Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Rabu, 27 Januari 2021 - 22:05 WIB

Warga Sukaratu Swadaya Buka Jalan Tembus dari Kapunduhan ke Pantai Cibungur

Kepala Desa Sukaratu Sahya Sukarya Putra dan Camat Darmaraja saat turut membantu membuka jalan tembus dari Blok Kapunduhan ke Cibungur di Bendungan Jatigede.

SUMEDANGONLINE/FITRIYANI JALAN TEMBUS: Kepala Desa Sukaratu Sahya Sukarya Putra dan Camat Darmaraja saat turut membantu membuka jalan tembus dari Blok Kapunduhan ke Cibungur di Bendungan Jatigede.


DARMARAJA – Puluhan warga Desa Sukaratu, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang bergotong royong membuka jalan tembus dari Blok Kapunduhan ke Cibungur.

“Kenapa tidak menggunakan alat berat, karena memang medannya tidak begitu berat. Selain itu kita ingin menumbuhkembangkan pola gotong royong di masyarakat. Alhamdulillah mendapat respon positif, terbukti hari ini puluhan warga ikut meski kita ketahui saat ini di tengah pandemi dimana ekonomi masyarakat menurun. Tapi masyarakat begitu antusias untuk bergotongroyong,” ujar Sahya Sukarya Putra, selaku Kepala Desa Sukaratu. Rabu, 27 Januari 2021.

Menurut Sahya yang baru beberapa bulan dilantik jadi kepala desa mengatakan pengerjaan pembukaan jalan merupakan bagian dari visi misinya sewaktu pencalonan kepala desa, dimana dirinya ingin di wilayahnya tidak ada lagi jalan buntu.

Baca Juga  Komposisi Kepengurusan Baru DPW, Presiden PKS: Strategi Persiapan Pemenangan di Tahun 2024

“Salahsatu visi misi kami untuk membangun desa wisata. Dimana di Sukaratu ini ada istilah jalan buntu, maka kita berinisiatif membuat program jalan lingkar pantai yang menghubungkan Pantai Kapunduhan dan Cibungur,” ujar Sahya di Desa Sukaratu Kecamatan Darmaraja. Rabu, 27 Januari 2021.

Sahya sangat berharap dengan tak ada laginya jalan yang terputus akan berdampak pada sektor perekonomian. Karena tak terhambatnya proses transportasi dan distribusi barang maupun jasa.

Selain itu pembukaan jalan itu pun akan menunjang empat titik wilayah yang akan dikembangkan menjadi objek wisata baru di Desa Sukaratu.

“Memang kita memiliki empat titik wilayah yang mungkin ke depannya bisa dibidik sebagai tempat wisata. Pertama ada Pantai Bagelen, Cibungur, Kapunduhan dan Batununggul,” jelasnya.

Baca Juga  Pabrik Tahu Terbakar, Kerugian Miliaran Rupiah

Camat Darmaraja, Agus Sudjatmiko memberikan apresiasi terhadap animo masyarakat Desa Sukaratu yang secara swadaya membuka jalan baru. Dia berharap hal itu dapat ditiru oleh desa lainnya yang ada di Kecamatan Darmaraja dengan mengutamakan semangat gotong royong.

Pembukaan jalan baru itu pun menurut Agus, bisa berimbas pada sektor perekonomian di desa tersebut.

“Kalau akses jalan di bibir pantai itu sudah dibuka, selain diharapkan dapat meningkatkan pariwisata di Darmaraja. Saya yakin dengan pembukaan jalan ini secara ekonomi dapat terbantu. Dan diharapkan masyarakat juga memanfaatkan tanah untuk usaha,” ujar Agus. ***

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Lama Nunggu Buat e-KTP seorang Pengantre Pingsan

Pilihan Redaksi

Kunjungi Jatigede, Gubernur Jabar Berikan Bantuan Keuangan ke Sumedang
Sumedang Akan Gelar Festival Kopi #2

Pilihan Redaksi

Selama 2019, Angka Kemiskinan di Sumedang Turun 0,71 Persen

Pilihan Redaksi

Ini Tanggapan Bapaslon Sumedang Terkait Pemeriksaan Kesehatan

Pilihan Redaksi

Polres Sumedang Undang Kaum Milenial Bukber

Pilihan Redaksi

Ini hasil penelitian berkas administrasi calon anggota Panwaslu kecamatan se-kabupaten Sumedang
Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sumedang terkait dengan penyediaan APD untuk para tenaga medis di kabupaten Sumedang, Kamis (2/04/2020).

Pilihan Redaksi

[BREAKING NEWS] Stok Masker Bedah RSUD Sumedang Tersedia untuk Empat Hari Kedepan

Pilihan Redaksi

Fatayat NU Gelar Sosialisasi Manulife