Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 24 Jan 2019 12:47 WIB ·

Nama Alun-alun Sumedang Utara Disoal Warga, Ini Tanggapan Camat

REPORTER: ADMIN | EDITOR: ADMIN

WHATSAPP IMAGE 2019-01-20 AT 16.50.42:

SUMEDANG.ONLINE — Nama Alun-Alun Sumedang Utara menjadi sebuah perdebatan di media social. Karen sebelumnya mereka mengetahui, alun-alun yang terletak di Kecamatan Sumedang Utara itu bernama Alun-Alun Tegalkalong. Nama Alun-alun Sumedang Utara diresmikan semasa Eka Setiawan berkuasa sebagai Bupati Sumedang.

“Tentang nama tersebut yang sekarang ada, memang membuat saya sendiri bingung dan bertanya sebagai warga yang tinggal di wilayah Kecamatan Sumedang Utara. Khususnya mengenai sejarah nama Tegalkalong, ini perlu diluruskan untuk semua masyarakat agar tahu riwayat dan sejarah. Menghormati pendiri, sesepuh yang dulu berjuang kan tidak salah?” kata Toni S Liman pada Sumedang Online.

Dia meyakini tidak hanya dirinya yang mempertanyakan terkait perubahan nama Tegalkalong menjadi Sumedang Utara tersebut. “Makanya koreksi ini perlu agar kedepan tidak ada kesalahan yang disengaja atau karena kepentingan tertentu,” tambahnya.

Baca Juga  Sarat Muatan Truk Pengangkut Besi Beton Terguling

Secara fungsi Alun-alun Kecamatan Sumedang Utara memang banyak manfaatnya sehingga warga Sumedang bisa menikmatinya dan bisa nongkrong yang lokasinya sangat strategis berdekatan dengan pusat perkotaan seperti Masjid Besar Tegalkalong, kantor kecamatan, sekolahan, pertokoan serta perkantoran.

Ketika ditanyakan Camat Sumedang Utara, Dikdik Seikh Rizki mengatakan bahwa nama Alun-alun Tegalkalong sebetulnya belum tuntas, baru 60 persen karena masih ada sisa pekerjaan 40 persen. Disinggung perubahan nama, menurut dia hal itu bukan kesengajaan tetapi ada miskomunikasi antara pihak kecamatan dengan pihak Dinas Perkim Kabupaten Sumedang.

Baca Juga  Kapolres Sumedang Bagikan Sembako

Dikdik memastikan pihaknya akan mengembalikan nama Alun-alun tersebut ke nama semula. “Tahun 2019 akan mengembalikan ke nama semula, hanya miskomunikasi saja. Tidak ada unsur kesengajaan,” ujar Dikdik.

Dikdik menampik jika alun-alun tersebut sudah diresmikan, meski begitu jejak digital menyebut pada saat Eka menjabat sebagai Bupati Sumedang telah meresmikan tiga proyek strategis yakni Sport Centre Cigugur, Jembatan Pasifik, dan Alun-alun Tegalkalong.

“Belum diresmikan karena belum selesai, jadi masyarakat jangan jadi suatu permasalahan yang sangat signifikan. Ini hanya miskomunikasi saja. Kegiatan ini juga belum selesai, insyaallah akan tuntas di 2020,” tambahnya. [iwan]

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 498 kali

Baca Lainnya

Pasca Insiden Unras, 135 Anggota Ormas GMBI Asal Sumedang Kena Sanksi Wajib Lapor

28 Januari 2022 - 17:58 WIB

Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto, saat memberikan arahan pada 135 anggota GMBI Sumedang di Mapolres Sumedang. Jumat, 28 Januari 2022.

Disparbudpora dan DPMPTSP Sosialisai OSS ke Pengelola ODTW di Sumedang

27 Januari 2022 - 17:25 WIB

Sebanyak 25 pengelola object daya tarik wisata (ODTW) di Kabupaten Sumedang mendapat sosialisasi Online Single Submission (OSS). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) dan DPMPTSP Kabupaten Sumedang di Objek Wisata Pangjugjugan Desa Cilembu Kecamatan Pamulihan. Kamis, 27 Januari 2021.

Truk Hilang Kendali Seruduk Kendaraan Lain di Kawasan Cimanggung

24 Januari 2022 - 22:43 WIB

Tabrakan beruntun terjadi di jalur Bandung-Garut tepatnya di kawasan Kecamatan Cimangung, Kabupaten Sumedang Jawa barat, sekira pukul 19.30. Senin, 24 Januari 2021.

Besok, Tol Cisumdawu Seksi 1 Mulai Dibuka

24 Januari 2022 - 22:32 WIB

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) Seksi 1 ruas Cileunyi-Pamulihan, Senin (24/1/022).

Satu Keluarga Tertimbun Longsor, Seorang Meninggal Dunia

22 Januari 2022 - 18:44 WIB

Satu keluarga tertimbun tanah saat longsor terjadi di Dusun Cukanggaleuh, Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sabtu, 22 Januari 2022.

Diduga Rem Blong, Truk Angkut Pasir Seruduk Bangunan SDN Cibeureum 4

20 Januari 2022 - 17:29 WIB

Sebuah Truk Angkut Pasir diduga rem blong sehingga harus menimpa ke sebuah ruangan Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 4 Desa Cibeureum kulon Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang.
Trending di SUMEDANG