Home / SUMEDANG

Selasa, 31 Januari 2012 - 22:10 WIB

Buat Akta Kelahiran, Kudu Pake Penetapan Pengadilan



ilustrasi

ilustrasi

DISDUKCAPIL-Untuk memiliki akta kelahiran bagi Warga Negara Indonesia yang usianya di atas satu tahun, mulai Januari 2012 harus terlebih dahulu mendapatkan penetapan Pengadilan sesuai dengan undang-undang nomor 23 tahun 2006.
“Yang usianya melebihi satu tahun, dan belum punya akta kelahiran maka sejak 1 Januari 2012 yang lalu harus terlebih dahulu mendapatkan penetapan pengadilan, namun demikian yang harus dipahami kenapa harus kepengadilan itu adalah sebuah denda kelalaian, artinya dia, mereka, dianggap sudah tahu bahwa setiap anak baru lahir maksimal usia 60 hari harus sudah lebih dahulu diaktakan, ini sudah lebih dari satu tahun, maka itu diartikan lalai,” ungkap Kepala Dinas Kependudukan, Transmigrasi dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang H Dadi Muhtadi, kepada Sumedangonline.com di kantornya, Senin (30/1).
Dikatakannya, jika masyarakat memohon ke pengadilan untuk mendapatkan penetapan, menurut informasi yang diterima Disdukcapil Sumedang, masyarakat harus merogoh kocek senilai Rp 250 ribu yang disetorkan ke kas negara.
“Berdasarkan informasi biaya yang harus terlebih dahulu disetor ke kas negara, atau rekening pengadilan itu Rp 250 ribu, angka Rp 250 ribu untuk hanya untuk mendapatkan penetapan pengadilan,” lanjutnya.
Disebutkannya, Disduk hanya dapat memproses dan menerbitkan akta kelahiran jika semua persyaratan telah ditempuh termasuk surat penetapan pengadilan.(ERKS-IWR)

Baca Juga  132 Petugas Penelusur Pajak Ranmor Mulai Bergerak Datangi Rumah
Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Malu ketahuan cabul, pria ini nekat gandir
Untuk meringankan beban perekonomian di masa pandemi Covid-19, Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir, memberikan bantuan sosial kepada salah satu anak yatim piatu yang tinggal di wilayah Kelurahan Talun Sumedang. Rabu, 4 Agustus 2021.

SUMEDANG

Dani Anak Yatim Piatu dapat Bantuan dari Bupati Sumedang
Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sumedang terkait dengan penyediaan APD untuk para tenaga medis di kabupaten Sumedang, Kamis (2/04/2020).

SUMEDANG

Ini Penanganan Dampak Sosial Ekonomi Tingkat Desa di Kabupaten Sumedang

Pilihan Redaksi

Serentak, anggota kodim dicek surat surat kendaraanya

Pilihan Redaksi

Sekda Zaenal Alimin akui belum terima juklak juknis gaji 13 dan 14

Pilihan Redaksi

Viral Puting Beliung di Kawasan Bendungan Jatigede

Pilihan Redaksi

Kebut Progam Simpati, Doamu-Esa Temui Menpora

Pilihan Redaksi

Komisioner KPU Sumedang Bakal Diisi Wajah Baru