Home / Nasional / Pilihan Redaksi

Selasa, 8 September 2020 - 22:04 WIB

Covid-19 Meningkat, 5 Robot AUMR Dikirim ke Wisma Atlet dan Surabaya

Telkom University bersama PT Telkom Indonesia, mengirimkan lagi lima robot AUMR untuk Wisma Atlet dan ke Surabaya melalui BNPB, Selasa 8 September 2020.

ISTIMEWA ROBOT: Telkom University bersama PT Telkom Indonesia, mengirimkan lagi lima robot AUMR untuk Wisma Atlet dan ke Surabaya melalui BNPB, Selasa 8 September 2020.


BANDUNG, SO – Kasus Covid-19 di Indonesia, makin meningkat. Hingga Selasa sore 8 September 2020, jumlah kasus Covid-19 di Indonesia mencapai 196 ribu.

Menyikapi hal tersebut, Telkom University bersama PT Telkom Indonesia, mengirimkan lima robot Autonomous UVC Mobile Robot (AUMR) untuk Wisma Atlet dan ke Surabaya, melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

AUMR ini, merupakan inovasi karya Telkom University bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Alat ini, dapat dimanfaatkan untuk desinfeksi dan sterilisasi pada ruang Isolasi pasien positif Covid-19, tanpa campur tangan manusia secara langsung.

Penyerahan AUMR ini berlangsung di Bandung Techno Park (BTP) oleh Direktur Kerjasama Strategis dan Kantor Urusan Internasional Telkom University, Lia Yuldinawati S.T., M.M., bersama Direktur Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Telkom University Angga Rusdinar, Ph.D.

Baca Juga  Bagi Pelanggar Tertib Prokes, Bupati Sumedang: Langsung Sanksi Berat

Tim BNPB yang turut hadir, diantaranya Dennis selaku Staf Dit. Direktorat Dukungan Sumber Daya Darurat, Giano Pratama selaku Staf Dit. Direktorat Dukungan Sumber Daya Darurat, Saliman selaku Staf Biro Umum dan SDM dan Febi Rialdi dari Staf TU Kedeputian Bidang Penanganan Darurat.

Kelima AUMR itu, akan digunakan di Wisma Atlet Jakarta serta akan dikirimkan juga ke Surabaya. Hingga saat ini, total sudah ada 6 robot AUMR yang diserahkan kepada BNPB sejak bulan Juni lalu.

Baca Juga  Rentan Terpapar, Purwakarta Luncurkan Sentra Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia

Lia Yuldinawati menyampaikan, kedepan, AUMR akan terus dikembangkan untuk beberapa fungsi dan akan terus ditambah sesuai permintaan. Dimana, AUMR merupakan sebuah inovasi yang Tel-U hadirkan untuk membantu masalah pandemi Covid-19 yang saat ini sedang dihadapai oleh dunia.

“Dalam menghadapi masalah yang terjadi saat ini, kerjasama antara perguruan tinggi dengan industry dalam menghasilkan inovasi sangat diperlukan, ini merupakan bentuk komitmen bersama dalam berkontribusi bagi bangsa,” ucapnya. ***

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Kepala Badan Pertanahan Nasional Agraria dan Tata Ruang (BPN/ATR), Agus Sumiarsa

Pilihan Redaksi

BPN Sumedang Targetkan Permasalahan Tanah Tol Cisumdawu dapat Kelar Maret 2021

Pilihan Redaksi

Peringati HPN, Wabup Sumedang Sebut Peran Media Sangat Penting
Ketua PMI Sumedang, drg. Agus Seksarsyah Rasjidi

Pilihan Redaksi

Pantau Stok Darah, PMI Sumedang Akan Kembangkan Sistem Aplikasi

Pilihan Redaksi

Anak Hilang Ditemukan Meninggal Masuk Sumur

Pilihan Redaksi

Perpres 82 Tahun 2018 sempurnakan Payung Hukum JKN-KIS

DAERAH

Ketua Hiwapa Tantang KPK Berani Usut Dugaan Kasus Pasar Sandang Sumedang

Pilihan Redaksi

PCNU Sumedang gelar dzikir dan doa bersama untuk etnis Rohingya

JATINANGOR

Inalillahi, bayi 9 bulan ditemukan tewas di kandang ayam