Menu

Mode Gelap

SUMEDANG · 13 Jul 2023 19:59 WIB ·

Lima Belas Desa di Sumedang Dapat Bantuan DAK 2023 untuk Sanitasi

Reporter: IWAN RAHMAT | Editor: Fitriyani Gunawan


 Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan saat membuka Sosialisasi Program DAK Penugasan Bidang Sanitasi Tahun Anggaran 2023 di Sapphire City Park, Rancamulya, Kamis (13/7/2023). Perbesar

Iwan Rahmat via Humas/SUMEDANG ONLINE
Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan saat membuka Sosialisasi Program DAK Penugasan Bidang Sanitasi Tahun Anggaran 2023 di Sapphire City Park, Rancamulya, Kamis (13/7/2023).

SUMEDANG – Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan membuka kegiatan Sosialisasi Program DAK (Dana Alokasi Khusus) Penugasan Bidang Sanitasi Tahun Anggaran 2023 di Sapphire City Park, Rancamulya, Kamis (13/7/2023).

Dalam kesempatan tersebut dia mengatakan, kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat menjadi salah satu perhatian pemerintah. Terbukti pada Tahun 2023, Kabupaten Sumedang mendapatkan bantuan program dari DAK (Dana Alokasi Khusus) Bidang Sanitasi untuk 15 desa.

“Kelima belas desa itu yakni Desa Cimanintin, Cimungkal, Cipeundeuy, Karedok, Cintajaya, Kamal, Tanjungmedar, Licin, Citimun, Nanggerang, Pamulihan, Cigendel, Pasir Biru, Suryamukti dan Wanajaya,” kata Wabup Sumedang.

Ia menambahkan, desa penerima bantuan tersebut adalah daerah prioritas dengan kategori tertentu.

“Penerima manfaat adalah wilayah yang berada di lokasi desa ODF, desa yang masuk lokasi prioritas kabupaten/kota stunting rencana Bangda dan e-PPGBM serta desa yang masuk ke dalam lokasi prioritas penuntasan kemiskinan ekstrem,” ucapnya.

Wabup menerangkan, total DAK Bidang Sanitasi Tahun 2023 senilai Rp 7,775 miliar untuk pembangunan jamban dan tangki septik individual dengan layanan minimal 50 KK per desa.

“Jelas ini akan memberikan dampak pada peningkatan kualitas lingkungan dan kesehatan masyarakat, serta berdampak positif berupa peningkatan produktifitas masyarakat,” ujarnya.

Ia mengingatkan agar bantuan tersebut harus digunakan secara tepat sasaran, tepat manfaat, tepat waktu dan tepat mutu guna memberikan akses sanitasi yang layak dengan memperhatikan kualitas sesuai aturan.

“Saya berpesan agar transparan, akuntabel dan partisipatif bersama-sama dengan masyarakat, senantiasa melaksanakan pengawasan monitoring dan evaluasi secara berkala agar hasil yang hendak dicapai bisa sesuai harapan program DAK bidang sanitasi,” pesannya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perkimtan Kabupaten Sumedang Agus Kori Hidayat berharap kegiatan tersebut dapat turut menurunkan stunting, dimana Pemerintah Daerah sedang menggalakan Sumedang new zero stunting.

“Tidak ada lagi stunting baru di Kabupaten Sumedang. Salah satunya yang di dorong Dinas Perkimtan yaitu sanitasi. Kita akan melaksanakan kegiatan yang tersebar di 15 desa di Kabupaten Sumedang,” tuturnya.

“Mudah-mudahan ini bisa memberikan kontribusi positif dalam rangka memberikan lingkungan yang bersih dan masyarakat menjadi lebih sehat,” imbuhnya. ***

Artikel ini telah dibaca 1 kali

Baca Lainnya

Ayi: Baznas Sumedang Masih Terima Titipan Hewan Kurban

13 Juni 2024 - 18:17 WIB

Ketua Baznas Kabupaten Sumedang H. Ayi Subhan Hafas

Kemenag Sumedang Kembangkan Kampung Moderasi Beragama

13 Juni 2024 - 13:37 WIB

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang menggelar Rapat Koordinasi Pengembangan Kampung Moderasi Beragama di KabupatenSumedangTahun 2024 di Aula Gedung Sarana Penunjang Pendidikan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang. Kamis, 13 Juni 2024.

Baznas dan PWRI Sumedang Luncurkan Progam Z-Smart

13 Juni 2024 - 13:29 WIB

PWRI dengan Baznas Kabupaten Sumedang meluncorkan program Z-Smart (Spiritial Motivation Fun Integrated) Pengajian Terpadu Riang Gembira di Aula Baznas Kabupaten Sumedang. Kamis, 13 Juni 2024.

Jelang Idul Adha, Baznas Sumedang Luncurkan Program Kurban Online

12 Juni 2024 - 20:24 WIB

Baznas Kabupaten Sumedang Kembali meluncurkan program kurban online jelang Idul Adha 1445 H.

Pj Bupati Sumedang Minta DPMPTSP Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

12 Juni 2024 - 19:54 WIB

Yudia Ramli selaku Pj Bupati Suedang saat melakukan monitoring sekaligus silaturahmi ke DPMPTSP Kabupaten Sumedang. Rabu (12/5/2024).

Kadinsos Sumedang Hadiri Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional

11 Juni 2024 - 19:28 WIB

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumedang menghadiri Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 2024 dengan tema "Lansia Sehat, Terawat, Mandiri dan Produktif" di Halaman Yayasan Handjuang Mekar Indonesia Dusun Ujungjaya Kecamatan Ujungjaya Kabupaten Sumedang. Selasa, 11 Juni 2024.
Trending di SUMEDANG