Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 19 Apr 2020 15:31 WIB ·

Sikapi Kuota Banprov, DPRD Sumedang: Bisa Timbulkan Permasalahan Baru

REPORTER: ADMIN | EDITOR: ADMIN

Wakil Ketua DPRD Sumedang, Titus Diah, dalam sebuah acara belum lama ini.

WAKIL KETUA DPRD SUMEDANG, TITUS DIAH, DALAM SEBUAH ACARA BELUM LAMA INI. WAKIL KETUA DPRD SUMEDANG, TITUS DIAH, DALAM SEBUAH ACARA BELUM LAMA INI.: Wakil Ketua DPRD Sumedang, Titus Diah, dalam sebuah acara belum lama ini.

SUMEDANG.ONLINE – Wakil Ketua DPRD Sumedang, Titus Diah, menyikapi minimnya kuota dari Bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Hal itu dilihat dari Daftar Keluarga Rumah Tangga Sasaran (KRTS) Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DKTS) Penerima Bantuan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat Bagi Masyarakat Terdampak Ekonomi Akibat Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19), dimana Kabupaten Sumedang hanya menerima 17.569.

Imbas dari kuota terbatas, itu ada kemungkinan mereka yang sudah didaftarkan sebagai penerima oleh Desa, justru akan terkena pangkas. Sebagai contoh Desa Sukajadi Kecamatan Wado, pihak Desa mengajukan pengajuan 1.090 penerima. Namun informasi yang didapat pihak desa, data yang di kabulkan oleh pemerintah hanya kurang dari 70 penerima.

“Bantuan hari ini tentunya, bantuan daripada Pemerintah itu. Ini akan menjadi sebuah permasalahan. Tentunya baik dari pendataan si penerima yang hak dan tidak hak. Artinya kalau hari ini tidak ada yang tidak hak, karena di situ sudah disampaikan. Pak Gubernur juga menyampaikan orang terdampak Covid-19 itu kan ya termasuk warga-warga yang tadinya pekerja, tadinya usaha sekarang kan tidak produktif. Itu harus jadi pemikiran bersama,” ujar Titus Diah pada SUMEDANG ONLINE. Ahad, 19 April 2020.

Baca Juga  PENGUMUMAN REKRUTMEN PENERIMAAN KADER JKN KIS BPJS KESEHATAN CABANG SUMEDANG TAHUN 2018

Karena itu sebut dia, banyak masukan pada pihaknya agar ada kebijakan dari pemerintah yang berpihak kepada mereka yang benar-benar membutuhkan. Apalagi sebutnya, data yang diberikan kepala desa tentunya dipastikan, telah sesuai dengan kondisi di lapangan.

“Harapan dari masyarakat, ada kebijakan pemerintah yang berpihak kepada yang mebutuhkan. Pemerintah wajib mengatisipasi dengan kondisi hari ini. Da ieu teh lamun turun, kan tidak mengakomodir seluruhnya, nah itu pemahaman sosialisasinya belum disampaikan,” jelas dia.

Baca Juga  Saat Rapur PDAM & CSR, Dede Ingatkan Bupati Sumedang Terkait Permasalahan Jatigede

Menruut Titus, yang harus dipertimbangkan saat ini oleh Pemerintah bagaimana bantuan dimaksud tidak menimbulkan kecemburuan.

“Penerima bantuan jangan sampai menjadi masalah, karena hari ini bukan hanya masalah bagi orang miskin saja tapi buat semuanya sehingga harus  diantisipasi dampak dari bantuan itu sendiri. Sosialisasi edukasi tentang aturan diberlakukannya PSBB harus tersampaikan,” tandasnya.

Sementara itu beberapa orang kepala desa berencana untuk tak menerima bantuan dimaksud jika jumlahnya memang tidak sesuai. “Ningali nu di pemda sabaraha. Ukur sakitu mah balikeun deui,” ujar salahsatu kades saat dikonfirmasi.  *IWAN RAHMAT*

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 29 kali

Baca Lainnya

Satu Keluarga Tertimbun Longsor, Seorang Meninggal Dunia

22 Januari 2022 - 18:44 WIB

Satu keluarga tertimbun tanah saat longsor terjadi di Dusun Cukanggaleuh, Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sabtu, 22 Januari 2022.

Diduga Rem Blong, Truk Angkut Pasir Seruduk Bangunan SDN Cibeureum 4

20 Januari 2022 - 17:29 WIB

Sebuah Truk Angkut Pasir diduga rem blong sehingga harus menimpa ke sebuah ruangan Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 4 Desa Cibeureum kulon Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Resmikan Rumah Aman Simpati Adhyaksa di Kabupaten Sumedang

19 Januari 2022 - 21:40 WIB

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Peresmian "Rumah Aman Simpati Adhyaksa" di UPTD Balai Pelatihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Sumedang. Rabu, 19 Januari 2022.

Bupati Sumedang Minta Pengurus Baru dapat Memajukan IWAPI

19 Januari 2022 - 21:31 WIB

Pelantikan Ketua dan Dewan Pengurus Cabang IKatan Wanita Pengusaha Indonesia Kabupaten Sumedang Periode 2021-2026 dihadiri sekaligus memberikan sambutan dan pengarahan oleh Bupati Sumedang. Bertempat, di Gedung Negara Sumedang.

Keraton Sumedang Larang Imbau Ketum PDI Perjuang Berikan Sanksi Tegas pada Atreria Dahlan

19 Januari 2022 - 21:21 WIB

H.R.I Lukman Soemadisoeria selaku PYM Sri Radya Karaton SUmedang Larang saat menyampaikan sikap Keraton Sumedang Larang atas pernyataan Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Arteria Dahlan yang meminta Kajati Jabar untuk dipecat karena menggunakan bahasa Sunda.

Jelang Porprov XIV Jawa Barat, KONI Sumedang Gelar Evaluasi Program Kerja

18 Januari 2022 - 17:43 WIB

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sumedang menggelar kegiatan rapat kerja daerah (rakerda) yang dilaksanakan di Gedung Islamic Center, dihadiri jajaram pengurus Koni Sumedang dan perwakilan cabor yang berada dibawah Koni Kab Sumedang. Selasa (18/01/2022)
Trending di SUMEDANG