Terjadi Pergerakan Tanah di Cisaham, Warga Terdampak Diimbau Waspada

SUMEDANG.ONLINE, CISARUA (7/2/2020) – Tingginya intensitas hujan pada Kamis, 6 Februari 2020 menyebabkan terjadinya pergerakkan tanah di Dusun Cisaham, RT 02, RW 04, Desa Cipandanwangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Sumedang.

“Ada pun waktu kejadian, yakni pada Kamis enam januari dua ribu dua puluh, sekira pukul enam sore,” kata Kasi Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang, Yedi dalam keterangannya.

Baca Juga  PMI dan IDI Sumedang Gelar Donor Darah di Plaza Asia

Dikatakan dia, akibat kejadian itu sebanyak empat rumah rumah dan satu diantaranya terancam ambruk. Ke-empat rumah itu yakni milik Atep Wawan, Winarma, Sukaesih dan Anah.

“Dan ibu Anah tanahnya sangat terancam. Sehingga mengakibatkan retakan di bagian dinding rumah, dan halaman rumah anjlok dengan kedalaman sekitar 1 meter lebih,” jelasnya.

Lanjutnya, kejadian pergerakkan tanah ditandai dengan surutnya kolam ikan milik Atep Wawan. Disusul kemudian dengan terjadinya pergeseran tanah yang cukup signifikan bahkan retakan kurang lebih sudah 100 meter dengan lebar bervariasi mulai 10-20 centimeter.

Baca Juga  BNPB Imbau Pemudik Waspadai Bencana Selama Lebaran

”Dan pergerakan susulan terus menerus terjadi. Temuan ini kami bersama tim Pusdalops BPBD Kabupaten Sumedang beserta ,Polsek Cisarua,Tagana dan aparatur desa setempat melakukan survey ke lokasi kejadian,mengukur panjang serta kedalam retakan,” bebernya.

Khawatir terjadi hal yang tidak diinginkan, ke empat warwa itu pun diungsikan ke tempat lebih aman dan pihaknya mengibau untuk tetap berhati hati dan siaga akan adanya kemungkinan pergerakan tanah susulan.

Baca Juga  Keberadaannya Disoal, Ketua PPDI Sumedang Lebih Memilih Diam Dulu

“Kami juga langsung menutup akses jalan, dengan garis polisi mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya. *** IWAN RAHMAT ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin menerima update terbaru dari SUMEDANGONLINE OK TIDAK