Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 29 Mar 2020 21:36 WIB ·

Anggota DPRD Sumedang Temukan Hand Sanitizer Not for Sale Dijual Bebas

REPORTER: ADMIN | EDITOR: ADMIN

WHATSAPP IMAGE 2020-03-29 AT 21.09.09 (2):

SUMEDANG.ONLINE, DPRD – Anggota Komisi III DPRD Sumedang, Ferry Budianto dibikin heran dengan adanya produk hand sanitizer not for sale yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan tetapi dijual bebas. Hand sanitizer yang tak disebutkan ukuran volumenya itu dijual dengan harga Rp27 ribu dengan kemasan botol bening.

“Saya mendapatkan informasi itu dari warga jika dia mengaku curiga dengan barang yang dibelinya itu. Dan esoknya setelah saya mendapatkan informasi itu, langsung coba membelinya dan ada tiggal satu produk lagi. Setelah saya teliti memang ada ada dua label. Label terakhir itu menutup tulisan not for sale,” ungkap Ferry saat dihubungi SUMEDANG ONLINE melalui sambungan telepon, Ahad, 29 Maret 2020.

Politisi PDI Perjuangan itu berharap dengan adanya penemuan produk hand sanitizer not for sale yang dijual bebas tersebut, Pemerintah perlu melakukan pengawasan yang ketat. Dia tak berharap bantuan yang diberikan pemerintah justru tak sampai pada masyarakat, lantaran dimanfaatkan oknum untuk meraup keuntungan pribadi. Padahal di sisi lain saat ini masyarakat tengah membutuhkan hand sanitizer seiring merebaknya virus Corona (Covid-19).

Baca Juga  Reaktivasi Rel KA, Zulkifly: Tidak Tahu Masyarakat Bereaksi

“Kemungkinan ada ‘kebocoran’ di atas, karena kok bisa sampai ada di pasaran dan dijual bebas. Ya, pasti banyak oknumlah, karena mungkin tidak terawasi satu persatu,” ungkap dia.

Mirisnya sebut dia, kejadian tersebut tak hanya terjadi di Sumedang saja tetapi terjadi dibeberapa wilayah. Hal itu setelah dirinya menemukan salahsatu akun yang menjual produk tersebut di marketplace ternama.

“Penyebarannya bukan hanya di Sumedang saja, ini ada dibeberapa wilayah. Yang di marketplace ternama itu saja bukan berasal dari Sumedang. Artinya untuk di Sumedang sendiri, untuk menyikapinya harusnya dinas terkait (yang terlibat). Dinas Kesehatan coba berkoordinasi dengan Kementerian atau misalkan dengan Dinas Kesehatan Provinsi. Apakah handsanitizer itu kapan bantuannya diberikan, apakah bulan kemarin, bulan sekarang. Kan kalau Dinas kan bisa mengecek lah ke Provinsi tanya, ini kapan ini dikeluarkan. Harusnya kan ini bantuan karena ada tulisan not for sale, tapi kenapa yang batuan gratisnya justru tidak ada nu jualnya aya,” bebernya.

Baca Juga  PBSI Sumedang Sukses Selenggarakan Kejuaraan Bulu Tangkis Open II 2021 Diikuti 657 Peserta

Bahkan dikatakan dia, pihaknya pun belum pernah melihat bentuk dan jenis dari handsanitzer tersebut.

Dirinya menghawatirkan dengan beredarnya handsanitizer not for sale tersebut justru nanti akan berimbas pada citra pemerintah, disangkanya bantuan tak tepat sasaran karena justru malah beredar di pasaran.

“Sedangkan sudah jelas ditulisnya juga tidak untuk dijual, itu masalahnya. Bocornya dimana? Ya pasti dari atas tidak mungkin dari bawah, karena tidak di wilayah Sumedang saja,” tandas dia. *FITRI*

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

Baca Lainnya

Satu Keluarga Tertimbun Longsor, Seorang Meninggal Dunia

22 Januari 2022 - 18:44 WIB

Satu keluarga tertimbun tanah saat longsor terjadi di Dusun Cukanggaleuh, Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sabtu, 22 Januari 2022.

Diduga Rem Blong, Truk Angkut Pasir Seruduk Bangunan SDN Cibeureum 4

20 Januari 2022 - 17:29 WIB

Sebuah Truk Angkut Pasir diduga rem blong sehingga harus menimpa ke sebuah ruangan Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 4 Desa Cibeureum kulon Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Resmikan Rumah Aman Simpati Adhyaksa di Kabupaten Sumedang

19 Januari 2022 - 21:40 WIB

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Peresmian "Rumah Aman Simpati Adhyaksa" di UPTD Balai Pelatihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Sumedang. Rabu, 19 Januari 2022.

Bupati Sumedang Minta Pengurus Baru dapat Memajukan IWAPI

19 Januari 2022 - 21:31 WIB

Pelantikan Ketua dan Dewan Pengurus Cabang IKatan Wanita Pengusaha Indonesia Kabupaten Sumedang Periode 2021-2026 dihadiri sekaligus memberikan sambutan dan pengarahan oleh Bupati Sumedang. Bertempat, di Gedung Negara Sumedang.

Keraton Sumedang Larang Imbau Ketum PDI Perjuang Berikan Sanksi Tegas pada Atreria Dahlan

19 Januari 2022 - 21:21 WIB

H.R.I Lukman Soemadisoeria selaku PYM Sri Radya Karaton SUmedang Larang saat menyampaikan sikap Keraton Sumedang Larang atas pernyataan Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Arteria Dahlan yang meminta Kajati Jabar untuk dipecat karena menggunakan bahasa Sunda.

Jelang Porprov XIV Jawa Barat, KONI Sumedang Gelar Evaluasi Program Kerja

18 Januari 2022 - 17:43 WIB

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sumedang menggelar kegiatan rapat kerja daerah (rakerda) yang dilaksanakan di Gedung Islamic Center, dihadiri jajaram pengurus Koni Sumedang dan perwakilan cabor yang berada dibawah Koni Kab Sumedang. Selasa (18/01/2022)
Trending di SUMEDANG