Dikirim Air Bersih dari Golkar, Warga Cisempur Rela Antre Sampai Malam

Warga Desa Cisempur Kecamatan Jatinangor tengah antre untuk mendapatkan air besih yang disalurkan Golkar Sumedang melalui Rumah Aspirasi Partai Golkar, Minggu 18 Oktober 2020.
ACENG SYARIF HIDAYATULLAH/SUMEDANGONLINE/SUMEDANGONLINE
Warga Desa Cisempur Kecamatan Jatinangor tengah antre untuk mendapatkan air besih yang disalurkan Golkar Sumedang melalui Rumah Aspirasi Partai Golkar, Minggu 18 Oktober 2020.

JATINANGOR, SUMEDANGONLINE — Partai Golkar Sumedang, menyalurkan bantuan air bersih bagi warga Desa Cisempur Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang yang mengalami krisis air bersih, Minggu 18 Oktober 2020.

Terpantau, puluhan warga Dusun Karasak Desa Cisempur tepatnya di RW 04 dan RW 10, rela untuk antre guna mendapatkan bantuan air bersih. Penyaluran air yang dimulai pukul 19.00 WIB dan selesai sekitar pukul 21.00 WIB itu berjalan lancar dan ikut dihadiri ketua RT dan RW dan juga pemerintahan desa setempat.

Asep Kurnia, anggota DPRD Kabupaten Sumedang dari Fraksi Partai Golkar mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima Rumah Aspirasi Partai Golkar, terjadi kekurangan air bersih di Desa Cisempur.

“Kita cepat tanggap dengan mendistribusikan bantuan menggunakan mobil tangki air yang berisi 5.000 liter,” ujarnya kepada SUMEDANGONLINE.

Akur –sapaan akrab– Asep Kurnia menuturkan, bantuan air itu sifatnya hanya sementara. Diluar itu, pihaknya dengan anggota DPRD lainnya, harus sudah memikirkan bagaimana mencari solusi jangka panjang dari krisis air yang masih saja terjadi.

Baca Juga  Disela Pengecekan Pos Penyekatan PPKM Darurat, Kapolres Sumedang Bagikan Sembako

“Jangan sampai apabila musim kemarau seperti ini kesulitan air terus dan pada saat musim hujan kena banjir,” tandasnya.

Kondisi ini, lanjut Akur, menjadi pekerjaan rumah (PR) dan kedepan harus menjadi prioritas.

“Apalagi sebentar lagi akan ada Perda terkait dengan kawasan Perkotaan Jatinangor dan diharapkan mampu mengatasi persoalan persoalan seperti ini,” tegasnya.

Pihaknya juga berharap, pemerintah daerah dapat membantu dengan segera mencarikan solusi terkait kesulitan air yang dialami masyarakat Desa Cisempur.

Baca Juga  Jelang BK Porprov XIV Jawa Barat, PSSI Askab Sumedang Temui Wabup Erwan

“Dimungkinkan desa yang lainnya, namun kebetulan ada dan yang baru masuk laporan ke Rumah Aspirasi Partai Golkar baru ini,” katanya.

Kedepan, pihaknya pun berharap agar bisa rutin membantu walaupun sifatnya sementara. Karena bukan ini yang diharapkan warga, tapi bagaimana jangka panjangnya.

“Selanjutnya kita harus carikan solusi. Di Fraksi Partai Golkar, tentu akan mengikhtiarkan dan cari solusi terbaik. Untuk jangka pendeknya kita harus membantu kebutuhan, minimal air tercukupi. Dan jangka panjangnya harus jadi prioritas agar warga bisa mendapatkan air yang memadai,” ungkapnya.

“Apapun solusinya, harus ditempuh. Pemerintah kan punya segalanya, dimana punya kemampuan dan anggaran dimana ada dinas terkait guna mencarikan solusi. Kita juga akan terus mengawal, sehingga kekurangan air yang selalu terjadi tiap tahun ini setidak-tidaknya bisa teratasi,” ungkapnya.

Baca Juga  Semarak Asian Games Harus Sampai Pelosok, Kemenpora Siapkan Kegiatan di Daerah

Akur menjelaskan, walaupun sudah ada beberapa titik di Desa Cisempur yang dibangun sumur bor, namun itu belum bisa menyentuh keseluruhan dan tetap masih kesulitan.

Sementara, warga Desa Cisempur, Ajang Adriana mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan air bersih itu.

“Rumah Aspirasi, Asep Kurnia, Partai Golkar cepat tanggap setelah mendapatkan informasi, mereka langsung kirimkan bantuan, dan warga sangat mengapresiasinya. Semoga saja kedepanya bisa dicarikan solusi, biar tidak terjadi lagi kekurangan air di musim kemarau dan tidak ada banjir lagi apabila dimusim penghujan,” pungkasnya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin menerima update terbaru dari SUMEDANGONLINE OK TIDAK