Home / Pilihan Redaksi / Politik

Sabtu, 20 Oktober 2018 - 14:26 WIB

Agar Tak Semrawut, KPU Sumedang Atur Zonasi Pemasangan APK



[DESK] Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang melakukan sosialisasi Petunjuk Tenknis Fasilitasi Alat Peraga Kampanye (APK) Peserta Pemilu berdasarkan Surat KPU RI Nomor: 946/PP.08-SD/06/KPU/VIII/2018 tanggal 23 Agustus 2018, yang ditindaklanjuti Surat Keputusan KPU Sumedang Nomor 239/PL/01.5-Kpt/3211/KPU.Kab/X/2018. Menurut Ketua KPU Sumedang, Ogi Ahmad Fauzi S.Ip M.si., pihaknya memasilitasi pembuatan APK meski demikian APK juga boleh dicetak para peserta pemilu 2019.

“Jadi intinya kita ingin menata jangan sampai kemudian alat peraga kampanye, bahan kampanye ini merebak begitu saja di mana-mana. Tapi sesuai dengan esensinya memperhatikan estetika, jangan semua jalan dipenuhi baliho dan yang lainnya. Agar kota itu secara estetika bagus,” kata Ogi pada wartawan di KPU Sumedang usai menggelar Sosialisasi APK dengan mengundang perwakilan Parpol dan Timses calon presiden, hari ini, 20 Oktober 2018.

Baca Juga  Ingat Parpol, KPU Sumedang Bisa Mencoret Seluruh Caleg di Dapil Tertentu Jika …

Terkait estetika, pihak KPU juga telah menetapkan sejumlah zonasi daerah yang diperbolehkan dipasangkan APK atau pun yang dilarang. “Zona banyak sekali, tiap kecamatan ada zona masing masing. Nah, zona itu berasal dari wilayah masing masing yang diserahkan ke kita, jadi kita datanya dari tata pemerintahan, pemda kabupaten Sumedang,” sambungnya.

Terkait sanksi bila ada yang memasang di lokasi yang dilarang pemasangan APK, menurut Ogi hal itu sudah menjadi ranah Bawaslu Sumedang.

“Kalau urusan sanksi itu nanti urusan Bawaslu, bawaslu nanti yang akan menindak. Kita sudah menentukan lokasi atau zonasi yang boleh dilakukan pemasangan untuk APK. Dan ada beberapa lokasi yang tidak boleh dipasang BK, ketika itu dilakukan di zona yang dilarang atau ditentukan. Itu akan ditindak oleh Bawaslu,” sebutnya.

Baca Juga  Belum Memiliki e-KTP, Boleh Memilih di Pilkada Serentak 2018. Ini caranya

Disinggung pemasangan APK di jalan protocol, Ogi tak menampik jika di PKPU tidak ada aturan yang melarang. Meski demikian di dalam Perda Kabupaten Sumedang ada hal yang tidak boleh melakukan pemasangan APK di Jalan Protokol.

[DOWNLOAD JUKNIS FASILITASI APK DI SINI]

“Bahan kampanye seperti stiker, itu tidak boleh di jalan protocol, tapi untuk APK tidak ada larangan secara spesifik di PKPU. Terkait jalan protocol, nanti dikembalikan lagi ke Perda. aAa perda K3 yang tidak memperbolehkan pemasangan APK di Jalan Protokol. Tapi dari PKPU memang tdak ada larangan pemasangan APK di jalan protocol,” tutupnya. [fit]

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

BNNK Sumedang gelar Gowes Jabar Bersinar Juara Lahir Batin Menuju Indonesia Bersih Narkoba dimulai dari halaman Gedung Negara Kabupaten Sumedang, Rabu 26 Mei 2021.

Pilihan Redaksi

Pra HANI, BNNK Sumedang Gelar Gowes Jabar Bersinar Juara Lahir Batin Menuju Indonesia Bersih Narkoba
Agus Suyaman SH. MH., saat menunjukkan tanaman kangkung yang ditanamnya melalui sistem hidroponik.

Pilihan Redaksi

Makin Digemari Kalangan ASN Sumedang, Agus: Ingin Jadikan Jatigede Kampung Hidroponik
Jamal Hibatullah meraih emas pada Cabor Balap Sepeda Nomor pertandingan Pa - Criterium Putra.

Pilihan Redaksi

Keren, Hingga Hari Ini Jamal Sudah Koleksi 3 Emas untuk Sumedang

Pilihan Redaksi

Ciptakan kondusifitas jelang Pilkada serentak Polres gelar coffe morning

Pilihan Redaksi

Babinsa Ajak Warga Cipamekar Jaga Budaya Gotong Royong

Pilihan Redaksi

Ditinggal ke Bandung, Rumah Marni Hangus Terbakar
Ermi Triaji selaku Badan Pemenangan Pemilu DPW Partai Gelora Indonesia Provinsi Jawa Barat

Politik

Setahun Partai Gelora, Optimistis Raih Kursi di DPRD Pada Pemilihan Legislatif Mendatang

KABAR DARI GEDUNG NEGARA

Sambut HUT TNI ke-71, Kodim 0610/Sumedang gelar Upacara Ziarah Nasional