Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Rabu, 13 Februari 2019 - 19:25 WIB

Pantau Stok Darah, PMI Sumedang Akan Kembangkan Sistem Aplikasi

Ketua PMI Sumedang, drg. Agus Seksarsyah Rasjidi

KETUA PMI SUMEDANG, DRG. AGUS SEKSARSYAH RASJIDI KETUA PMI SUMEDANG, DRG. AGUS SEKSARSYAH RASJIDI: Ketua PMI Sumedang, drg. Agus Seksarsyah Rasjidi


SUMEDANG.ONLINE, GEDUNG NEGARA – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sumedang akan melakukan terobosan dengan mengembangan system elektronik untuk memantau kebutuhan darah di Kabupaten Sumedang. Hal itu dikatakan Ketua PMI Sumedang, drg. Agus Seksarsyah Rasjidi, usai dilantik oleh Ketua PMI Jawa barat Irjen Pol. Purn H. Adang Rochjana, di Gedung Negara Kabupaten Sumedang, Rabu (13/2/2018).

“Sekarang kami akan mengembangkan system elektronik kebutuhan darah. Kalau masyarakat ke depan membutuhkan darah, nanti kita coba membuat aplikasi sehingga masyarakat bisa membaca komponen darah atau darah apa saja yang ada di PMI ini. Jadi apabila masyarakat membutuhkan cukup mengajukan melalui sistem itu, kami menyediakan kalau itu habis bisa langsung cepat,” kata Agus.

Baca Juga  Calon Anggota DPD RI Tak Bisa Nebeng Kampanye DPRD

Menurutnya, dengan adanya aplikasi berbasis daring tersebut nantinya bisa mengantisipasi kekurangan stok darah. Dia mencontohkan pada kasus thalassemia beberapa waktu lalu, pihaknya sempat kelimpungan karena kekurangan stok darah golongan A+.

”Ya, itu juga untuk mengatisipasi stok darah. Seperti kemarin lah, ada thalassemia. Untuk thalassemia kita kekurangan daraha golongan A+. Kita coba melakukan penggalangan dana donor melalui media social, ini sangat efektip. Sangat sekali efektip dalam waktu hari itu saja kebutuhan bisa langsung terpenuhi,” ungkapnya.

Baca Juga  Selamatkan Korban Percobaan Perkosaan, Tiga Warga Pajagan Dapat Penghargaan Polres Sumedang

Selain itu dengan adanya system aplikasi tersebut, pihaknya juga dapat melakukan pemantauan atau pemetaan zonasi golongan darah. Selama ini, pihaknya belum memiliki teknologi seperti itu. ”Karena sampai saat ini kita juga belum ada pemetaan yang pasti dari jumlah penduduk yang ada, sebetulnya zonasi golongan darah itu seperti apa,” jelasnya. (fitri)

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Wakil Bupati Sumedang saat menerima kunjungan Kepala SMA Negeri Situraja beserta jajaran, bertempat di ruang Kerja Wakil Bupati Sumedang. Senin, (22/03/2021).

SUMEDANG

SMAN Situraja Luncurkan Buku: Menak Bangsawan Sumedang
Kepala SMP Negeri 2 Sumedang, Mulyawan saat melakukan cuci tangan di tempat cuci tangan yang telah dipersiapkan untuk menghadapi adaptasi kebiasaan baru. Selasa, 2 Juni 2020.

PENDIDIKAN

SMPN 2 Sumedang Lakukan Persiapan Hadapi Adaptasi Kebiasaan Baru

Pilihan Redaksi

Warga Regol Wetan Gelar Deklarasi Pemilu Damai

Nasional

Pelaku Teror Sarinah Bukan Orang Sumedang

Pilihan Redaksi

NU Jangan Hanya jadi Sebuah Kerumunan tapi Harus Jadi Barisan

DAERAH

Suara Bagus, Tetap Perlu Dukungan SMS
Pemerintah Provinsi Jawa Barat launching pendistribusian bantuan tunai dan non-tunai bagi Kepala Rumah Tangga Sasaran (KTRS) yang terdampak penyebaran virus corona (Covid-19) di Kabupaten Sumedang, bertempat di Kantor Pos Cabang Sumedang, Sabtu (18/04/20).

SUMEDANG

Bantuan non-DTKS, Bupati Sumedang: Masih Divalidasi
Bupati Sumedang Dr H Dony Ahmad Munir menerima Jajaran Kongres Sunda yang dipimpin Ketua Panitian Kongres Sunda Eep S. Muqdir di Gedung Negara Sumedang Selasa 8 September 2020.

Nasional

Kongres Sunda 2020 Akan Digelar di Sumedang