Perekaman KTP Elektronik Bisa Dilakukan di Stand Disdukcapil Sumedang

[DESK] Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang membuka layanan di arena Pameran Informasi Teknologi untuk Rakyat Aistech Expo 2018 di Islamic Center Sumedang.

Menurut Gunawan selaku Plt Kasie Inovasi dan Kerjasama pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang, pihaknya saat pameran IT ini membuka layanan hingga tanggal 2 November 2018. Berupa perekaman KTP elektronik, pengecekan biometrik data kependudukan dan informasi informasi lain.

Baca Juga  Akibat Jatigede, Disduk kehilangan jejak 8.7 ribu data penduduk

Disinggung mengenai ketersediaan formulir yang selama ini kerap jadi kendala. Dikatakan Gunawan pihaknya memfasilitasi formulir digital.

“Untuk formulir kita sudah fasilitasi dengan formulir digital, jadi setiap desa atau kelurahan sudah memiliki database kependudukan masing masing dan formulir dapat diprint secara digital, jadi tanpa tulis tangan,” ucap Gunawan saat di stand Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang, Selasa, 30 Oktober 2018.

Baca Juga  Euleuh, 3,3 juta penduduk di Jawa Barat belum memiliki KTP-el

Dikatakan dia, untuk formulir sendiri bisa langsung dicetak di arena pameran. “Sementara dokumen kependudukannya seperti KK, KTP dan Akta Kelahiran dilakukan pencetakan di Kabupaten atau di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil,” jelasnya.

Hingga kartu selesai dicetak standarnya sebut Gunawan dalam kurun waktu 14 hari kerja.

“Untuk pelayanan itu standarnya 14 hari kerja. Kebetulan sekarang kan akan ada pencanangan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan berupa penduduk mendaftar ke Dinas Kependudukan satu kali nanti diberikan resi, nanti di dalam resi itu ada pilihan apakah dokumen hasilnya akan dibawa oleh pemohon ke Dinas atau diantarkan ke alamat pemohon melalui PT Pos Indonesia, dengan estimasi waktu tiga sampai empat hari kerja,” ungkapnya. [Fit]

Baca Juga  Sa'adulah ingatkan peserta Konferwil PWNU tak terlibat money politik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin menerima update terbaru dari SUMEDANGONLINE OK TIDAK