Menu

Mode Gelap

BISNIS · 25 Mar 2020 20:23 WIB ·

Jokowi Beri Kebijakan Penangguhan Cicilan, Ini Kata UMKM di Sumedang

REPORTER: ADMIN | EDITOR: ADMIN

Ketua Umum Asosiasi UMKM Kabupaten Sumedang, Titus Diah, saat memberikan sosialisasi berkaitan dengan virus Corona (Covid - 19) kepada para pelaku usaha di Desa Citaleus, Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang.

WHATSAPP IMAGE 2020-03-25 AT 19.56.08: Ketua Umum Asosiasi UMKM Kabupaten Sumedang, Titus Diah, saat memberikan sosialisasi berkaitan dengan virus Corona (Covid - 19) kepada para pelaku usaha di Desa Citaleus, Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang.

SUMEDANG.ONLINE, BUAHDUA – Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Sumedang menyambut baik kebijakan Presiden RI Joko Widodo yang memberikan kebijakan untuk menunda cicilan dan penurunan bunga kredit bagi pelaku UMKM, Usaha Kecil, Tukang Ojek, Sopir Taksi dan Nelayan.

“Ya alhamdulillah, kan merasa diringankan beban. Karena usaha mereka jadi melemah. Kan penghasilannya juga tidak maksimal. Terus produksi, ada yang sama sekali tidak produksi. Karena pasarnya juga tidak ada. UMKM merasa terbantu dengan kebijakan Pak Jokowi ini,” ujar Titus Diah selaku Ketua Umum Asosiasi UMKM Kabupaten Sumedang saat dihubungi SUMEDANG ONLINE, Rabu, 25 Maret 2020.

Baca Juga  Hingga Pukul 02.30 WIB Portal sscn.bkn.go.id Belum Bisa Diakses

Kemungkinan sebut dia, kebijakan penundaan cicilan itu akan berlaku untuk April 2020. Meski demikian pihaknya secara resmi belum mendapatkan surat edaran, baru hanya menyimak dari penyampaian Presiden RI saat berpidato.

“Sekarang mungkin per bulan April. Surat Edaran belum kita terima, tetapi kan Presiden sudah Pidato sudah menyampaikan bahwa yang terkait dengan kebijakan untuk pembayaran cicilan atau angsuran yang berkaitan dengan UMKM itu kan sementara diberikan keringanan tidak membayar. Artinya selama krisis kita itu. Jokowi memberikan kebijakan seperti itu. Hanya saja ibu sudah tahu. Hanya saja belum menerima Surat Edarannya, tapi perbankan juga sudah tahu,” jelas dia.

Baca Juga  2,2 Juta KPM Akan Terima Rastra Tahap Pertama 2018

Bahkan dikatakan Diah, pihaknya pun telah mendapatkan informasi dari Direktur bjb Sumedang yang memang akan melaksanakan imbauan tersebut.

“Kemarin Direktur bjb Sudah meyampaikan hanya berlaku untuk para pelaku usaha, termasuk leasing juga. Leasing juga diberikan kebijakan, jadi kita tidak bayar untuk cicilan angsuran. Hanya saya belum memegang surat edarnnya. Perbulan April tidak bayar dulu, tidak mengansur dulu. Mungkin semua, dana KUR yang berkaitan dengan BRI, BRI Syariah, hampir sarua. Karena ini kan imbauan langsung dari Presiden,” pungkas dia. *IWAN RAHMAT*

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 7 kali

Baca Lainnya

LSM GMBI Sumedang Gelar Capacity Building Digital Banking

30 Desember 2021 - 15:28 WIB

LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) menggelar kegiatan Capacity Building Digital Banking dalam Rangka Mendukung Gerakan Pemberdayaan Bidang UMKM, di Hotel Kencana Jaya Sumedang. Kamis, 30 Desember 2021.

Komunitas 67 UMKM Luncurkan Sumedang Larang Market Place

18 Desember 2021 - 16:40 WIB

Komunitas 67 UMKM bekerjasama dengan Keraton Sumedang Larang menggelar kegiatan acara Saremoni Sumedang Larang Market Place Sebagai Tonggak Digitalisasi Pasar bagi UMKM Sumedang

Wabup Sumedang Berharap Bumdes Tak Mematikan Usaha Masyarakat yang Sudah Ada

15 Desember 2021 - 18:49 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan berharap keberadaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) bisa menjadi salahsatu solusi untuk peningkatan perekonomian masyarakat.

Sertipikatkan Tanah Melalui Program Sertipikasi HAT Mandiri Lintas Sektor UMKM, Pemohon Mengaku Tak Persoalkan Biaya

31 Oktober 2021 - 15:29 WIB

Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir saat memberikan sambutan saat penyerahan 500 sertipikat tanah yang dibagikan pada para pelakum UMKM di Kabupaten Sumedang, di Gedung Negara, beberapa waktu lalu.

Sumedang Gelar UMKM Milenial Sumedang Naik Kelas

28 Oktober 2021 - 03:45 WIB

Pemerintah Kabupaten Sumedang bersama Yayasan Masyarakat Indonesia Emas dan Kementerian Koperasi UKM menggelar UMKM Milenial Sumedang Naik Kelas di Ruang Tampomas IPP Sumedang. Rabu, 27 Oktober 2021

Buka Festival Kopi Sumedang, Wabup: Bidik Ekspor ke Mancanegara

26 Oktober 2021 - 17:39 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan berharap kopi Sumedang makin terkenal bahkan bisa ekspor ke Manca Negara. Hal itu dikatakan Erwan saat membuka Festival Sumedang ke-3 di Kawasan Induk Pusat Pemerintahan Setda Sumedang. Selasa, 26 Oktober 2021.
Trending di Pilihan Redaksi