Home / KESEHATAN / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Kamis, 25 April 2019 - 20:20 WIB

Ayo Donor Darah, PMI Sumedang Masih Kekurangan Trombosit A



SUMEDANG.ONLINE — Ketua Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sumedang, drg. Agus Seksarsyah Rasjidi, menyebutkan pihaknya masih kekurangan trombosit golongan darah A. Karena itu pihaknya mengimbau masyarakat Sumedang yang memiliki golongan darah tersebut untuk dapat mendonorkan darahnya secara rutin.

“Ini hanya imbauan bagi masyarakat umum saja, yang punya golongan darah A. Banyak masyarakat Sumedang saat mereka melakukan cuci darah, sangat memerlukan sekali darah dari golongan A,” kata Agus pada SUMEDANG ONLINE pada acara Seratus Tahun Memperingati Lingga di Alun-alun Sumedang, Kamis (25/4/2019).

Dari kegiatan yang digelar dari pagi hingga siang tadi, terkumpul sebanyak 64 labu darah dari berbagai golongan. Dikatakan Agus, untuk menjaga stock darah di PMI Sumedang pihaknya terus bekerja keras, dengan menggelar aksi donor darah massal. Bahkan dalam waktu dekat ini pihaknya bekerjasama dengan kalangan industry untuk donor darah.

Baca Juga  Sepakat Dukung Dony-Erwan Bukan Hanya Karena Teman, Tetapi …

Sementara itu menurut Kepala Markas PMI Sumedang, Drs. Deddy Setiadi kegiatan hari ini pun sebagai upaya pencegahan kekurangan darah memasuki bulan Ramadan. Berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, pedonor berkurang pada saat Puasa, padahal kebutuhan stock darah harus tetap terjaga.

“Kegiatan hari ini untuk nanti (stok) di Bulan Ramadan, karena biasanya kekurangan itu terjadi di Bulan Ramadan,” ungkap Deddy.

Baca Juga  Uu Ajak Masyarakat Jabar Jaga Ulama

Menurutnya, terjadinya fluktuasi menurunnya para pedonor salahsatu alasannya karena kebanyakan ummat muslim berpuasa, sehingga mereka tidak melaksana donor. “Kadang-kadang juga, kalau mereka mau donor, tidak memenuhi persyaratan,” tambahnya.

Donor sendiri bisa menjaga kesehatan karena secara tidak langsung kondisi kesehatan tubuh akan tercek. “Bagusnya sih dua sampai tiga bulan sekali bagi yang sehat. Terus bagi yang usianya di atas 55 tahun biasanya itu berkurang jadi bisa setahun 2 kali donor darahnya,” jelasnya. (fit)

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Masa Tenang, Kampanye di Medsos Terancam Pidana Pemilu

KABAR DARI GEDUNG NEGARA

Sambangi SKPD, Bupati Sumedang Monitoring Pelayanan Publik
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar Ridwan Kamil dalam jumpa pers di Gedung Pakuan, Kota Bandung. Jumat, 12 Juni 2020.

Nasional

Antisipasi Gelombang Kedua COVID-19 di Jabar

SUMEDANG

Angka 434, Dimata Pentogel
Sebanyak 13 anggota Polres Sumedang mengikuti kegiatan donor darah dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-75 Bhayangkara di Aula Wicaksana Laghawa, Mapolres Sumedang. Kamis, 24 Juni 2021.

SUMEDANG

Sambut Hari Bhayangkara Polres Sumedang Gelar Donor Darah

Pilihan Redaksi

Polres Sumedang Undang Kaum Milenial Bukber
Penerima Nasi Bungkus pada Program Gerakan Nasi Bungkus (Gasibu) di Desa Cibeureum Kulon, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang, terus mengalami penurunan jumlah. Hal itu lantaran adanya partisipasi warga yang turut memberikan bantuan pada warga yang membutuhkan.

SUMEDANG

Ada Donasi Warga, Jumlah Penerima Gasibu Cibeureum Kulon Terus Menurun
H. Idad Istidad, Ketua PC NU Kabupaten Sumedang usai acara Sosialisasi Kebijakan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) kepada Para Ulama dan Organisasi Keagamaan, Posko Gugus Tugas Pendopo IPP sumedang. Sabtu 30 Mei 2020.

Pilihan Redaksi

NU Sumedang: Salat Jumat Diperbolehkan dengan Catatan Ikuti Protokol Kesehatan