Home / Pilihan Redaksi / Politik

Selasa, 11 Oktober 2016 - 18:03 WIB

Akar Rumput PKS Dukung Ermi Triaji Untuk Maju di Pilkada Sumedang 2018



SUMEDANGONLINE: Meski Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Sumedang tahun 2018 masih lama, namun konstelasi politik di kota tahu ini mulai dinamis dengan ditandai bermunculannya figur-figur yang berminat maju di Pilkada 2018.

Banyak nama yang sudah digadang-gadang untuk maju ke perhelatan pesta demokrasi 5 tahunan ini. Selain itu juga ada yang sudah turun langsung ke masyarakat untuk memperkenalkan dirinya, bahkan ada yang secara terang-terangan mendeklarasikan diri untuk maju ke kursi Sumedang 1.

Sebagai salah satu kekuatan politik di Sumedang, PKS tidak bisa dinafikan keberadaannya. Partai yang berhasil menempatkan 6 kadernya di gedung DPRD itu dikenal solid dan militan dengan struktur ‘reunceum’ sampai ke tingkat Dusun.

PKS sedang bersiap-siap menyongsong pesta demokrasi di Sumedang 2018 nanti. Walau sepi dari pemberitaan, proses di partai itu sedang berjalan.

“Kami sudah mengadakan jaring internal dengan menghasilkan nama-nama, baik kader maupun tokoh non kader”, kata Sekum PKS Sumedang, Iwan Nugraha, melalui seluler, Selasa (11/10).

Namun ketika didesak siapa nama-nama yang terjaring, Iwan enggan berkomentar. “Nanti, nanti lah pada waktunya kita akan publish”, kata legislator PKS Dapil Satu ini.
Iwan menambahkan, pihaknya sedang menunggu keputusan DPW PKS Jawa Barat berkaitan nama yang akan dilaunching.

Baca Juga  Presiden PKS Besok Kunjungi Sumedang

Di tingkat akar rumput PKS, juga mulai menghangat pembicaraan tentang siapa figur yang layak dimajukan oleh PKS.

Salah satunya Dede Setiawan dari Kecamatan Jatinunggal mengatakan, Dengan enam kursi PKS layak menyodorkan kadernya untuk bertarung di pikada. “Kita punya kader muda yg layak untuk maju, salah satunya Ermi Triaji, ketua fraksi PKS sekarang,” tuturnya.

Pria yang saat ini menjabat Sekretaris DPC PKS Kecamatan Jatinunggal ini menambahkan, terlepas nanti PKS berkoalisi dengn siapa, Ermi layak disosialisasikan ke publik sebagai bakal pemimpin Sumedang.

Ia beranggapan, Ermi sudah terbukti dua periode berturut-turut jadi dewan, trackrecordnya bersih, pituin urang Sumedang, Ketua Fraksi, pergaulan luas di birokrat, pemerintahan, dan media.

Selain itu juga, menurutnya, Ermi juga dekat dengan ormas, aktivis dan pegiat sosial. Ditambah, Ermi pernah menjabat Kepala Desa sebelum ke DPRD. “Paling mumpuni dan paling dikenal publik diantara figur PKS lainnya,” cetus Dede.

Baca Juga  Bupati Sumedang Tinjau Rencana Pembangunan Jalan Lingkar Utara Jatigede

“Layak lah disandingkan dengan nama-nama besar seperti Zaenal Alimin, Dony Ahmad Munir dan Eka Setiawan,” sambungnya.

Maka dari itu, ia berharap partainya sudah mulai memutuskan figur bakal calon yang akan diusung untuk menyongsong Pilkada 2018. “Harus mulai diuji publik dari sekarang,” katanya.

Selain Dede, hal senada dikatakan kader PKS Sumedang Utara, Reza Suparno yang biasa dipanggil Nono. menurut penilaian Nono, banyak pihak di luar PKS yang juga mengarah ke Ermi Triaji untuk bakal calon dari PKS.

“Saya kira saat ini Ermi yang paling dikenal publik, punya pergaulan luas dan supel,” kata Nono.

Namun demikian, Dede dan Nono tetap tidak mau melangkahi keputusan partainya. “Kami di bawah siap saja untuk memenangkan apapun keputusan partai nanti,” pungkas Nono. (mat)

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

JATINANGOR

Ara Tertarik Pengusaha Ubi Cilembu

Pilihan Redaksi

Serahkan SK Pengurus ke Semua DPAC, PKB Sumedang Siap Makalangan
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (22/9/20).

Pilihan Redaksi

Emil Minta Warga Sukabumi Tetap Waspada

Politik

Serahkan Dukungan Tambahan, Oom Lolos Untuk Diverifikasi Faktual

Nasional

Babinsa Garda Terdepan Antisipasi Isu Meresahkan

Pilihan Redaksi

Sumedang Tetapkan Status Karantina Wilayah Parsial Cegah Corona

Pilihan Redaksi

Peringati HUT Bhayangkara, Polres Sumedang Gelar Tabligh Akbar
Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Sumedang Ferry Wibawanto menyebutkan Kick Off SP dilakukan sejak 1 - 30 September 2020 dan petugas sensus penduduk di damping Ketua RT atau yang mewakilinya akan melakukan pendataan langsung ke rumah-rumah.

Pilihan Redaksi

Mulai Hari Ini Petugas Sensus Penduduk Akan Lakukan Pendataan Langsung ke Rumah Warga