Menu

Mode Gelap

SUMEDANG · 9 Nov 2011 18:26 WIB

F-101 Utuh, Banyak Penduduk Terlewat e-KTP

Reporter: Admin | Editor: Admin


 F-101 Utuh, Banyak Penduduk Terlewat e-KTP Perbesar

H Dadi Muhtadi, Kadis Disdukcapil Sumedang.

DISDUKCAPIL – Menanggapi banyaknya warga yang belum terdaftar dalam proses KTP elektronika di Kabupaten Sumedang, Kepala Dinas Kependudukan, Transmigrasi dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumedang, memberikan himbauan ke warga yang belum mendapatkan surat undangan untuk menyerahkan bukti-bukti ke desa masing-masing dengan menyerahkan Kartu Keluarga.

“Kepada warga masyarakat merasa sebagai warga di desa tersebut dan belum terpanggil, mohon segera menyerahkan segera bukti-bukti sebagai warga desa tersebut, yaitu diantaranya adalah KK atau Kartu Keluarga atau KTP, “ kata H Dadi Muhtadi, Kadis Disdukcapil Sumedang kepada sumedangonline.com dikantornya, Rabu (9/11).

Namun apabila bukti-bukti seperti KTP dan KK tidak ada, Dadi menyarankan untuk mengisi Formulir Biodata X-101, yang selanjutnya akan diproses oleh Disdukcapil.

“Sehingga pada saatnya nanti yang bersangkutan akan bisa dilayani pengambilan data tersebut, melalui program e-KTP. Nampaknya persoalan itu ada di masing-masing desa kenapa yang harus diketahui kenapa yang bersangkutan tidak tercatat, karena pada tahun 2010 akhir Disdukcapil telah melakukan pengambilan data mengkopi data F-101, yang telah terisi dari data itu data tersebut diserahkan ke masyarakat.

“Dimasing-masing Desa itu ditugaskan 10 orang untuk pencocokan data, apakah yang tertera di F-101, namanya, alamatnya, jumlah kepala keluarga, golongan darah, tanggal lahir dsb sudah cocok atau tidak, itu diharapkan dikoreksi oleh warga, namun entah kenapa kembalinya F-101 itu kembali tanpa ada perubahan apa-apa,” lanjut Dadi.

Berkaitan dengan orang yang meninggal masih terdaftar, Dadi, menyebutkan hal itu juga karena tidak adanya perubahan pada F-101 yang diserahkan 10 petugas di Desa ke Disdukcapil.

“Itu akibat dari tidak dicoretnya data pada F-101, maka di Dinas Kependudukan dianggap masih ada, karena Dinas Kependudukan tidak menambah, atau menghilangkan data pada F-101 itu,” ungkapnya.(iwan rahmat, editor:igun gunawan)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

Baca Lainnya

Pj Bupati Sumedang Apresiasi Capaian SAKIP Kecamatan Surian

12 Juli 2024 - 23:49 WIB

Pj Bupati Sumedang Yudia saat memberikan arahannya dalam Roadshow Pembinaan SAKIP Kecamatan Surian di Aula Kantor Kecamatan Surian, Jumat (12/7/2024).

Pj Bupati Sumedang Ingatkan Camat Surian Tingkatkan Pengawasan PBB

12 Juli 2024 - 23:46 WIB

Pj. Bupati Sumedang, Yudia Ramli pada acara Pembinaan SAKIP di Kecamatan Surian. Jumat, (12/7/2024).

Kabid Aset BKAD Sumedang Serahkan 9 Unit Motor Dinas Bertenaga Listrik

12 Juli 2024 - 14:12 WIB

Sumedang Sedang Bentuk Badan Riset dan Inovasi Daerah

5 Juli 2024 - 17:23 WIB

Pj. Sekda Sumedang, Tuti Ruswati saat melakukan monitoring Tanah dan Bangunan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Kantor BRIN Haurngombong, Kecamatan Pamulihan, Jumat (5/7/2024).

Atasi Kemiskinan, Sumedang Luncurkan Kartu TANGKIS

3 Juli 2024 - 21:09 WIB

Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang meluncurkan program inovatif bernama Kartu Tangkal Kemiskinan (TANGKIS) sebagai solusi penanganan miskin ekstrem di Sumedang. Peluncuran Kartu TANGKIS diawali dengan tapping kartu oleh Penjabat (Pj) Bupati Sumedang, Yudia Ramli didampingi Forkopimda di Saphire City Park (SACIPA). Rabu (3/7/2024).

Sumedang Terbitkan Edaran Larangan Judi Online

3 Juli 2024 - 21:07 WIB

Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli
Trending di SUMEDANG