Home / Pilihan Redaksi / Politik

Senin, 15 Januari 2018 - 15:28 WIB

Hasil Rikses Bapaslon, Tertutup dan Rahasia



Bandung – Hasil pemeriksaan kesehatan (rikses) bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Batat pada pilgub Jabar 2018 bersifat tertutup dan rahasia. Demikian antara lain dikemukakan Ketua Tim Rikses Bapaslon Gubernur Jawa Barat, Dr. Eka Mulyana pada acara penyerahan berkas pemeriksaan kesehatan paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat di Aula Setia Permana Kantor KPU Jabar, Jl. Garut No. 11 Bandung (15/11).

Menurut Eka, yang juga Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jawa Barat, Tim Rikses melakukan sidang pleno 14 Januari, dan kemudian menyerahkan hasilnya ke KPU. “Rikses Pilgub 2018 beda dengan Pilgub sebelumnya, misalnya pemeriksaan jantung dan fasilitas pemeriksaan harus di rumah sakit tipe A milik pemerintah,” katanya.
Sementara itu, Ketua Tim Medis, Dr. Erwan menyebutkan, timnya melakukan pemeriksaan kesehatan dasar termasuk gigi mulut, gula, hati, dan ginjal. “Semua calon diperiksa dengan baik,” sebutnya.
Di lain pihak, Dr. Ihsan, Ketua Pemeriksa Rohani menyebut, pemeriksaan psikologi bapaslon memakan waktu tiga jam. Sedangkan, Sugiri yang mewakili BNN menegaskan proses pemeriksaan sesuai dengan prosedur BNN.
Ketika ditanya wartawan tentang tindak lanjut hasil rikses, Komisioner KPU Jabar, Endun Abdul Haq menyebut akan mengumumkan hasil pemeriksaan kesehatan bapaslon pada acara rapat pleno terbuka KPU Jabar dengan mengundang tim kampanye dan Bawaslu. “Kami juga akan menetapkan paslon pada 12 Februari dan pengundian nomor urut InsyaAllah tanggal 13 Februari,” katanya.
Sebelumnya, berkas pemeriksaan keaehatan bapaslon diseraahkan Ketua IDI Jawa Barat Dr. Eka Mulyana kepada Komisioner KPU Jabar Ferdhiman Bariguna. ***

Baca Juga  Dihadapan Wartawan Sumedang, Bupati: Saran-Kritik Jadi Energi untuk Perbaikan
Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

BISNIS

Temu pengusaha besar. Yayan: peluang kemitraan

Pilihan Redaksi

Sumedang dukung ketahanan pangan Jabar
Guru di lingkungan SMP Negeri 1 Cimalaka Kabupaten Sumedang saat ini tengah menyelenggarakan kegiatan In House Training (IHT) dengan tema: Kita Tingkatkan Kompetensi Guru. Selasa, 8 Juli 2020.

PENDIDIKAN

Persiapan Hadapi Tahun Ajaran Baru, SMPN 1 Cimalaka Gelar IHT
Para pedagang di Pasar Sumedang Kota masih tetap berjalan meski sepi akan pembeli. Foto diambil pada Kamis, 2 April 2020.

BISNIS

Dampak Corona Daya Beli Masyarakat Sumedang Turun

Pilihan Redaksi

Polres Sumedang Bekuk Pengedar Narkoba Jaringan Lapas

Pilihan Redaksi

Ermi: Harus ada perubahan mainset
Dadang Sulaeman selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang saat Kampanye Gerakan Disiplin Pakai Masker di Desa Wargaluyu, Kecamatan Tanjungmedar. Selasa, 22 Desember 2020.

Pilihan Redaksi

Hadapi Natal dan Tahun Baru 2021, Dinkes dan Polres Sumedang Sinergis Bangun Posko Kesehatan
DAFTAR NOMINATIF PELANTIKAN DALAM JABATAN ADMINISTRATOR

Pilihan Redaksi

Ini Dia Daftar Nominatif Pelantikan dalam Jabatan Administrator