Home / SUMEDANG

Rabu, 9 November 2011 - 18:26 WIB

F-101 Utuh, Banyak Penduduk Terlewat e-KTP



H Dadi Muhtadi, Kadis Disdukcapil Sumedang.

DISDUKCAPIL – Menanggapi banyaknya warga yang belum terdaftar dalam proses KTP elektronika di Kabupaten Sumedang, Kepala Dinas Kependudukan, Transmigrasi dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumedang, memberikan himbauan ke warga yang belum mendapatkan surat undangan untuk menyerahkan bukti-bukti ke desa masing-masing dengan menyerahkan Kartu Keluarga.

“Kepada warga masyarakat merasa sebagai warga di desa tersebut dan belum terpanggil, mohon segera menyerahkan segera bukti-bukti sebagai warga desa tersebut, yaitu diantaranya adalah KK atau Kartu Keluarga atau KTP, “ kata H Dadi Muhtadi, Kadis Disdukcapil Sumedang kepada sumedangonline.com dikantornya, Rabu (9/11).

Baca Juga  Aduh, Razia Miras Kok Bisa Bocor

Namun apabila bukti-bukti seperti KTP dan KK tidak ada, Dadi menyarankan untuk mengisi Formulir Biodata X-101, yang selanjutnya akan diproses oleh Disdukcapil.

“Sehingga pada saatnya nanti yang bersangkutan akan bisa dilayani pengambilan data tersebut, melalui program e-KTP. Nampaknya persoalan itu ada di masing-masing desa kenapa yang harus diketahui kenapa yang bersangkutan tidak tercatat, karena pada tahun 2010 akhir Disdukcapil telah melakukan pengambilan data mengkopi data F-101, yang telah terisi dari data itu data tersebut diserahkan ke masyarakat.

“Dimasing-masing Desa itu ditugaskan 10 orang untuk pencocokan data, apakah yang tertera di F-101, namanya, alamatnya, jumlah kepala keluarga, golongan darah, tanggal lahir dsb sudah cocok atau tidak, itu diharapkan dikoreksi oleh warga, namun entah kenapa kembalinya F-101 itu kembali tanpa ada perubahan apa-apa,” lanjut Dadi.

Baca Juga  Rio Tampil Malam Ini di RCTI

Berkaitan dengan orang yang meninggal masih terdaftar, Dadi, menyebutkan hal itu juga karena tidak adanya perubahan pada F-101 yang diserahkan 10 petugas di Desa ke Disdukcapil.

“Itu akibat dari tidak dicoretnya data pada F-101, maka di Dinas Kependudukan dianggap masih ada, karena Dinas Kependudukan tidak menambah, atau menghilangkan data pada F-101 itu,” ungkapnya.(iwan rahmat, editor:igun gunawan)

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Delapan Kades Nyaleg di DPRD Sumedang Kudu Berhenti dari Jabatan

SUMEDANG

HES Wafat saat Akan Salat

Pilihan Redaksi

Meriah Gerak Jalan Sehat HUT Radio Trimekar
Jenggo salahseorang tim relawan pencarian korban longsor Cimanggung.

SUMEDANG

Cerita Pencari Korban Longsor Cimanggung, Banyak Dukungan Serasa Tak Ada Kendala

SUMEDANG

UN Onlen, SMAN 1 Sumedang Ngaku Belum Siap

Pilihan Redaksi

Sumedang masuk dalam lima kabupaten/kota di Jabar dilirik investor dalam negeri

SUMEDANG

Pergantian Lahan Kehutanan Semrawut
Peserta PKW yang digelar PKBM Actual Sejahtera Kabupaten Sumedang menunjukkan sertifikat tanda lulus disela penutupan acara, Rabu (4/10).

PENDIDIKAN

PKW di PKBM Actual Sejahtera Ditutup, Sumedang Miliki Puluhan Wirausahawan Baru