Pilihan Redaksi, SUMEDANG

Kodim 0610/Sumedang-BKSDA Hijaukan Lahan Seluas 174 Ha di Blok Patamon Pamulihan

Penulis: Redaksi | Editor: Redaksi

PAMULIHAN – Memperingati HUT Juang Kartika Tahun 2018, BKSDA Provinsi  Jawa Barat  bekerjasama dengan Kodim 0610/Sumedang melaksanakan kegiatan penghijauan di Blok Patamon Desa Cigendel Kecamatan Pamulihan. Kegiatan itu dilaksanakan Personel Jajaran Kodim 0610/Sumedang, BKSDA, Forkopimcam Pamulihan, Paguyuban Kareumbi Agung, Rabu (14/11/2018).

Dandim 0610/Sumedang Letkol Arh Novianto Firmansyah, melalui Danramil 1014/Cimanggung Kapten ARH Rusnendi mengatakan pihaknya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terutama pihak penggagas kegiatan penghijauan.

“Kegiatan ini mengusung tema “Bersama Kita Hijaukan Bumi atau Selamatkan Alam Untuk Anak Cucu Kita”, yang artinya bahwa kita harus terus menerus menghidupkan gerakan menanam pohon dalam rangka menyeimbangkan ekosistem,” kata Dandim.

Letkol Arh Novianto pun menambahkan kegiatan ini jangan hanya semata mata menjalankan intruksi atau perintah dari atasan saja, akan tetapi kita harus benar-benar sadar akan tujuan menanam pohon atau penghijauan ini. “Ini sangat bermanfaat untuk tersedianya oksigen yang cukup, persediaan air dalam tanah menjadi awet terutama saat kemarau tiba, serta lingkungan lebih sejuk dan populasi hewan yang hidup di pohon dapat terjaga,” jelasnya.

Makna lain dalam penghijuan ini adalah menanam doa, menanam harapan, demi kelangsungan hidup generasi yang akan datang. “Dapat kita bayangkan apa akibatnya bila kita tidak merawat alam, bahkan melakukan tindakan asal tebang pohon, pembukaan lahan dengan membakar hutan, yang akibatnya akan menyebabkan berbagai bencana alam seperti, bencana alam longsor dan banjir,” tambah letkol Novianto firmansyah

Sementara Kepala BKSDA Provinsi Jabar yang diwakili Kasi Wilayah III Dikdik Sujianto, mengapresiasi dan antusias terhadap kegiatan penghijauan yang dilakukan pihak TNI khususnya Kodim 0610/Sumedang bersama-sama dengan pihak BKSDA beserta masyarakat yang tergabung Paguyuban  Kareumbi Agung. Ke depannya kata dia, diharapkan bisa lebih luas lagi lokasi-lokasi yang bisa ditanami bersama-sama.

“Pada saat ini masih merupakan penanaman tahap awal mudah-mudahan tanaman ini bisa tumbuh, hidup dengan sehat,mampu menghijaukan kawasan hutan kita yang saat ini areanya terbuka,” ujarnya.

Dikdik juga mengatakan di Blok Patambon ini lahan yang akan ditanami seluas 137 Ha. Yang rencananya akan ditanami tanaman endemik, diantara huru, cangkudu, puspa, manglid dan rasa mala. [iwan]

Tinggalkan Balasan