosfer kehadiran Pemerintah Daerah khususnya kepada para petingginya juga mudah-mudahan bisa menjadikan UMKM Kelurahan Cipameungpeuk khususnya mak Cuan ini lebih baik kedepannnya. Harapannya UMKM Mak Cuan ini menjadi wadah untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, salah satunya mungkin masyarakat yang menjadi sasaran yaitu miskin ekstrim yang usianya produktif bisa ikut untuk masuk ke Mak Cuan ini dan berdaya untuk bisa berpenghasilan,” imbuhnya.

Disinggung masalah permodalan, dikatakan dia untuk permodalan hari ini per stimulan saja dari program opoknya mahasiswa KKN Tematik. “Mudah-mudahan dari stimulan ini bisa menjadi modal berputar,” ungkap dia.

Kepala Dinas Koperasi, UKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Sumedang memberikan apresiasi terhadap kegiatan yang merupakan kolaborasi natara Mahasiswa KKN Tematik dengan Pemerintah Kelurahan dan Forkompicam.

“Hari ini kita Grand Laonching UMKM Mak Cuan dan ini luar biasa kolaborasi antara mahasiswa KKN Tematik beserta Pemerintah Kelurahan, Kecamatan, Forkopimcam kemudian masyarakat dan pelaku UMKM sehingga terbentuklah galeri UMKM Mak Cuan,” ungkap Agus Kori Hidayat.

Menurut Agus pihak Pemerintah mendukung perkembangan UMKM dari sisi permodalan, pelatihan, pendampingan hingga ke pemasaran.

“Kita mendukung dari sisi permodalan kita sudah sampaikan untuk dapat mengakses permodalan baik melalui modal akun tri kusumah dan juga nanti kita dorong untuk peningkatan pengetahuannya melalui pelatihan dan pendampingan dan juga untuk pemasaran nanti kita akan support untuk pemasarannya. Karena kita pun untuk Desa yang lokasi KKN Tematik atau Kelurahan kita juga bantu untuk pemasaran baik secara offline ataupun secara online,” ucapnya.

Dikatakannya ini ada dukungan untuk para pelaku UMKM untuk pemasran secara online nah bentuknya itu smartphone yang sudah ditanam aplikasi yang sudah nanti dapat dihubungkan dengan salah satu marketplace khusus untuk wiyah Kecamatan Sumedang Utara dan Kecamatan Sumedang Selatan. ***

Artikel ini telah dibaca 200 kali

Baca Lainnya

Solusi Atasi Kemiskinan di Sumedang, Pj Sekda Buka Pelatihan Calon Tenaga Kerja

20 Juni 2024 - 16:31 WIB

Pj Sekda Sumedang Tuti Ruswati membuka Pelatihan Calon Tenaga Kerja Program Pelatihan Kerja dan Produktivitas Tenaga Kerja Berdasarkan Kompetensi di Aula UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Sumedang. Kamis (20/6/2024).

Kampung Toga Bakal Disulap Jadi Kawasan Wisata Terintegrasi Kabupaten Sumedang

19 Juni 2024 - 22:40 WIB

Pj Sekda Sumedang Tuti Ruswati saat menerima kunjungan para investor di Ruang Rapat Sekda, Pusat Pemerintahan Sumedang (PPS), Rabu (19/6/2024).

Perusahaan di Sumedang Mulai Kesulitan Finansial, Minim Order Barang Numpuk di Gudang

3 Oktober 2023 - 11:26 WIB

Gaya Pashmina Bikin Cantik Bersama Merk Kienka

22 Mei 2023 - 18:38 WIB

Ilustrasi

Wakil Bupati Sumedang: Batam International Investment, Peluang Perluasan Pemasaran Produk UMKM

19 Mei 2023 - 19:54 WIB

Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan turut hadir dalam acara penutupan event Batam International Invesment, Trade and Tourism (ITT) Expo 2023 yang digelar pada 16-18 Mei 2023 di Mega Mall Batam Centre.

Pedagang Ubi Cilembu Cadas Pangeran Siap Direlokasi ke Rest Area Cisumdawu Asal Jongko Gratis

15 Februari 2023 - 19:04 WIB

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian, Hari Tri Santosa saat melakukan pendataan terhadap para pedagang yang masih aktif di Kawasan Cadas Pangeran. Rabu, 15 Februari 2023.
Trending di BISNIS