Kelurahan Talun gelar kegiatan Nganjang Ngaula

Budi Permana, S.AP., Kasipem Trantib Kelurahan Talun saat bersama anak anak pelajar di SDN Tegal Kalong.

SUMEDANG – Ada saja kegiatan kreatif yang dilakukan kelurahan Talun, Kecamatan Sumedang Utara ini. Salahsatunya mewujudkan visi Talun Berhasil (Bersih, Harmonis, Agamis, Sehat, Indah, Lestari ), dalam kegiatan tersebut seluruh aparatur kelurahan Talun mulai dari Lurah, Seklur, Para Kasi dan staf serta melibatkan stake holder lainnya yang ada di kelurahan Talun, seperti Babinsa, Babinkamtibmas, bidan desa dan unsur lainnya turun bersilaturahmi ke seluruh wilayah Kelurahan Talun.

Mereka turut berbaur dengan warga di 7 RW dn 25 RT yang ada di kelurahan tersebut. Kegiatan yang disebut Nganjang Ngaula itu menurut Lurah Talun Zenni Iwa Permana, S.Sos.,MM sebagai bentuk untuk mendapatkan aspirasi, masukan, saran dan pendapat langsung dari warganya. ”Sehingga nantiny ini menjadi dasar bagi pemerintahan Kelurahan Talun dalam melaksanakan tugas fungsinya secara Optimal atau dalam bahasa Sunda disebut Ngaula,” kata Zenni.

Penamaan Kelurahan Talun Nganjang Ngaula itu pun sebut dia dilandasi semangat Sumedang Puseur Budaya Sunda. ”Banyak kegiatan yang kita lakukan diantaranya saja kunjungan ke sekolah yang ada di Talun di sini itu ada 2 SD, 1 MI, 1 MTS, 2 TK, 3 PAUD,” ujarnya.

Selain itu ada kunjungan ke kelompok agama dimana di Talun ada 7 pengajian Islam, dan 1 Kristen. Kunjungan ke kelompok pemuda di antaranya ke Karang Taruna RW dan Karang Taruna Kelurahan serta kunjungan ke 7 Posyandu.

Menurut Budi Permana, S.AP., Kasipem Trantib Kelurahan Talun menyebutkan dalam beberapa kegiatan tersebut disampaikan pengenalan tentang pemerintahan, aplikasi budaya Talun, pengetahuan umum untuk tukar pengalaman, sosialisasi hidup sehat ala Talun dan terakhir untuk menjalin kebersamaan ditutup dengan balakecrakan atau makan secara bersama sama.

”Pada hari ini kita melaksanakan kegiatan ini di SDN Tegal Kalong Sumedang. Kita ingin mengenalkan kepada anak-anak SD apa itu pemerintahan, bagaimana cara hidup sehat ala karuhun Talun, dan tentu saja memberikan motivasi untuk semangat belajar dalam meraih cita-cita nya,” tambahnya.

Sebut Budi, dalam kesempatan itu pun menghadirkan narasumber dari Polsek Sumedang Utara Ipda M.H Tono, dari Puskesmas Kotakaler Bidan Memey serta motivasi dari lurah Talun Zenni Iwa Permana, S.Sos.,MM.

”Acara ditutup dengan Balakecrakan (makan bersama) di tempat yang sama dengan menu yang sama, yaitu ceplok endog, tahu, tempe dan minum air putih diikuti sebanyak 250 siswa,” tutupnya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin menerima update terbaru dari SUMEDANGONLINE OK TIDAK