Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Kamis, 20 Oktober 2016 - 17:33 WIB

Akibat Jatigede, Disduk kehilangan jejak 8.7 ribu data penduduk



SUMEDANGONLINE: Imbas dari pembangunan waduk Jatigede dan penghapusan desa, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang mengaku kehilangan jejak data penduduk.
Tak tanggung-tanggung, ada sekitar 8.731 jiwa. Dari desa yang dihapus saja terdapat data, 2.034 jiwa dari Desa Padajaya, di Kecamatan Wado. Di Kecamatan Darmaraja, dari Desa Jatibungur sebanyak 1.423 jiwa, Cibogo 1.723 jiwa, Cipaku 1.434 jiwa. Sedangkan di Kecamatan Jatigede, dari Desa Sukakesra, berjumlah 1.052 jiwa.

Kabid Infoduk pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang, <a href=

Agus Beni Triyadie," width="189" height="149" /> Kabid Infoduk pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang, Agus Beni Triyadie.

“Ini merupakan salasahtu akibat dari adanya proyek Nasional Waduk Jatigede, yaitu tergenangnya beberapa desa yang ada di wilayah kabupaten Sumedang. Bahkan hampir 6 desa yang wilayahnya tergenang semua,” Kata Kabid Infoduk pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang, Agus Beni Triyadie, pada SumedangOnline, Kamis (20/10/2016).
Lanjut dia,Pemerintah Kabupaten Sumedang kemudian mengeluarkan peraturan daerah (Perda) No 11/2015, terkait penghapusan dan penggabungan desa yang terkena pembangunan waduk Jatigede. Imbas adanya penghapusan dan penggabungan desa tersebut, berdampak pada keberadaan penduduk di wilayah genangan.
“Memang sebelumnya sudah didata melalui arah minat, setiap KK didata arah minatnya. Namun berdasarkan pemantauan kami di lapangan data arah minat itu tidak dijadikan sumber riil data kependudukan. Pada umumnya data penduduk itu tidak sesuai, dengan data yang disampaikan pada arah minat,” tambah Beni.
Selain itu, sebutnya, ada beberapa diantara penduduk yang sudah pindah ke desa baru. Mereka, tidak lantas melaporkan kepindahannya ke desa dimana mereka tinggal saat ini.
Adanya lebih dari 8,7 ribu lebih data penduduk yang kehilangan jejak tersebut tentu saja akan menyulitkan untuk beberapa pihak yang akan mempergunakan data tersebut. Salahsatunya, agenda yang paling terdekat adalah pemilihan kepala daerah. (iwn)

Baca Juga  Pengerjaan jalan lingkar barat Jatigede bakal dikebut
Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Hj Lilis Santika Optimistis Kembali Ngantor di Senayan
Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan saat monitoring pelaksanaan PPKM Darurat ke wilayah desa di Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang. Rabu, 14 Juli 2021.

Pilihan Redaksi

Soal Perpanjangan PPKM Darurat, Wakil Bupati Sumedang: Tunggu Intruksi Pusat
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir saat melakukan peninjauan ke Posko Pengungsian di Taman Burung Perumahan SBG Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang Jawa Barat. Rabu, 20 Januari 2021.

SUMEDANG

Pastikan Kebutuhan Dasar Terpenuhi, Bupati Sumedang Tinjau Posko Pengungsian Korban Longsor Cimanggung

PENDIDIKAN

Tujuh Kepala SD di Sumedang Dimutasi Turun Grade, Ini Alasannya
Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin mendorong pemerintah untuk memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada petugas medis yang meninggal dunia saat berjuang di garda terdepan melawan wabah covid-19.

Pilihan Redaksi

Hasanuddin Usulkan Tim Medis yang Wafat Karena Covid-19 Dianugerahi Bintang Mahaputra
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkunjung ke Comand Center di Gedung Pusat Pemerintahan Kabupaten Sumedang, Minggu 23 Mei 2021.

Pilihan Redaksi

Tempati Urutan Pertama di Indonesia, Emil Apresiasi Pengembangan e-Government di Sumedang

OLAHRAGA

Usai Latihan Persib Gelar Tabur Bunga di TKP Wafatnya Haringga

Nasional

Pengabaian Krisis Rohingya di KTT Asean Ke-31, ini tanggapan Presiden AYLF