Home / ARSIP

Rabu, 11 Mei 2011 - 00:43 WIB

Proyek Geotermal Tetap Dibangun



Ilustrasi

Meski mendapat penolakan dari warga, proyek geotermal (panas bumi) di lereng Gunung Tampomas, wilayah Kecamatan Buahdua, Kab. Sumedang tetap berlanjut.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun “GM”, Selasa (10/5), penolakan warga atas proyek geotermal, karena lokasi eksplorasinya berdekatan dengan permukiman.

Warga khawatir eksplorasi geotermal dengan kedalaman mencapai 2.000 meter itu dapat mengancam keselamatan mereka. “Di lapangan masih ada kendala. Karena masih terjadi pro dan kontra dari masyarakat yang berada di sekitar lokasi eksplorasi,” kata Kepala Bidang Pertambangan Dinas Sumber Daya Energi dan Pertambangan Kab. Sumedang, Ir. Apep Koharudin, M.Si.

Baca Juga  KONTES DOMBA DI HPDKI DARMARAJA

Menurutnya, menyikapi penolakan sebagian warga atas proyek geotermal, pihaknya tengah berusaha untuk mencari solusi yang terbaik. “Kelanjutan proyek ini masih dalam pengkajian ulang dan pembahasan secara geologi. Oleh sebab itu, jika berdasarkan kajian nanti, titik eksplorasi dapat digeser, maka tidak menutup kemungkinan titik yang sudah ditetapkan sekarang, akan dipindahkan,” ujarnya.

Baca Juga  Rp 2,8 T Bebaskan Lahan Tol

Ia mengatakan, sesuai rencana sampai 2012 sudah dilakukan eksplorasi sebanyak dua lubang. Dengan kapasitas listrik yang dihasilkan mencapai 40 megawatt (MW).

“Untuk tahap awal, kapasitas listrik yang dapat dihasilkan dari pemanfaatan panas bumi di lereng Gunung Tampomas ini mencapai 40 MW,” tandasnya seraya menyebutkan, pihaknya optimis permasalahan di lapangan, terutama yang berkaitan dengan penolakan warga atas pelaksanaan proyek tersebut dapat segera diselesaikan. (B.108/klik-galamedia.com)**

source : klik-galamedia.com

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

ARSIP

WABUP TAUFIK DI SENSUS PERTAMA

ARSIP

SUKATALI KURANG PJU

ARSIP

POKTAN MINA HARAPAN DAPAT BANTUAN ADB

ARSIP

8 Ribu KK Korban Jatigede menuntut dimukimkan

ARSIP

ANEU JUARA PAVORITE PILIHAN PEMIRSA SUMEKS

ARSIP

Deni Tanrus : Sosialisasi dampak Ledakan dan Gempa

ARSIP

AKSI CURANMOR DIGAGALKAN MASA

ARSIP

Jatigede Jadi, PDAM Kehilangan Asset 2 M