Home / ARSIP

Kamis, 28 April 2011 - 17:23 WIB

LOMBA APRESIASI SENI BAHASA DAN SASTRA SUNDA



Seorang Siswa SD tengah Mengikuti Lomba Apresiasi Seni Bahasa dan Sastra Sunda.

KOTA, Sejumlah 234 Seniman Sekolah Dasar dari 26 Kecamatan se-kabupaten Sumedang, mengikuti kegiatan Apresiasi Seni Bahasa dan Sastra Sunda, yang diselenggaraan Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, hal itu dikatakan Ence Hidayat selaku Ketua Panitia Lomba di SDN Panyingkiran, Kecamatan Sumedang Utara, Kamis (28/04) siang.

ayeuna hari terakhir kegiatan Apresiasi Seni Bahasa dan Sastra, tujuannya memilih atlet – atlet untuk dilombakan ditingkat provinsi sekaligus pelajaran bahasa dan sastra, jadi sejauhmana guru menyampaikan dan siswa mampu menyerapnya”, ungkapnya.

Baca Juga  Sumedang HET PARADIJS VAN JAVA

Ence menekankan bahwa meskipun judulnya apresiasi seni dan bahasa namun didalamnya terdapat beberapa kategori lomba seperti cipta puisi, cipta lagu dan melukis, sementara untuk sastranya ia menyebutkan kategori biantara (pidato bahasa sunda,red.), sajak, aksara sunda, dongeng bahasa sunda, dan pupuh.

Menurutnya pada tahun – tahun sebelumnya sumedang untuk tingkat provinsi diperhitungkan dalam apresiasi seni, “insyaallah, tahun kemarin juga banyak yang juara, jadi tidak muluk – muluk, jadi sekarang pengawas yang membina melalui gurunya”, jelasnya.

Baca Juga  FLS2N Menggugah Kembali Batik Sumedang

Sementara itu Kepala SDN Sukamulya Kecamatan Sumedang Utara Amir, mengaku bangga dengan adanya kegiatan tersebut apalagi di dalamnya terdapat apresiasi sastra sunda, hal tersebut menurutnya dapat ngamumule bahasa sunda.

“ini kegiatan sangat bagus untuk ngamumule bahasa sunda, sesuai dengan Sumedang sebagai puseur budaya, karena kitakan sudah hampir lupa dengan bahasa sunda”, ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut SDN Sukamulya mengirimkan utusan untuk Membaca dan Menulis Aksara Sunda. Ia sangat berharap budaya Sunda disekolah terus dipacu untuk diterapkan agar cirri khas orang Sunda dapat dimiliki kembali.**

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

ARSIP

Bermain di jual beli tanah yang akan dibebaskan

ARSIP

Jimat dipanggil Sang Khalik

ARSIP

Monumen Lingga Dicorat – coret Tangan Jahil

ARSIP

Latihan Paskibra, Pake Masker

ARSIP

Koramil 1010 Darmaraja Sebar 800 Pohon

ARSIP

Prof.Dr.Ir. Mohammad Sadli

ARSIP

5000 Peserta Meriahkan 1 Muharam 1432 H

ARSIP

Warga Memberikan 8 Meter Tanah untuk Pengalihan Jalur Eba