Menu

Mode Gelap

BISNIS · 13 Mar 2020 10:47 WIB ·

Sebelum Wabah Corona, Disnakertrans Sumedang Telah Awasi TKA

REPORTER: ADMIN | EDITOR: ADMIN

Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumedang.

DISNAKERTRANS SUMEDANG: Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumedang.

SUMEDANG.ONLINE, DISNAKERTRANS (13/3/2020) – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumedang mengaku telah melakukan berbagai upaya pencegahan berkaitan dengan adanya wabah virus corona.

Salahsatunya upaya itu, dikatakan Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja, Asep Rahmat Hidayat, dengan melakukan koordinasi lintas sektor terutama berkaitan dengan masalah Tenaga Kerja Indonesia yang berasal dari Sumedang.

“Kita langsung berkoordinasi dengan intansi terkait, karena yang menangani TKI itu. Karena kalau Dinas Tenaga Kerja kan hanya sebatas pengendalian dokumen, pengesahan dokumen. Tapi yang lain lain itu kan ada di Kesbangpol,” ujar Asep pada reporter SUMEDANG ONLINE di ruang kerjanya, Jumat, 13 Maret 2020.

Termasuk sebut dia berkenaan dengan Medical Chek Up (MCU). Pihaknya melakukan pengawasan terhadap orang asing. Hal itu sesuai dengan Permendagri Nomor 50 tentang Pemantauan Tenaga Kerja Asing (TKA) di Sumedang itu.

Baca Juga  Ini Nama Penerima Penghargaan Raksa Prasada 2020 dari Gubernur Jabar

“Sebelum ada kasus corona pun kita sudah melakukan pengendalian ke perusahaan-perusahaan yang memang mempekerjakan tenaga asing,” jelas dia.

Sehingga pada waktu merebaknya kasus corona, pihaknya tidak tinggal diam. Disnakertrans Sumedang telah melakukan antisipasi, karena adanya kehawatiran wabah corona terjadi di wilayah Sumedang.

“Sehingga kami, dengan Dinas Kesehatan, dengan Kesbangpol mengadakan rapat. Membahas langkah apa yang akan dilaksanakan atau dilakukan oleh kita. Sehingga datanya ada di kami, dan kami berikan kepada Kesbangpol dan Dinas Kesehatan dan bersama-sama kita melakukan upaya pengendalian ke lapangan. Sejauh mana, ada nggak tanda-tanda orang yang kenar virus itu. Tapi sejauh ini, sementara ini, kita juga melakukan upaya termasuk juga sebelum adanya kebijakan masuk dan keluar orang asing di Indonesia. Itu sudah dilakukan upaya MCU. Bahkan kalaupun misalnya ada orang yang masuk, itu kan kewenangannya dari pusat, karantinya ada di pusat, termasuk juga di kita. Tapi alhamdulillah, hasil pemantauan di lapangan di Sumedang itu, untuk tenaga kerja asing tidak ada, tanda-tanda seperti itu,” ungkap dia.

Baca Juga  Cegah Penyebaran COVID-19, Australia Perpanjang Lockdown

Dikatakan Asep, TKA yang dipekerjakan di Sumedang berdasarkan Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA) yang diterbitakn Pemerintah Pusat, sementara daerah hanya tinggal menerimanya saja. “Memang kita juga meminta perusahaan untuk memberikan laporan keberadaan TKA. Sehingga kami punya data. Dan perusahaan pun rutin melaporkan ke kita, baik yang datang baru. Maupun yang habis masa kontraknya, atau sebelum masa kontrak habis mereka pulang,”  beber dia. *IWAN RAHMAT*

Facebook Comments Box
corona-disnakertrans-sumedang-telah-awasi-tka/" data-order-by="social" data-numposts="5" data-width="100%" style="display:block;">
Artikel ini telah dibaca 151 kali

Baca Lainnya

LSM GMBI Sumedang Gelar Capacity Building Digital Banking

30 Desember 2021 - 15:28 WIB

LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) menggelar kegiatan Capacity Building Digital Banking dalam Rangka Mendukung Gerakan Pemberdayaan Bidang UMKM, di Hotel Kencana Jaya Sumedang. Kamis, 30 Desember 2021.

Komunitas 67 UMKM Luncurkan Sumedang Larang Market Place

18 Desember 2021 - 16:40 WIB

Komunitas 67 UMKM bekerjasama dengan Keraton Sumedang Larang menggelar kegiatan acara Saremoni Sumedang Larang Market Place Sebagai Tonggak Digitalisasi Pasar bagi UMKM Sumedang

Wabup Sumedang Berharap Bumdes Tak Mematikan Usaha Masyarakat yang Sudah Ada

15 Desember 2021 - 18:49 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan berharap keberadaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) bisa menjadi salahsatu solusi untuk peningkatan perekonomian masyarakat.

Sertipikatkan Tanah Melalui Program Sertipikasi HAT Mandiri Lintas Sektor UMKM, Pemohon Mengaku Tak Persoalkan Biaya

31 Oktober 2021 - 15:29 WIB

Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir saat memberikan sambutan saat penyerahan 500 sertipikat tanah yang dibagikan pada para pelakum UMKM di Kabupaten Sumedang, di Gedung Negara, beberapa waktu lalu.

Sumedang Gelar UMKM Milenial Sumedang Naik Kelas

28 Oktober 2021 - 03:45 WIB

Pemerintah Kabupaten Sumedang bersama Yayasan Masyarakat Indonesia Emas dan Kementerian Koperasi UKM menggelar UMKM Milenial Sumedang Naik Kelas di Ruang Tampomas IPP Sumedang. Rabu, 27 Oktober 2021

Buka Festival Kopi Sumedang, Wabup: Bidik Ekspor ke Mancanegara

26 Oktober 2021 - 17:39 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan berharap kopi Sumedang makin terkenal bahkan bisa ekspor ke Manca Negara. Hal itu dikatakan Erwan saat membuka Festival Sumedang ke-3 di Kawasan Induk Pusat Pemerintahan Setda Sumedang. Selasa, 26 Oktober 2021.
Trending di Pilihan Redaksi