Bappeda,Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat

Masyarakat secara mandiri berperan aktif dalam mengelola sampah di lingkungannya dengan pola 3 R (Re-duce, Re-use, dan Re-Cycle). Iwan Rahmat Purnama/SO

BAPPEDA – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumedang, mengadakan kegiatan pelatihan kader desa. Kegiatan tersebut dalam rangka perencanan penanganan sampah berbasis masyarakat di 5 kecamatan wilayah PKN Bandung Raya, Kabupaten Sumedang, tahun anggaran 2012, di Wisata Alam Panjugjugan, Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan, Sumedang, Rabu (27/6).

Menurut arahan, Kepala Bappeda Sumedang H Eka Setiawan, melalui Kabid Fisik pada Bappeda Sumedang M Nuriwjaya, ia mengatakan pada tahun 2012. Seluruh Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan Tempat Pembuangan Sementara Akhir (TPSA) yang ada di seluruh wilayah RI khususnya di Jawa Barat harus meninggalkan sistem Open Dumping.

Baca Juga  Paudikmas Masih Mencari Warga yang Mau Meneruskan Sekolah

“Satu-satunya TPA yang berada di Kabupaten Sumedang, ada di TPA Cibeureum Wetan, yang kondisinya saat ini sangat memprihatinkan di samping pengelolaannya yang masih open damping, sehingga membutuhkan keseriusan dari Pemerintah Daerah khususnya Dinas/Intansi terkait untuk merevitalisasi atau membuat TPA/TPSA yang baru sebegai penggani yang ada dengan sistem yang baik dan sesuai dengan amanat UU nomor 18 tahun 2008,” papar M Nuriwijaya.

Baca Juga  Bupati Sumedang Pastikan Pembuatan Rekomendasi Izin Hajatan Tak Dipungut Biaya Tertera dalam Surat

Disebutkan salahstu solusi dari permasalahan tersebut, lanjut M Nurwijaya, dengan mengembangkan pengelolaan sampah berbasis masyarakat. “Di mana masyarakat secara mandiri berperan aktif dalam mengelola sampah di lingkungannya dengan pola 3 R (Re-duce, Re-use, dan Re-Cycle), sehingga hasilnya bukan berkurangnya timbulan sampah, tapi juga bertambahnya penghasilan masyarakat melalui produksi hasil 3 R, baik organik (kompos) maupun an-organik (Cinderamata, hiasan, dll),” pungkasnya. (IRP)

Baca Juga  Akur Bagikan APD untuk 23 Desa di Dapil Sumedang 5

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin menerima update terbaru dari SUMEDANGONLINE OK TIDAK