Menu

Mode Gelap

SUMEDANG · 29 Apr 2021 14:31 WIB

SMAN Situraja Luncurkan Buku: Menak Bangsawan Sumedang

Reporter: IWAN RAHMAT | Editor: Fitriyani Gunawan


 Wakil Bupati Sumedang saat menerima kunjungan Kepala SMA Negeri Situraja beserta jajaran, bertempat di ruang Kerja Wakil Bupati Sumedang. Senin, (22/03/2021). Perbesar

Istimewa/SUMEDANG ONLINE
Wakil Bupati Sumedang saat menerima kunjungan Kepala SMA Negeri Situraja beserta jajaran, bertempat di ruang Kerja Wakil Bupati Sumedang. Senin, (22/03/2021).

SUMEDANG –  Chaeruddin Saleh selaku Kepala SMAN Situraja menyebutkan pihaknya berencana membuat buku dengan judul “Menak Bangsawan Sumedang dalam Sumedang Puseur Budaya Sunda”.

Buku tersebut dikatakan Chaeruddin sebagai kajian sosiologis antropologis terhadap peranan kehidupan masyarakat Kabupaten Sumedang. Buku  yang dibuat oleh SMAN Situraja, rencananya akan diterbitkan pada HUT SMAN Situraja yang bertepatan dengan Hari Jadi Sumedang pada  22 April 2021.

“Saya selaku Kepala Sekolah SMAN Situraja bersama Ibu Engkus Kusmayati, S.Pd selaku Guru Sejarah beserta tim lainnya. Kami memiliki tanggung jawab terhadap bidang akademik maupun non-akademik yang menjadi unsur utama bidang pendidikan. Kami pun selalu mengingat terutama dari latar belakang sejarah karena bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarahnya. Karena kami berasumsi selaku insan pendidikan untuk memberi wawasan tentang masa lalu sebagai gambaran dan kenyataan untuk membangun peradaban di masa depan,” ucap Chaeruddin Saleh saat meakukan audensi dengan Wakil Bupati Sumedang di ruangkerjanya. Senin, 22 Maret 2021.

Menanggapi hal itu, menurut Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan pihaknya menyambut baik dan memberikan apresiasi atas inisiatif rencana pembuatan buku tersebut. Disamping itu, Wakil Bupati juga memberikan beberapa saran revisi untuk judul buku agar lebih mencakup kesuluruhan mengenai rangkaian sejarah Sumedang.

“Saya berharap jangan hanya berupa buku saja, tapi dapat direalisasikan dengan digitalisasi dan kemas semenarik mungkin, baik dari sisi judul dan visualisasinya, sehingga dapat mengemas sejarah lokal dan buku ini bisa dijadikan referensi dalam lebih mengenal sejarah Sumedang,” ujar Wakil Bupati Sumedang. ***

Artikel ini telah dibaca 24 kali

Baca Lainnya

Pj Bupati Sumedang Apresiasi Capaian SAKIP Kecamatan Surian

12 Juli 2024 - 23:49 WIB

Pj Bupati Sumedang Yudia saat memberikan arahannya dalam Roadshow Pembinaan SAKIP Kecamatan Surian di Aula Kantor Kecamatan Surian, Jumat (12/7/2024).

Pj Bupati Sumedang Ingatkan Camat Surian Tingkatkan Pengawasan PBB

12 Juli 2024 - 23:46 WIB

Pj. Bupati Sumedang, Yudia Ramli pada acara Pembinaan SAKIP di Kecamatan Surian. Jumat, (12/7/2024).

Kabid Aset BKAD Sumedang Serahkan 9 Unit Motor Dinas Bertenaga Listrik

12 Juli 2024 - 14:12 WIB

Sumedang Sedang Bentuk Badan Riset dan Inovasi Daerah

5 Juli 2024 - 17:23 WIB

Pj. Sekda Sumedang, Tuti Ruswati saat melakukan monitoring Tanah dan Bangunan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Kantor BRIN Haurngombong, Kecamatan Pamulihan, Jumat (5/7/2024).

Atasi Kemiskinan, Sumedang Luncurkan Kartu TANGKIS

3 Juli 2024 - 21:09 WIB

Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang meluncurkan program inovatif bernama Kartu Tangkal Kemiskinan (TANGKIS) sebagai solusi penanganan miskin ekstrem di Sumedang. Peluncuran Kartu TANGKIS diawali dengan tapping kartu oleh Penjabat (Pj) Bupati Sumedang, Yudia Ramli didampingi Forkopimda di Saphire City Park (SACIPA). Rabu (3/7/2024).

Sumedang Terbitkan Edaran Larangan Judi Online

3 Juli 2024 - 21:07 WIB

Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli
Trending di SUMEDANG