SUMEDANG

Pemdes Hegarmanah Sumedang Beli Mobil Pengangkut Sampah

Penulis: Redaksi | Editor: Redaksi

SUMEDANG.ONLINE, JATINANGOR – Pemerintah Desa Hergamanah, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang mengalokasikan anggaran sebesar Rp42O juta untuk pembelian kendaraan dump truk Sampah.

Menurut Penjabat Kepala Desa Hegarmanah melalui Sekretari Desa Didi, anggaran sebesari itu telah dipersiapkan sejak Tahun 20019.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

“Dan Alhamdulillah Tahun ini terealisasikan, yakni satu unit kendaraan dump truk yang peruntukannya untuk penarikan sampah di wilayah kami. Kenapa Anggaran Desa ini di peruntukan buat kendaraan karena hasil musyawarah desa yang di sepakati semunya,” ungkapnya.

Baca Juga  Penyelenggaraan Manasik Haji di Kabupaten Sumedang Dilakukan Secara Singkat

Dikatakan dia, saat ini jumlah penduduk di wilahaynya sudah mencapai angka 11 ribu, yang terbagi dalam tiga dusun dengan jumlah 3.605 KK dari 14 RW dan 52 RT.

“Sehingga Volume sampah di walayah kami mencapa 8 ton perharinya. Akibat dari jumlah penduduk yang padat otomatis penumpukan sampah akan semakin meningkat. Maka kami bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dalam pengelolaan Sampah dengan menggunakan sistem 3 R,” jelas dia.

Baca Juga  Ini tanggapan Sekda Sumedang, terkait 60 KK yang belum dibayar Dampak Jatigede

Dengan adanya mobil pengangkut samoah ini, dia berharap khususnya di wilayah Desa Hegarmanah akan terbebas dari sampah. Sementara untuk pembuangan sementara memanfaatkan TPS yang ada di wilayahnya.

Baca Juga  Ada Dewan, Kades Sukamanah Curhat Ingin Jalan Mulus

“Apabila pluktuasi sampah tidak memungkinkan kita kelola ya sebagian kita buang ke TPA yang di Sumedang. Karena sejauh ini Bumdes yang mengelola terkait sampah nanti kendaraan ini akan kami serahkan ke Bumdes, untuk di pergunakan. Semoga saja dengan adannya Armada baru di Desa kami menjadikan tolak ukur bagi yang lainya dalam hal penanganan Sampah,” pungkas dia. *ACENG*

Tinggalkan Balasan