Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir saat dirinya bersama dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Walikota Bogor, Bima Arya melakukan pertemua dengan Gubernur Tokyo Koike Yuriko. Jumat 3 Maret 2023.

sumedangkab/SUMEDANG ONLINE

Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir saat dirinya bersama dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Walikota Bogor, Bima Arya melakukan pertemua dengan Gubernur Tokyo Koike Yuriko. Jumat 3 Maret 2023.

Bertemu Gubernur Tokyo Koike Yuriko, Sumedang Tawarkan Kembangkan Sektor Wisata

SUMEDANGONLINE – Agar sektor wisata kembali bangkit pasca pandemi Covid-19, Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir membuka peluang kerjasama dengan pemerintah Tokyo.

Hal itu disampaikan Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir saat dirinya bersama dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Walikota Bogor, Bima Arya melakukan pertemua dengan Gubernur Tokyo Koike Yuriko. Jumat 3 Maret 2023.

Pada kesempatan tersebut juga Bupati Sumedang menegaskan bahwa kerja sama di bidang perdagangan, khususnya UMKM akan terus ditingkatkan dan diimbangi dengan produk-produk yang baik.

“UMKM tetap akan menjadi perhatian kami. Ini juga akan dikerjasamakan, karena UMKM harus meningkat dan harus diimbangi oleh kualitas produk masing-masing, baik itu dari Indonesia ataupun Jepang,” ujarnya.

Bupati Sumedang juga mendapatkan simpulan bahwa Pemerintah Daerah harus memperhatikan prospek ekonomi dan risiko yang dihadapi.

“Kami juga harus lakukan normalisasi kebijakan dan mempertimbangkan dampak jangka panjang pandemi, serta memperkuat stabilitas sektor keuangan untuk mendorong pemulihan ekonomi yang inklusif dan bekelanjutan,” katanya.

Gubernur Tokyo Koike Yuriko mengingatkan mengenai empat pilar IPEF (Indo Pacific Economy Framework) yakni trade , supply chain, dan clean economy yang harus dipenuhi dalam kerja sama perdagangan.

“Diharapkan empat pilar ini menjadi kerangka yang kuat untuk menyeimbangkan antara supply chain dan investasi agar lebih adil dan memberikan keuntungan bagi negara-negara anggotanya yang merupakan kerangka kerja sama yang sangat penting bagi Indonesia,” ujarnya.

Menurutnya, kawasan Indo Pasifik merupakan kawasan strategis dalam perekonomian dan keamanan global. “Hal ini menarik Amerika Serikat dan Uni Eropa untuk memperkuat hubungan mereka dengan kawasan ini,” katanya. ***