Home / DAERAH

Sabtu, 16 Februari 2013 - 12:31 WIB

OTD Ultimatum Proyek Jatigede Ditutup



KOTA – Forum OTD (Orang Terkena Dampak) Jatigede Bersatu, akhirnya mengultimatum pemerintah, akan menutup proyek pembangunan Jatigede, pada Selasa (19/02), mendatang. Jika tetap tak ada titik temu penyelesaian dampak sosial Jatigede.

Proyek Pembangunan Jatigede ini, terancam ditutup OTD.

Proyek Pembangunan Jatigede ini, terancam ditutup OTD.

Hal itu dikatakan Ketua Forum OTD Jatigede Bersatu, Jaya Albanik. Ultimatum itu disampaikan Albanik dihadapan Ketua DPRD Sumedang, Yaya Widarya, dan Wakil Ketua DPRD Sumedang Edi Askhari.

“Jika tidak ada keputusan yang jelas, Selasa (20/02) kami akan melumpuhkan semua aktivitas pembangunan waduk Jatigede,” kata Albanik, menandaskan, kepada Sumeks usai aksi unjukrasa, Jumat (15/02).

Baca Juga  Listrik Bray Pret, Bikin Kesal Warga

Sebut dia, ada beberapa tuntutan yang dilayangkan masyarakat OTD, salahsatu diantaranya tanah yang sudah di PH (peralihan hak, red.) segera dapat dicairkan pembayarannya dan tidak dipilah-pilah. OTD pun, sebut Albanik, akan menolak adanya pengukuran ulang, serta bidang tanah yang belum di PH harus segera di PH.

“Kami sebetulnya sudah bosan untuk megutarakan tuntutan kami, namun karena permasalahan belum selesai maka kami harus tetap memperjuangkan hak-hak kami. Namun jika tuntutan kami tidak digubris maka seluruh kepala desa diwilayah OTD termasuk OTD-nya sepakat untuk menutup aktivitas Jatigede,” lanjut Albanik.

Sementara itu Ketua DPRD Sumedang, Yaya Widarya, menuturkan untuk menindaklanjuti permasahalan ini, pihaknya telah membuat Pansus (Panitia Khusus, red.) untuk menyelesaikan seluruh permasalahan yang timbul dan belum terselesaikan pada waktu bersamaan pula dibacakan di depan pewakilan OTD dari 32 desa.

Baca Juga  Aneh, Bahas OTD Jatigede, Forum OTD Gak Bisa Masuk

Yaya pun menambahkan, kerja Pansus tersebut tentunya perlu adanya pengawalan dan peran serta masyarakat, ia pun berharap masyarakat agar dapat bekerja sama agar masalah cepat selesai dalam jangka waktu delapan bulan.

“Rencananya kan akan dilakukan penggenangan di bulan Oktober, ini kan tinggal delapan bulan. Tapi saya harap masyarakat bisa bersabar dan bekerjasama, agar pansus bisa bekerja dengan baik,” pungkasnya. (asp)

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

DAERAH

Hadapi Verifikasi Data 84-86

DAERAH

Belum Sebulan, Jalan Provinsi Rusak Lagi

DAERAH

Batam Gym Hadir Di Darmaraja

DAERAH

Jasa Raharja, Salurkan Santunan

DAERAH

Honda Vs Vega, Satu Meninggal

DAERAH

Dipake Tempat Maksiat, Kafe Diontrog Warga

DAERAH

Jalan Provinsi di Sumedang, Lalogakan

DAERAH

Pos Kamling Cileles Wakili Polres ke Polda