Home / SUMEDANG

Rabu, 8 April 2020 - 13:52 WIB

Pemdes Hegarmanah Sumedang Beli Mobil Pengangkut Sampah



SUMEDANG.ONLINE, JATINANGOR – Pemerintah Desa Hergamanah, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang mengalokasikan anggaran sebesar Rp42O juta untuk pembelian kendaraan dump truk Sampah.

Menurut Penjabat Kepala Desa Hegarmanah melalui Sekretari Desa Didi, anggaran sebesari itu telah dipersiapkan sejak Tahun 20019.

“Dan Alhamdulillah Tahun ini terealisasikan, yakni satu unit kendaraan dump truk yang peruntukannya untuk penarikan sampah di wilayah kami. Kenapa Anggaran Desa ini di peruntukan buat kendaraan karena hasil musyawarah desa yang di sepakati semunya,” ungkapnya.

Dikatakan dia, saat ini jumlah penduduk di wilahaynya sudah mencapai angka 11 ribu, yang terbagi dalam tiga dusun dengan jumlah 3.605 KK dari 14 RW dan 52 RT.

Baca Juga  BNPB catat selama 2017 ini ada 438 kejadian longor, masyarakat diminta waspada

“Sehingga Volume sampah di walayah kami mencapa 8 ton perharinya. Akibat dari jumlah penduduk yang padat otomatis penumpukan sampah akan semakin meningkat. Maka kami bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dalam pengelolaan Sampah dengan menggunakan sistem 3 R,” jelas dia.

Dengan adanya mobil pengangkut samoah ini, dia berharap khususnya di wilayah Desa Hegarmanah akan terbebas dari sampah. Sementara untuk pembuangan sementara memanfaatkan TPS yang ada di wilayahnya.

Baca Juga  Ada 26 Ribu Penerima JPS Asalnya Dapat Bantuan Sekarang Tidak, Ini yang Dilakukan Bupati Sumedang

“Apabila pluktuasi sampah tidak memungkinkan kita kelola ya sebagian kita buang ke TPA yang di Sumedang. Karena sejauh ini Bumdes yang mengelola terkait sampah nanti kendaraan ini akan kami serahkan ke Bumdes, untuk di pergunakan. Semoga saja dengan adannya Armada baru di Desa kami menjadikan tolak ukur bagi yang lainya dalam hal penanganan Sampah,” pungkas dia. *ACENG*

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

SUMEDANG

Akan Digaji, RT Tagih Janji HES

Pilihan Redaksi

SIM Palsu, Kasat Lantas Minta Warga Ikut Prosuder
Sebanyak 500 orang santri di Pondok Pesantren Asyrofuddin mendapatkan vaksinasi Covid-19 yang digelar Polres Sumedang di Pondok Pesantren Asyrofuddin, Kecamatan Conggeang, Sumedang. Selasa, 7 September 2021.

SUMEDANG

Sambut PTM, 500 Santri Pondok Pesantren Asyrofuddin Divaksin

Pilihan Redaksi

Para Kades Diberikan Wawasan Kebangsaan dari Danramil Conggeang

Pilihan Redaksi

Kakek ini ditemukan meninggal diperkirakan sudah 10 hari
Ketua DPD PKS Sumedang, H Yana Flandriana memberi sambutan dalam Puncak Rakerda, Minggu 30 Mei 2021.

Pilihan Redaksi

Puncak Rakerda, DPD PKS Sumedang Miliki Dua Tujuan Besar

SUMEDANG

Kodim 0610/Sumedang Gelar Geladi Posko 1 Berbasis Internet

Pilihan Redaksi

Sekda Zaenal Alimin akui belum terima juklak juknis gaji 13 dan 14