Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Minggu, 3 Juni 2018 - 03:17 WIB

Ara Ajak Masyarakat Implementasikan Nilai-nilai Pancasila



SUMEDANGONLINE.COM, JATINANGOR – Dihadapan ratusan anak yatim piatu anggota DPR/MPR RI Maruarar Sirait mengajak masyarakat untuk mengimplementasikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Salahsatunya dengan memperhatikan kaum fakir miskin, dan anak-anak yatim piatu. Apalagi sebut dia saat menghadapi Idul Fitri seperti saat ini.

Hal itu dikatakan politisi PDI Perjuangan daerah pemilihan Sumedang Majalengka Subang saat melakukan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Desa Cipacing, kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang Sabtu (2/6/2018).

“Jelang idul fitri anak anak yatim piatu perlu dibantu. Mereka jangan sampai dibiarkan ‘sendirian’. Kesenjangan itu harus diatasi dengan pemerataan. Kita ngomong Pancasila, membantu orang jangan lihat sukunya apa? Ini soal kemanusiaan. Itu pandangan saya seorang Pancasilais. Kenapa dibantu yatim piatu karena orang yang lemah membutuhkan bantuan kita,” kata Maruarar Sirait pada wartawan termasuk reporter Sumedang Online, Fitriyani Gunawan.

Baca Juga  Warga Mekarjaya Sumedang Temukan Situs Benteng Batre

Implementasi dari Pancasila melahirkan ketauladan, dan itu sebut dia sangat diperlukan saat ini. “Yang paling penting itu keteladanan. Dalam politik itu, kalau tidak ada keteladanan akan melahirkan ketidakpercayaan. Mengatakan Pancasila padahal Nasionalis gadungan, ngomongnya sara terus kan gitu, itu yang tidak boleh. Itu yang membuat rakyat tidak percaya kepada politisi, kalau kita tidak konsisten, kita ngomong Pancasilais tapi kita tidak berperikemanusiaan, tidak berkeadalian, tidak berkepedulian. Bagaimana mau percaya kalau kita tidak bisa perkataan dan perbuatan sejalan. Dan kita tahu radikalisme, terorisme sudah menjalar melalui media sosial menjarah anak anak muda. Makanya saya bilang, ayo anak muda! setuju tidak terorisme, (mereka bilang) tidak setuju, setuju tidak radikalisme? (pemuda menjawab) Nggak setuju. Ya sudah dadah terorisme dan radikalisme. Jadi mereka harus diyakinkan bahwa itu tidak benar apalagi melibatkan keluarga melakukan kekerasan, itu nggak benar sama sekali,” tandasnya.

Baca Juga  Peluang Pendapatan Pemda, Retribusi Pajak Dilimpahkan ke Daerah

Sebagai gambaran, pada saat sosialisasi 4 Pilar itu pria yang akrab disapa Ara itu menyantuni sekira 600 anak di tiga lokasi di Desa Mekargalih dan Pasirnanjung di Kecamatan Cimanggung dan Cipacing di Kecamatan Jatinangor.

Pada kesempatan tersebut juga ditampilkan kreasi seni berupa 50 bedug dengan nuansa modern, bazar Ramadan dari 12 perwakilan desa yang ada di kecamatan Jatinangor. *** FITRI

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Hari Pahlawan, Bank Sumedang Serahkan Bantuan untuk Korban Kebakaran

Pilihan Redaksi

Dihadapan jamaah pengajian, IP minta doa akan maju jadi Calon Bupati Sumedang

PENDIDIKAN

Disdik Sumedang Sebut BOP PAUD Sudah Kelar Disalurkan

Pilihan Redaksi

Komitmen Zaenal-Asep Pembuatan KTP-el Bisa Diantar ke Rumah, Ini Buktinya
Forkompimda Sumedang menggelar layanan drive thru atau layanan tanpa turun dari kendaraan, untuk tes swab Covid-19 di Mako Polres Sumedang. Senin, 9 Agustus 2021.

SUMEDANG

Cegah Penyebaran Virus Corona, Polres Sumedang Lakukan Test Masif

Pilihan Redaksi

Ultah ke-3, Diskominfo Sanditik Ubah Sistem Manual ke Digital

KABAR DARI GEDUNG NEGARA

Bupati Sumedang Santuni 300 Anak Yatim

Pilihan Redaksi

DPRD: Pendapatan Pajak dari Parkir Jatos Lebih Rendah dari Griya Sumedang