Home / SUMEDANG

Selasa, 8 September 2020 - 17:14 WIB

Pembangunan TPS 3R di Cimarias Sempat Ditolak Warga

Sejumlah pekerja tengah membangun TPS 3R di Dusun Sukaherang RT 07 RW 01 Desa Cimarias Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang, Selasa 8 September 2020.

IWAN RAHMAT/SUMEDANGONLINE BANGUN: Sejumlah pekerja tengah membangun TPS 3R di Dusun Sukaherang RT 07 RW 01 Desa Cimarias Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang, Selasa 8 September 2020.


SUMEDANG, SO – Masyarakat Desa Cimarias Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang, sempat menolak pembangunan TPS 3R atau Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce dan Recycle (mengurangi, menggunakan, daur ulang). Namun dengan adanya sosialisasi dan pemahaman yang tepat, pembangunan TPS 3R di Dusun Sukaherang RT 07 RW 01 Desa Cimarias itu, kini tengah berjalan.

“Pemahaman masyarakat, itu TPS katanya sama dengan TPA. Tetapi di sini, kita sudah adakan rempug atau sosialisasi dengan masyarakat di dua wilayah, RW 1 dan RW 2, alhamdulillah masyarakat bisa memahami,” kata  Ketua Kelompok Swadaya Masyarakat Ma’mur Desa Cimarias, Sutisna kepada reporter SUMEDANGONLINE, Selasa 8 September 2020.

Sutisna menjelaskan, pembangunan TPS 3R itu, mulai dibangun pada 3 Agustus 2020 lalu. Dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) pusat, sebesar Rp 600 juta dan dijadwalkan selama 90 hari kerja.

Baca Juga  Perangi Covid, Polres Sumedang Gelar Kampanye Penggunaan Masker

Disebutkan Sutisna, TPS 3R ini akan membantu masyarakat dalam penanggulangan sampah. Mengingat, masih banyaknya sampah yang berserakan juga di lingkungan warga.

“Ada yang dipaketin pakai dus, dibuang di jalan atau dibuang ke parit, sungai dan lain sebagainya. Jadi dengan adanya program TPS 3R, sangat membantu. Apalagi di sini kan ada 3R-nya, ini untuk mendaur ulang. Jadi bahan-bahan sampah yang tadinya tidak terpakai, contohnya seperti sisa-sisa makanan dan lain sebagainya, itu bisa didaur ulang menjadi pupuk organik,” tuturnya.

“Dan lebihnya itu, sampah plastiknya kita bisa press, kita buat seperti hiasan dan sebagainya. Keuntungan lainnya, itu residunya, akan diambil langsung oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) dibuang ke tempat pembuangan akhir,” tambahnya.

Baca Juga  Bupati Sumedang Ajak SKPD Melek Medsos

Sutisna menjelaskan, untuk pengelolaannya, sudah dibentuk KPP (Kelompok Penerima Pemanfaat). Dalam KPP itu, pihaknya melibatkan warga sekitar.

“Bila sudah berjalan, tenaganya pun ngambil dari masyarakat sekitar, khususnya di dusun satu meliputi RW 1 dan  RW 2,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Cimarias, Mamat Rohmat sangat menyambut baik pembangunan TPS 3R di desanya itu. Utamanya, dia mengucapkan rasa terima kasih kepada pemerintah pusat, karena telah menggelontorkan dana untuk pembangunan TPS 3R.

“Semoga pembangunan TPS 3R ini, betul-betul banyak manfaatnya untuk masyarakat Desa Cimarias, terutama untuk lingkungan agar selalu bersih. Dimana sampah yang tadinya sesuatu yang tidak berguna, dengan adanya TPS 3R ini, diharapkan sampah yang dipungut dari tiap rumah,  bisa jadi sesuatu yang betul-betul bermanfaat,” tutupnya. ***

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Wow, Sumedang Akan Didrop 45 Ribu Blanko KTP

Pilihan Redaksi

Peltu Agus Gantikan Pelda Aep Jadi Komandan Perwakilan Koramil Paseh

Pilihan Redaksi

Komplen Belum Ditanggapi Padahal Setiap Hujan, Jaling di Betulan Ranggon Kerap Banjir

SUMEDANG

Pelantikan Wabup Sumedang, Wabup: Akan Melaksanakan Tugas Bupati

Pilihan Redaksi

Reses Heri Ukasah, warga curhat infrastruktur

Pilihan Redaksi

Peserta casting “Film Last Sinden Mustika Kembang Sumedang”, harus mampu ngawih
DUA petugas dari PKM Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang usai melakukan penyemprotan di Balai Desa Sukamenak. Jumat, 17 April 2020.

SUMEDANG

#LawanCorona Sanitarian Minta Warga Taati Anjuran Pemerintah

Pilihan Redaksi

893 Titik KJA di Jatigede Ditertibkan, Satpol PP Pastikan Tak Ada Pertentangan Antara Perda dan PP