Menu

Mode Gelap

SUMEDANG · 29 Apr 2021 14:31 WIB ·

SMAN Situraja Luncurkan Buku: Menak Bangsawan Sumedang

REPORTER: IWAN RAHMAT | EDITOR: FITRIYANI GUNAWAN

Wakil Bupati Sumedang saat menerima kunjungan Kepala SMA Negeri Situraja beserta jajaran, bertempat di ruang Kerja Wakil Bupati Sumedang. Senin, (22/03/2021).

ISTIMEWA AUDENSI: Wakil Bupati Sumedang saat menerima kunjungan Kepala SMA Negeri Situraja beserta jajaran, bertempat di ruang Kerja Wakil Bupati Sumedang. Senin, (22/03/2021).

SUMEDANG –  Chaeruddin Saleh selaku Kepala SMAN Situraja menyebutkan pihaknya berencana membuat buku dengan judul “Menak Bangsawan Sumedang dalam Sumedang Puseur Budaya Sunda”.

Buku tersebut dikatakan Chaeruddin sebagai kajian sosiologis antropologis terhadap peranan kehidupan masyarakat Kabupaten Sumedang. Buku  yang dibuat oleh SMAN Situraja, rencananya akan diterbitkan pada HUT SMAN Situraja yang bertepatan dengan Hari Jadi Sumedang pada  22 April 2021.

“Saya selaku Kepala Sekolah SMAN Situraja bersama Ibu Engkus Kusmayati, S.Pd selaku Guru Sejarah beserta tim lainnya. Kami memiliki tanggung jawab terhadap bidang akademik maupun non-akademik yang menjadi unsur utama bidang pendidikan. Kami pun selalu mengingat terutama dari latar belakang sejarah karena bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarahnya. Karena kami berasumsi selaku insan pendidikan untuk memberi wawasan tentang masa lalu sebagai gambaran dan kenyataan untuk membangun peradaban di masa depan,” ucap Chaeruddin Saleh saat meakukan audensi dengan Wakil Bupati Sumedang di ruangkerjanya. Senin, 22 Maret 2021.

Baca Juga  Pastikan Kebutuhan Dasar Terpenuhi, Bupati Sumedang Tinjau Posko Pengungsian Korban Longsor Cimanggung

Menanggapi hal itu, menurut Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan pihaknya menyambut baik dan memberikan apresiasi atas inisiatif rencana pembuatan buku tersebut. Disamping itu, Wakil Bupati juga memberikan beberapa saran revisi untuk judul buku agar lebih mencakup kesuluruhan mengenai rangkaian sejarah Sumedang.

Baca Juga  Puasa, Retribusi Parkir Sepi

“Saya berharap jangan hanya berupa buku saja, tapi dapat direalisasikan dengan digitalisasi dan kemas semenarik mungkin, baik dari sisi judul dan visualisasinya, sehingga dapat mengemas sejarah lokal dan buku ini bisa dijadikan referensi dalam lebih mengenal sejarah Sumedang,” ujar Wakil Bupati Sumedang. ***

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 13 kali

Baca Lainnya

Truk Hilang Kendali Seruduk Kendaraan Lain di Kawasan Cimanggung

24 Januari 2022 - 22:43 WIB

Tabrakan beruntun terjadi di jalur Bandung-Garut tepatnya di kawasan Kecamatan Cimangung, Kabupaten Sumedang Jawa barat, sekira pukul 19.30. Senin, 24 Januari 2021.

Besok, Tol Cisumdawu Seksi 1 Mulai Dibuka

24 Januari 2022 - 22:32 WIB

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) Seksi 1 ruas Cileunyi-Pamulihan, Senin (24/1/022).

Satu Keluarga Tertimbun Longsor, Seorang Meninggal Dunia

22 Januari 2022 - 18:44 WIB

Satu keluarga tertimbun tanah saat longsor terjadi di Dusun Cukanggaleuh, Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sabtu, 22 Januari 2022.

Diduga Rem Blong, Truk Angkut Pasir Seruduk Bangunan SDN Cibeureum 4

20 Januari 2022 - 17:29 WIB

Sebuah Truk Angkut Pasir diduga rem blong sehingga harus menimpa ke sebuah ruangan Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 4 Desa Cibeureum kulon Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Resmikan Rumah Aman Simpati Adhyaksa di Kabupaten Sumedang

19 Januari 2022 - 21:40 WIB

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Peresmian "Rumah Aman Simpati Adhyaksa" di UPTD Balai Pelatihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Sumedang. Rabu, 19 Januari 2022.

Bupati Sumedang Minta Pengurus Baru dapat Memajukan IWAPI

19 Januari 2022 - 21:31 WIB

Pelantikan Ketua dan Dewan Pengurus Cabang IKatan Wanita Pengusaha Indonesia Kabupaten Sumedang Periode 2021-2026 dihadiri sekaligus memberikan sambutan dan pengarahan oleh Bupati Sumedang. Bertempat, di Gedung Negara Sumedang.
Trending di SUMEDANG