Home / DAERAH / Pilihan Redaksi

Rabu, 28 Oktober 2015 - 11:41 WIB

Jatigede bisa putuskan sejarah Sumedang. Ini tangapan DKS



MENANGGAPI kemungkinan akan terputusnya peradaban dan sejarah Sumedang, jika pembangunan waduk Jatigede menenggelamkan situs-situs bersejarah di Sumedang. Sekretaris Dewan Kebudayaan Sumedang (DKS), Tatang Sobana, menyebutkan sejarah memang penting, namun yang paling penting dari itu adalah nilai-nilai dari sejarah peradaban Sumedang itu sendiri.
“Saya kira tetap. Sejarah itu harus kita pelihara, nilai-nilainya yang penting. Ketika ini apabila sampai terjadi (digenang), nilai-nilai kesejarahan itu jangan sampai hilang. Tetap harus membara di dalam hati setiap orang karena lupa sejarah, kita seperti anak kecil,” ungkapnya.
Disinggung upaya riil dari DKS untuk melesatarikan sejarah itu sendiri. Tatang menyebutkan, banyak cara untuk melestarikan dan memelihara sejarah. “Banyak cara untuk melestarikan nilai-nilai sejarah, tradisi ini penting. Pertama, melalui sebuah dokumentasi. Kedua, mungkin saja nanti ketika adakan lagi, revitalisasi tradisi-tradisi ini menjadi tradisi-tradisi yang kita buat kembali, misalnya.” Imbuhnya.
Reporter : Fitriyani

Baca Juga  Warga terdampak Jatigede sewa tanah hakulah
Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

[TMMD105] Warga Paseh Bantu TNI Kumpulkan Batu

Pilihan Redaksi

Pembangunan RSUD terus berjalan, target Desember ini sudah bisa digunakan
Maman Nurahman selaku Panitia Seleksi Calon Direksi PDAM Tirta Medal Sumedang yang juga Kepala Bagian Ekonomi pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumedang

Pilihan Redaksi

Lagi, Pendaftaran Calon Direksi PDAM Tirta Medal Sumedang Diperpanjang
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum (kanan) saat melantik Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Jabar Asep Sukmana sebagai Pj. Sekda Kabupaten Bandung di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin 1 Maret 2021.

Bandung Raya

Wagub Uu, Lantik Asep Sukmana Sebagai Pj Sekda Kabupaten Bandung

DAERAH

Kirab Piala Sudirman Melintas Sumedang

Pilihan Redaksi

Yayasan Buddha Tzu-Chi Indonesia, sumbang pengungsi Sumedang
Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan saat meninjau langsung pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Terminal Tipe A Ciakar Sumedang, secara keseluruhan dia menilai terminal Ciakar telah menerapkan protokol kesehatan. Rabu, 10 Juni 2020.

Pilihan Redaksi

Bus Jurusan Sumedang Bekasi dan Kampung Rambutan Telah Bisa Beroperasi

Pilihan Redaksi

Ini Kronologis Jana yang Tertabrak Elf Hingga Meninggal