Menu

Mode Gelap

PENDIDIKAN · 27 Okt 2017 01:34 WIB ·

Kelurahan Talun gelar kegiatan Nganjang Ngaula

REPORTER: ADMIN | EDITOR: ADMIN

Budi Permana, S.AP., Kasipem Trantib Kelurahan Talun saat bersama anak anak pelajar di SDN Tegal Kalong.

TALUN: Budi Permana, S.AP., Kasipem Trantib Kelurahan Talun saat bersama anak anak pelajar di SDN Tegal Kalong.

SUMEDANG – Ada saja kegiatan kreatif yang dilakukan kelurahan Talun, Kecamatan Sumedang Utara ini. Salahsatunya mewujudkan visi Talun Berhasil (Bersih, Harmonis, Agamis, Sehat, Indah, Lestari ), dalam kegiatan tersebut seluruh aparatur kelurahan Talun mulai dari Lurah, Seklur, Para Kasi dan staf serta melibatkan stake holder lainnya yang ada di kelurahan Talun, seperti Babinsa, Babinkamtibmas, bidan desa dan unsur lainnya turun bersilaturahmi ke seluruh wilayah Kelurahan Talun.

Mereka turut berbaur dengan warga di 7 RW dn 25 RT yang ada di kelurahan tersebut. Kegiatan yang disebut Nganjang Ngaula itu menurut Lurah Talun Zenni Iwa Permana, S.Sos.,MM sebagai bentuk untuk mendapatkan aspirasi, masukan, saran dan pendapat langsung dari warganya. ”Sehingga nantiny ini menjadi dasar bagi pemerintahan Kelurahan Talun dalam melaksanakan tugas fungsinya secara Optimal atau dalam bahasa Sunda disebut Ngaula,” kata Zenni.

Baca Juga  NIK Tak Valid Saat Sensus Online, Disdukcapil Sumedang: Harus Dikonsolidasi Manual

Penamaan Kelurahan Talun Nganjang Ngaula itu pun sebut dia dilandasi semangat Sumedang Puseur Budaya Sunda. ”Banyak kegiatan yang kita lakukan diantaranya saja kunjungan ke sekolah yang ada di Talun di sini itu ada 2 SD, 1 MI, 1 MTS, 2 TK, 3 PAUD,” ujarnya.

Selain itu ada kunjungan ke kelompok agama dimana di Talun ada 7 pengajian Islam, dan 1 Kristen. Kunjungan ke kelompok pemuda di antaranya ke Karang Taruna RW dan Karang Taruna Kelurahan serta kunjungan ke 7 Posyandu.

Menurut Budi Permana, S.AP., Kasipem Trantib Kelurahan Talun menyebutkan dalam beberapa kegiatan tersebut disampaikan pengenalan tentang pemerintahan, aplikasi budaya Talun, pengetahuan umum untuk tukar pengalaman, sosialisasi hidup sehat ala Talun dan terakhir untuk menjalin kebersamaan ditutup dengan balakecrakan atau makan secara bersama sama.

Baca Juga  Pemerintah Sumedang, bahas pengembangan KJA di Jatigede

”Pada hari ini kita melaksanakan kegiatan ini di SDN Tegal Kalong Sumedang. Kita ingin mengenalkan kepada anak-anak SD apa itu pemerintahan, bagaimana cara hidup sehat ala karuhun Talun, dan tentu saja memberikan motivasi untuk semangat belajar dalam meraih cita-cita nya,” tambahnya.

Sebut Budi, dalam kesempatan itu pun menghadirkan narasumber dari Polsek Sumedang Utara Ipda M.H Tono, dari Puskesmas Kotakaler Bidan Memey serta motivasi dari lurah Talun Zenni Iwa Permana, S.Sos.,MM.

”Acara ditutup dengan Balakecrakan (makan bersama) di tempat yang sama dengan menu yang sama, yaitu ceplok endog, tahu, tempe dan minum air putih diikuti sebanyak 250 siswa,” tutupnya. ***

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 136 kali

Baca Lainnya

Kris Sujatmoko, Dosen Telkom University Menjadi Visionary Educator 2021

8 November 2021 - 12:02 WIB

Kris Sujatmoko, dosen Fakultas Teknik Elektro Telkom University berhasil meraih penghargaan sebagai Visionary Educator 2021. Penghargaan tersebut diberikan oleh UiPath pada 26 Oktober 2021 lalu.

Leader’s Talk 27: Menjadi Pemimpin Inovatif di Era Globalisasi Digital

4 November 2021 - 07:04 WIB

Telkom University kembali menggelar Leader’s Talk ke-27 pada Rabu (3/11) di Auditorium Telkom University (Gd. Damar)

Peneliti Telkom University Salah Satu Ilmuwan Terbaik Dunia

3 November 2021 - 01:36 WIB

Telkom University

Buka Festival Kopi Sumedang, Wabup: Bidik Ekspor ke Mancanegara

26 Oktober 2021 - 17:39 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan berharap kopi Sumedang makin terkenal bahkan bisa ekspor ke Manca Negara. Hal itu dikatakan Erwan saat membuka Festival Sumedang ke-3 di Kawasan Induk Pusat Pemerintahan Setda Sumedang. Selasa, 26 Oktober 2021.

Sumedang Gelar Pilkades Ditengah Pandemi Covid-19, Wabup Sumedang: Terapkan Protokol Kesehatan Agar Tidak Terjadi Cluster Baru

25 Oktober 2021 - 14:13 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H Erwan Setiawan mengingatkan berbagai pihak untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat saat pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak 2021, 27 Oktober 2021 saat Apel Kesiapan Pengamanan Tahap Pemungutan Suara pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Sumedang di Alun-Alun Sumedang. Senin, 25 Oktober 2021.

750 Personel Polisi Siap Amankan Pilkades Serentak di Kabupaten Sumedang

25 Oktober 2021 - 14:01 WIB

Dari sebanyak 1.200 personel dari Polres Sumedang, 750 diantaranya bakal dikerahkan untuk pengamanan pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak (Pilkades serentak) di Kabupaten Sumedang pada 27 Oktober 2021.
Trending di Pilihan Redaksi