Home / SUMEDANG

Rabu, 17 Juli 2013 - 10:20 WIB

Polres Sumedang Jamin Pemudik Lancar



Rapat Koordinasi Lintas SektoralKOTA-Para pemudik dijamin, jika melintas jalur Sumedang tidak lebih dari 5 jam. Hal itu dikatakan Kapolres Sumedang AKBP Eka Satria Bhakti S.I.K., saat melakukan Koordinnasi lintas sektoral di Aula Cadas Pangeran, Makopolres Sumedang, Selasa (16/7).
“Pokonya saat arus mudik nanti, pemudik yang melintas wilayah Sumedang tidak lebih dari 5 jam perjalanan dalam operasi pengamanan mudik ketupat lodaya,” ungakap Eka.
Untuk memenuhi target dan kelancaran arus mudik, ada beberapa upaya yang dilakukan diantaranya menyiagakan 786 personil di beberapa titik yang menjadi pos pemantauan dan pengamanan, jumlah tersebut belum termasuk personil bantuan dari Kodim 0610 dan batalion infantry 301 Prabu Kian Santang (PKS) yang rencananya juga akan diturunkan untuk membantu aparat kepolisian.
“Kami siagakan 786 personil, dan 65 diantaranya perwira pun kami turunkan, dan kami mohon bantuanya dari Kodim 0610 dan Batalyon 301 PKS untuk menurunkan personilnya, “ lanjutnya.
Sebelumnya, pada mudik lebaran Tahun 2012 diberlakukan CB one way. Untuk arus mudik dan balik tahun ini, kata Eka, polres Sumedang akan memberlakukan sistem contra flow (melawan arus) sejak jalur Cileunyi hingga Parakanmuncang sepanjang 7 KM.
Upaya itu, kata Eka, akan dikordinasikan terlebih dahulu dengan wilayah yang berbatasan termasuk dengan kepolisian resort Bandung. Itu karena, membutuhkan keterlibatan anggota polisi yang banyak.
”Dibeberapa titik khusus seperti belokan dan tempat penyebrangan orang, kita tempatkan anggota. Dan, di jalur alternatif Cijelag dan Parakanmuncang, diprediksi arus akan padat menjelang akhir bulan puasa. Kami berharap, pengerjaan perbaikan jalan di jalur itu bisa segera tuntas pada H-10 lebaran,” lanjutnya.
Lanjut, pihaknya segera akan memasang rambu-rambu lalulintas termasuk larangan kendaraan besar melintasi jalur tertentu dengan harapan tidak terjadi antrian kendaraan yang panjang.
“Target kami, berusaha untuk membuat nyaman sejumlah pengguna kendaraan pada saat melintas dijalur sumedang. Karena, jalur ini sebagai poros tengah penghubung beberapa daerah lainnya seperti pantura,” tambah Eka.
Ditanya penyebab kemacetan, menurut Eka, hal itu diduga selain tingginya volume kendaraan, juga akibat rusaknya sebagian jalan di jalur Sumedang.
“Lihat saja, banyak kendaraan yang memperlambat laju kendaraannya karena berusaha menghindari jalan berlubang. Kondisi itu, selalu berujung terjadinya antrian kendaraan yang panjang,” pungkasnya. (asp)

Baca Juga  Peringati HANI, BNN Kabupaten Sumedang Deklarasi Anti Narkoba
Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

SUMEDANG

AMK, Hari Ini Temui Bupati Sumedang

SUMEDANG

Hutang Pemkab ke PT Askes, 19M

SUMEDANG

Kepala Sekolah Kecewa, Rotasi Mutasi Tercium Bau Nepotisme

Pilihan Redaksi

Antrean di MPP Sumedang Cek Clok Tak Berurutan Dikeluhkan Warga
Bupati Sumedang Dr. H. Dony Ahmad Munir menerima kunjungan dari Tim Prakarsa Data Gemilang (PDG) di Ruang Tengah Gedung Negara, Selasa (7/7/2020).

SUMEDANG

Bupati: Desa di Sumedang Harus Jadi Desa Digital

Pilihan Redaksi

Penumpang Terminal Ciakar Kecewa, Tunggu Bus Berjam-jam
Bertempat di Aula Kantor Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang dihadiri para kepala desa, sekdes, kasipem desa se Kecamatan Sumedang Selatan. Selasa, 23 Juni 2020. Hadir sebagai narasumber Kepala Bidang Pemdes pada PMD Sumedang

SUMEDANG

Tingkatkan Sinergitas dan Kinerja Perangkat Desa, Camat Sumedang Selatan Lakukan Pembinaan

Pilihan Redaksi

Pengedar Narkotika jenis shabu dibekuk Polres Sumedang