Home / SUMEDANG

Kamis, 28 Juni 2012 - 20:46 WIB

Bappeda,Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat



Masyarakat secara mandiri berperan aktif dalam mengelola sampah di lingkungannya dengan pola 3 R (Re-duce, Re-use, dan Re-Cycle). Iwan Rahmat Purnama/SO

BAPPEDA – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumedang, mengadakan kegiatan pelatihan kader desa. Kegiatan tersebut dalam rangka perencanan penanganan sampah berbasis masyarakat di 5 kecamatan wilayah PKN Bandung Raya, Kabupaten Sumedang, tahun anggaran 2012, di Wisata Alam Panjugjugan, Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan, Sumedang, Rabu (27/6).

Menurut arahan, Kepala Bappeda Sumedang H Eka Setiawan, melalui Kabid Fisik pada Bappeda Sumedang M Nuriwjaya, ia mengatakan pada tahun 2012. Seluruh Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan Tempat Pembuangan Sementara Akhir (TPSA) yang ada di seluruh wilayah RI khususnya di Jawa Barat harus meninggalkan sistem Open Dumping.

Baca Juga  Ketua PKK Kecamatan Cimalaka, Iis Asep Aan Dahlan mengatakan

“Satu-satunya TPA yang berada di Kabupaten Sumedang, ada di TPA Cibeureum Wetan, yang kondisinya saat ini sangat memprihatinkan di samping pengelolaannya yang masih open damping, sehingga membutuhkan keseriusan dari Pemerintah Daerah khususnya Dinas/Intansi terkait untuk merevitalisasi atau membuat TPA/TPSA yang baru sebegai penggani yang ada dengan sistem yang baik dan sesuai dengan amanat UU nomor 18 tahun 2008,” papar M Nuriwijaya.

Baca Juga  Suami Pulang Merantau Malah Bingung Balik, IRT di Cigobang Berharap Kehidupan Kembali Normal

Disebutkan salahstu solusi dari permasalahan tersebut, lanjut M Nurwijaya, dengan mengembangkan pengelolaan sampah berbasis masyarakat. “Di mana masyarakat secara mandiri berperan aktif dalam mengelola sampah di lingkungannya dengan pola 3 R (Re-duce, Re-use, dan Re-Cycle), sehingga hasilnya bukan berkurangnya timbulan sampah, tapi juga bertambahnya penghasilan masyarakat melalui produksi hasil 3 R, baik organik (kompos) maupun an-organik (Cinderamata, hiasan, dll),” pungkasnya. (IRP)

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Motor Hantam Mobil Box, Dua Tewas

Pilihan Redaksi

BREAKING NEWS: Jalan Bugel Tomo Amblas, Komisi D: lokasi itu memang rawan
Kuasa Insidentil Nur Helis, Andes Soesman saat menyerahkan bukti tambahan dalam gugatan fiktif positif pada Kepala Desa (Kades) Babakan Asem, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Bandung. Senin, 2 November 2020.

SUMEDANG

Dianggap Lalai, Kades Babakan Asem Digugat Fiktif Positif ke PTUN

Pilihan Redaksi

Ini dia data korban luka akibat Avanza seruduk 4 unit motor di Situraja

Pilihan Redaksi

Warga Sabeulit sambut baik sistem jemput bola Disdukcapil

SUMEDANG

Prioritas Sumut, Perbaikan Infrastruktur
Satres Narkoba Polres Sumedang menangkap Ican yang kedapatan membawa sabu yang dimasukannya kedalam plastik klip bening.

SUMEDANG

Bawa Sabu di Saku Celana, Warga Bandung Ini Diciduk Polisi

SUMEDANG

Pemerintah Desa Sukajaya Gelar Cipta Kondusif