Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 22 Jun 2021 14:32 WIB ·

Dimasa Pandemi BLK Sumedang Lakukan Pelatihan dengan Mobile Training

REPORTER: ACENG SYARIF HIDAYATULLAH | EDITOR: ACENG SYARIF HIDAYATULLAH

Peserta Pelatihan Mobile Training Unit Balai Latihan Kerja (BLK) pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumedang. Selasa, 22 Juni 2021.

IWAN RAHMAT/SO PESERTA PELATIHAN: Peserta Pelatihan Mobile Training Unit Balai Latihan Kerja (BLK) pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumedang. Selasa, 22 Juni 2021.

SUMEDANG – Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) tak menyurutkan bagi Balai Latihan Kerja (BLK) pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumedang untuk memberikan pelatihan pada warga Sumedang. Dengan sistem pelatihan mobile training unit, para narasumber berkompeten di bidangnya mendatangi masing-masing daerah untuk memberikan pelatihan.

“Hari ini pembukaan Pelatihan Mobile Training Unit. Pelatihan dengan pola, BLK yang turun ke masing-masing daerah,” ujar Irma Dwi Agustin selaku Kepala UPTD Balai Pelatihan pada SUMEDANG ONLINE. Selasa, 22 Juni 2021.

Dikatakan Irma, ada tujuh mobile training yang bisa diikuti oleh warga Sumedang, yakni Budidaya ikan nila, budidaya jamur tiram, las, servis motor injeksi, roti dan kue.

Baca Juga  Ini Cara Politisi Demokrat dan Forkopimcam Pamulihan, Antisipasi Covid-19

Lanjutnya untuk pelatihan hari ini yakni budidaya ikan lele dari balai benih Dinas Perikanan dan Peternakan. Para peserta mendapatkan pelatihan seputar budidaya ikan. Ada juga pelatihan jamur tiram di Desa Ciwalur, Babakan Asem. Pelatihan motor injeksi di Ciakar, dan pelatihan las, serta pembuatan roti dan kue.

Karena pelatihan dilakukan di masa pandemi Covid-19 dia memastikan para peserta dan narasumber tetap menjaga protokol kesehatan, salahsatunya menggelar pelatihan di tempat terbuka.

“Pelatihannya (selama) 20 hari tentunya dengan menjaga Prokes. Dimana diusahakan pelatihannya di tempat terbuka. Seperti di BBI sehingga walaupun ada kegiatan pelatihan tetap menjaga prokes untuk memutus rantai covid-19,” tandas Irma.

Baca Juga  Dinsos P3A Gelar Evaluasi Bansos Rastra

Dia pun memastikan, semua Narasumber berkompeten dibidangnya masing-masing. Seperti untuk pelatihan jamur tiram pihaknya merekrut dari SMK Tanjungsari. “Setiap Paket Pelatihan diisi 16 orang dan semuanya ada 7 Paket pada gelombang kedua. Platihan ini berbasis kewirausahaan sesuai dengan misi ekonomi kreatif Sumedang Simpati dengan harapan adanya pelatihan ini masyarakat punya kompetensi guna berwira usaha. Kedepannya kami akan mendatangkan para Buyer langsung supaya bisa terus bersambung setelah pelatihan jadi sesuai keinginan dipasaran,” demikian Irma. ***

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 21 kali

Baca Lainnya

Satu Keluarga Tertimbun Longsor, Seorang Meninggal Dunia

22 Januari 2022 - 18:44 WIB

Satu keluarga tertimbun tanah saat longsor terjadi di Dusun Cukanggaleuh, Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sabtu, 22 Januari 2022.

Diduga Rem Blong, Truk Angkut Pasir Seruduk Bangunan SDN Cibeureum 4

20 Januari 2022 - 17:29 WIB

Sebuah Truk Angkut Pasir diduga rem blong sehingga harus menimpa ke sebuah ruangan Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 4 Desa Cibeureum kulon Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Resmikan Rumah Aman Simpati Adhyaksa di Kabupaten Sumedang

19 Januari 2022 - 21:40 WIB

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Peresmian "Rumah Aman Simpati Adhyaksa" di UPTD Balai Pelatihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Sumedang. Rabu, 19 Januari 2022.

Bupati Sumedang Minta Pengurus Baru dapat Memajukan IWAPI

19 Januari 2022 - 21:31 WIB

Pelantikan Ketua dan Dewan Pengurus Cabang IKatan Wanita Pengusaha Indonesia Kabupaten Sumedang Periode 2021-2026 dihadiri sekaligus memberikan sambutan dan pengarahan oleh Bupati Sumedang. Bertempat, di Gedung Negara Sumedang.

Keraton Sumedang Larang Imbau Ketum PDI Perjuang Berikan Sanksi Tegas pada Atreria Dahlan

19 Januari 2022 - 21:21 WIB

H.R.I Lukman Soemadisoeria selaku PYM Sri Radya Karaton SUmedang Larang saat menyampaikan sikap Keraton Sumedang Larang atas pernyataan Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Arteria Dahlan yang meminta Kajati Jabar untuk dipecat karena menggunakan bahasa Sunda.

Jelang Porprov XIV Jawa Barat, KONI Sumedang Gelar Evaluasi Program Kerja

18 Januari 2022 - 17:43 WIB

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sumedang menggelar kegiatan rapat kerja daerah (rakerda) yang dilaksanakan di Gedung Islamic Center, dihadiri jajaram pengurus Koni Sumedang dan perwakilan cabor yang berada dibawah Koni Kab Sumedang. Selasa (18/01/2022)
Trending di SUMEDANG