Home / SUMEDANG

Rabu, 24 Oktober 2012 - 23:45 WIB

Opiq : Berharap PIK Meniru Pola PNPM



Wabup Sumedang memberikan sambutan.

KOTA – Wakil Bupati Sumedang, H Taufiq Gunawansyah, mengharapkan Pagu Indikatif Kewilayahan (PIK) pola dan teknisnya dapat seperti Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM). Di mana, ia menilai, secara efektifitas masyarakat dapat terangsang untuk melakukan partisifasi dan swadaya.

“Tak hanya itu, dari segi transparansi di PNPM sangat terasa. Itu merupakan nilai plus yang harus ditiru,” ujar Taufiq di sela Peresmian Posyandu di Jalan Pangeran Kornel, Kelurahan Pasanggrahan Baru, Kecamatan Sumedang Selatan, Rabu (24/10).

Baca Juga  Geng Motor, Jambret Tas Istri Pembina SO

Taufiq menilai kontribusi pencapaian target dari PNPM cukup besar. Ia mencontohkan dengan adanya bantuan dari PNPM seperti SPP, sedikit banyak dapat mengurangi angka kemiskinan di Sumedang. Selain itu pembangunan infrastruktur yang dikerjakan PNPM, dengan nilai sama namun dapat memiliki quantitas yang jauh lebih besar.

Baca Juga  Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang Gelar Lomba Dongeng Secara Virtual

“Jika pengerjaan jalan dikerjakan dengan anggaran APBD hanya cukup satu kilometre, maka dengan PNPM bisa mencapai 2 kilometer, karena adanya partisifasi swadaya murni masyarakat,” imbuhnya.

Di tempat yang sama Ketua Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Pasanggrahan Sugih, Kamas Komara, menyebutkan jumlah pembangunan yang didanai PNPM di wilayahnya, berjumlah 5 bangunan Posyandu dari PNPM Mandiri Perkotaan.(RED)

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Kepala Bidang komunikasi Publik Satgas COVID19 Kabupaten Sumedang, Iwa Kuswaeri saat melakukan monitoring di Kecamatan Paseh, Kabupaten Sumedang. Rabu, 7 Juli 2021.

Pilihan Redaksi

Pemakaman Jezanah COVID-19 dilakukan Satgas Kecamatan dan Desa

Pilihan Redaksi

Berdoa agar tidak terkena rasionalisasi lagi, jembatan Cibodas Surian dialokasikan Rp 2 M

Pilihan Redaksi

Sempat buron, Polsek Darmaraja bekuk pelaku curas

Pilihan Redaksi

112 Meter Tanah Terkena Tol Cisumdawu Diaku Ahli Waris Belum Dibayar
Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan secara resmi menutup gelaran Turnamen Bola Volly DS Community di Desa Sukajadi Kecamatan Wado, Senin 17 Mei 2021.

SUMEDANG

Usai Final, Wabup Sumedang Tutup Gelaran Turnamen Bola Volly DS Community
Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo saat melakukan pengecekan pelaksanaan PPKM Darurat di Pos Penyekatan Cimanggung. Kamis, 8 Juli 2021.

SUMEDANG

Cek Pos Penyekatan, Kapolres Pastikan Tak Ada Orang Luar Masuk Sumedang

Pilihan Redaksi

Sekda Baru Sumedang, Akan Lakukan Reformasi Birokrasi

Pilihan Redaksi

Masa Kampanye. Pjs Bupati Sumedang: Silakan Peunteun