Home / PENDIDIKAN

Sabtu, 7 Mei 2011 - 22:30 WIB

ANGGARAN PENDIDIKAN NAIK 20 PERSEN, PERLU PENGAWASAN



Nurhasan Zaidi, S.Sos.I

NAIK : Anggaran Pendidikan Nasional Menurut Nurhasan Zaidi, S.Sos.I, Naik Menjadi 20 Persen, Perlu Mendapatkan Pengawasan. Foto: sumedangonline

CIMALAKA, Dengan naiknya anggaran pendidikan dari semula 16 persen menjadi 20 persen perlu adanya pengawasan dari masyarakat. Anggarapan untuk pendidikan berdasarkan amanat undang – undang dasar naik menjadi 20 persen dari total Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) keseluruhan senilai Rp 1.200 Triliun atau sekira Rp 240 Triliun, dari jumlah tersebut 7 persen diantaranya untuk gaji guru, hal itu dikemukakan Nurhasan Zaidi, S.Sos.I, saat kunjungan kerja ke Kabupaten Sumedang.

Baca Juga  IM3 Konsen Bidik Anak Muda

“diharapkan dengan adanya anggaran 20 persen ini adanya perubahan – perubahan pendidikan di Indonesia, jika dihitung dengan rupiah itu hampir Rp 240 Triliun”, ungkapnya dihadapan kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS), alim – ulama, dan tokoh masyarakat sumedang, yang hadir di RM Joglo, Sabtu (07/05) siang tadi.

Anggaran sejumlah tersebut, menurut pria yang sering disapa ustdz. Dede itu, terbagi dalam 16 kementerian, dan yang terbesar senilai Rp 55 Trilun ada di Kementerian Pendidikan Nasional.

“memang yang terbesar kurang lebih Rp 55 triliun ada di kementerian pendidikan nasional, di kementerian agama lebih kurang 27 Trilun, sisanya dana BOS, DAK dan tersebar di 14 kementerian yang lain, seperti kementerian dalam negeri punya IPDN, kementerian kesehatan punya sekolah kesehatan. Dan jangan lupa dari anggaran pendidikan yang luar biasa ini, 7 persen diantaranya untuk gaji guru dan pns”, paparnya.

Baca Juga  Ciptakan COMET, Mahasiswa IPB Juara Lomba Pekan Nasional Perubahan Iklim 2017

Anggaran yang luar biasa tersebut baru dapat terealisasi pada priode kedua Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, pada periode pertama, menurutnya, kenaikan anggaran secara bertahap, dari sembilan hingga 16 persen.

Ia, mengharapkan dengan naiknya anggaran pendidikan, perlu adanya peran dari masyarakat untuk turut serta mengawasi.(*)

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

PENDIDIKAN

Hadi Prabowo Jadi Lulusan Terbaik S2 IPDN 2019

PENDIDIKAN

Keren, Pelajar Indonesia Raih Emas Olimpiade Matematika

PENDIDIKAN

Siswa SMPN 1 Cimalaka Belajar Tata Cara Sidang di DPR RI

PENDIDIKAN

Forum Perangkat Daerah, Komisi 3 Beri Catatan Disdik Sumedang

PENDIDIKAN

Pertajam jiwa patriotisme, praja IPDN Jiarahi makam proklamator
Peserta PKW yang digelar PKBM Actual Sejahtera Kabupaten Sumedang menunjukkan sertifikat tanda lulus disela penutupan acara, Rabu (4/10).

PENDIDIKAN

PKW di PKBM Actual Sejahtera Ditutup, Sumedang Miliki Puluhan Wirausahawan Baru

PENDIDIKAN

Dosen IPB manfaatkan jamur laut untuk meningkatkan produktivitas udang vaname

PENDIDIKAN

Apresiasi Juara O2SN Disdik Sumedang Berikan Kadeudeuh