JATINANGOR, Pilihan Redaksi

Wow, Masjid Raya Uswatun Hasanah Bakal Dibangun Megah

Penulis: Redaksi | Editor: Redaksi

Wakil Bupati Sumedang, H Eka Setiawan, meresmikan pembangunan Masjid Raya Uswatun Hasanah di kawasan Janati Park (PT Koryza) di Desa Cibeusi Kecamatan Jatinangor. Masjid itu disebut-sebut merupakan sejarah baru di Kab. Sumedang.
Karena, masjid yang juga direncanakan berdiri diatas lahan seluas 6500 meter persegi tersebut akan memiliki bangunan seluas 2300 meter persegi.
Ketua pelaksana pembangunan Masjid Raya Uswatun Hasanah, Ir Bambang Setiawan, menyebutkan pembangunan masjid menjadi target utama Janati Park (PT Koryza) yang juga titipan para pemegang saham (Kopelindo) sebelum dilakukan pembangunan yang lainnya seperti perumahan dan apartemen serta lainnya.
“Bangunan yang didesain oleh arsitek yang sebelumnya melakukan pembangunan di kawasan Bumi Parahyangan itu, akan dilengkapi menara setinggi 21 meter,” tuturnya.
Dikatakan, bangunan yang rencananya memiliki tiga lantai tersebut diantaranya untuk ruang utama, ruang serba guna serta balkon.
“Bentuk bangunan kontemporer serta unik pun dipastikan tak akan merubah suasana sebuah bangunan masjid agar nampak nyaman serta indah. Bangunan tersebut, diperkirakan akan menampung jemaah sekira 2000 orang,” kata Bambang.
Sementara itu, ketua Kopelindo Dedi Kodir mengatakan bahwa keberadan masjid termegah di Jatinangor tersebut dijadikan wadah para intelektual di kawasan pendidikan untuk bersatu upaya meningkatkan potensi keagamaan.
“Prinsip pembangunan yang diterapkan Kopelindo termasuk PT Koryza menerapkan empat aspek diantaranya bernuansa ibadah (spiritual), emosional komitmen (hablum minannas), intelektual komitmen dan amanah,” ucapnya. Ia pun bertekad menciptakan lapangan pekerjaan khususnya bagi warga Jatinangor.
Wakil Bupati Sumedang H Eka Setiawan yang juga meresmikan pembangunan masjid tersebut berharap menjadi Land Mark Jatinangor.
“Kami bangga, Jatinangor segera memiliki bangunan masjid yang megah serta indah dan cantik. Apresiasi kepada Kopelindo yang satu tahun kedepan (2017) warga disini bisa memanfaatkan masjid megah ini,” tuturnya.
Terimakasih, kata dia, Kopelindo memiliki komitmen mengembangkan kawasan tersebut menjadi tertata, nyaman serta akan menjadi kebanggaan warga Sumedang.
Ia berkeyakinan, Kopelindo dan PT Koryza memiliki target ikut mensejahterakan warga sekitar melalui pemberdayaan.
“Kawasan ini akan menjadi kawasan yang bagus dan yakin Jatinangor akan menjadi saingan tetangganya (Kab. Bandung),” ucap Eka.
Diharapkan, karena kawasan tersebut berdekatan dengan beberapa Perguruan Tinggi (PT) dijadikan pusat kegiatan mahasiswa dan masyarakat.
“PT Koryza pun dituntut selalu komunikasi dan ikut mendorong masyarakat Jatinangor agar terus berkembang,” ujarnya.
Sebelumnya, panitia penyelenggara menggelar tablig akbar serta donasi bagi kaum dhuafa warga Jatinangor dan ikut hadir Ketua Komisi A, DPRD Sumedang Dudi Supardi, Muspika Jatinangor serta lebih dari 500 warga setempat.***

Tinggalkan Balasan