Pilihan Redaksi, SUMEDANG

Saberpungli Geruduk Disdukcapil Sumedang, Ini Temuan Mereka

Penulis: Redaksi | Editor: Redaksi

SUMEDANG ONLINE – Tim Saberpungli Kabupaten Sumedang mendatangi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang. Tim Satu dari Lima tim yang diturunkan secara serentak itu langsung bergerak menuju kantor pelayanan.

Pukul 11.00 tim saber pungli yang dipimpin Kabag Ops Polres Sumedang Kompol Apri Rahman bersama anak buahnya yang tergabung dalam tim I ke Disdukcapil Sumedang belum juga muncul. Baru pada pukul 11.25 Tim Saberpungli datang dipimpin Kasat Narkoba AKP Idan wahyu Wayhudin selaku Sekretaris Tim Saberpungli Kabupaten Sumedang.

“Ada beberapa hal yang kami monitoring diantaranya pelayanan terhadap masyarakat baik itu KTP, KK, kemudian pelayanan-pelayanan lain. Baik itu yang menyangkut masalah administrasi ataupun kenyamanan dalam pelayanan terhadap masyarakat, termasuk petugas yang melakukan pelayanan. Alhamdulillah untuk Disdukcapil tidak ditemukan hal hal yang berkaitan dengan Saberpungli, karena betul betul di Disdukcapil ini tidak dipungut biaya, dan memang tidak ditemukan adanya pungutan biaya di Disdukcapil ini,” kata Idan.

Baca Juga  Inalillahi, Dinding Rumah Nek Icah Jebol

Dikatakan dia, pelayanan terhadap masyarakat yang akan melakukan pembuatan KTP, kartu keluarga, akta kelahiran, semuanya sudah dilayani dengan baik.

“Di sini bisa dilayani dengan baik, termasuk waktu selama pelayanan tersebut. Kami lakukan koordinasi dengan kepala dinas untuk masuk petugas, disini ada petugas petugas khusus yang punya sertifikasi, tidak sembarangan petugas yang melakukan pelayanan. Karena memenuhi kriteria kriteria tertentu yang pada SOP dilakukan oleh Disdukcapil, tidak ditemukan hal yang sekiranya melakukan pelanggan ataupun pelayanan,” tambahnya.

Baca Juga  Disduk Sumedang - PT. Pos Indonesia, Bakal Distribusikan Administrasi Kependudukan

Ditanya apakah ada laporan dari masyarakat terkait keluhan yang ada kaitannya dengan Disdukcapil pada Saberpungli.

“Sampai saat belum ada laporan dari masyarakat ke Saberpungli terkait pelayanan di Disdukcapil ini. Belum ada, kami belum menerima keluhan dari masyarakat,” tandasnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Sumedang, Agus Seksarsyah Rasyidi mengatakan berkaitan dengan kedatangan tim saber pungli sangat bagus meskipun ada kekurangan dari sarana prasarana kurang komplit. (Iwan)

Tinggalkan Balasan