Loloskan 8 Paslon, KPU Sumedang Cari Aman?

KOTA – Lolosnya delapan pasangan calon (Paslon) untuk maju berlaga dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Sumedang, memunculkan persepsi, jika KPU Sumedang cari Aman.

Ketua KPU Sumedang, Asep Kurnia
Ketua KPU Sumedang, Asep Kurnia

Salahsatunya dilontarkan Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Barisan Rakyat Anti Korupsi (Barak), Abah Jeep, ia bahkan menduga adanya indikasi penekanan dari pasangan calon ke KPU.

Dicontohkan Jeep, untuk lolos jadi calon perseorangan sangat susah dengan keharusan mengumpulkan dukungan dua kali lipat dari kekurangan yang ada. Sementara waktu yang disediakan sangat sempit, selain itu sebut Jeep fakta di lapangan menunjukan adanya dukungan ganda.

Baca Juga  Tips dan Motifasi Jelang Kolokium

“Kalau dari segi jumlah, delapan pasangan itu demokrasi. Tapi apakah ada indikasi penekanan ke KPU atau tidak dari semua calon itu. Kemungkinan-kemungkinan tersebut pasti ada. Perhitungannya begini, ketika perhitungan mereka (perseorangan) kurang lengkap, melengkapi persyararatan dukungan yang harus mereka laksanakan dua kali lipat daripada dukungan kekurangan, itu sangat berat sebenarnya. Tetapi, saat penetapan calon jadi, kok lolos semua. Kerjanya bagaimana? Fakta di lapangan ini mendukung ini, ini mendukung ini selain itu waktunya juga pendek,” kataAbah Jeep.

Baca Juga  Si Jago Merah Beraksi Di Sumedang

Menanggapi anggapan KPU cari aman, Ketua KPU Sumedang, Asep Kurnia, mempersilakan masyarakat untuk membuktikan hal itu. “Persepsi orang, karena ini politis, silakan saja, tapi KPU harus bisa meyakinkan harus bisa setiap keputusan diambil itu dengan dasar-dasar yang jelas dengan situasi di lapangan yang nyata dan dukungan data yang kumplit. Kalau dapat dibuktikan silakan, tapi intinya KPU memutuskan itu tak gegabah,” tandas Asep.(FIT)

Baca Juga  Seminar tata kelola dana desa bagi pemerintahan desa

Respon (13)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin menerima update terbaru dari SUMEDANGONLINE OK TIDAK