Home / Pilihan Redaksi / Politik

Senin, 25 Juni 2018 - 16:33 WIB

Masa Tenang, Kampanye di Medsos Terancam Pidana Pemilu

Divisi Hukum Penindakan dan Pelanggaran, Ade Sunarya

DIVISI HUKUM PENINDAKAN DAN PELANGGARAN, ADE SUNARYA: Divisi Hukum Penindakan dan Pelanggaran, Ade Sunarya


SUMEDANGONLINE, Kota: Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Sumedang mengingatkan pada netizen untuk tak melakukan kampanye saat masa tenang di media social. Menurut Divisi Penindakan dan Pelanggaran Panwaslu Kabupaten Sumedang, Ade Sunarya, jika hal itu terjadi merupakan sebuah pelanggaran pidana Pemilu.
”Dalam masa tenang tidak boleh berkampanye dalam bentuk apa pun termasuk Medsos, kampanye di luar jadwal termasuk pelanggaran pidana pemilihan. Pada masa tenang akun medsos resmi mesti ditutup,” kata Ade Sunarya pada sejumlah wartawan di ruang kerjanya.
Dikatakan dia, untuk pengawasan akun medsos yang resmi sudah berakhir. Adapun akun medsos yang tidak resmi, akan ditindaklanjuti berupa rekomendasi ke bagian cyber Polres Sumedang.
”Untuk pengawasan di medsos diawasi oleh bagian media Panwaskab. Untuk akun medsos resmi, kami tidak menemukan dugaan pelanggaran pemilihan,” sebutnya.
Lanjut Ade berdasarkan PKPU No 4 Tahun 2017 tentang Kampanye, akun medsos yang diperbolehkan untuk dipergunakan untuk berkampanye adalah yang resmi didaftarkan ke KPU. Lalu di masa tenang akun medsos resmi tersebut mesti ditutup.
”Adapun akun medsos yang tidak resmi terdaftar di KPU, itu akan direkomendasikan ke cyber Polres. Mengimbau ke semua paslon, tim pemenangan, dan masyarakat umum, di masa tenang ini 24-26 Juni (H-3), agar menahan diri untuk tidak berkampanye, melakukan tindakan politik uang (memberi, menerima), politisasi SARA, membersihkan APK,” tutupnya.***IWAN

Baca Juga  Panwasalu Ingatkan Dua Bacaleg PKS untuk Tak Pasang Iklan Kampanye, Ini Tanggapan Ridwan
Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Sejak 12 April 2020, air bendungan Jatigede masuk ke golodog rumah warga relokasi eks Desa Cibogo, Kecamatan Darmaraja di RT 07 RW 04 Kampung Kanaga, Desa Tarunajaya, Kecamatan Darmaraja.

Pilihan Redaksi

Diduga Ada Kongkalingkong Pembayaran Jatigede, Rugikan Warga Eks Cibogo Sumedang
Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumedang, Hari Tri Santoso, saat sosialisai memakai masker di tempat wisata di Lokasi Wisata Tanjung Duriat. 9 Januari 2021.

Pilihan Redaksi

Selama Penerapan PPKM Darurat, Tempat Wisata di Sumedang Ditutup Sementara

BISNIS

HUT 15 GlobalTV, Gelar Amazing Cosplay Star Wars

Pilihan Redaksi

Wakil Ketua DPRD Menilai DPMPTSP Sumedang Persulit Perizinan

Politik

Pasanggiri Longser, Penyampai Nilai-nilai Demokrasi

JATINANGOR

Banjir Cimanggung, Rumah Ali Roboh

Pilihan Redaksi

Beli Pemutih Susah, Camat Minta Pemda Fasilitasi Disinfektan

KABAR HAJI

Jamaah Haji Sumedang Kloter 1 Akan Tiba Selasa Pagi